Tularkan Minat Baca Pada Anak Sedini Mungkin

membaca

Dwina.net - Membaca itu salah satu ilmu dasar yang diajarkan oleh guru disekolah. Dulu zaman Rasulullah perintah membaca itu disampaikan Alloh langsung lewat malaikat jibril. Adik-adik udah dengar cerita tentang turunnya surah Al-Alaq bukan? Itu loh surah yang memerintahkan Rasulullah untuk belajar membaca.

Namun sayangnya di zaman milenial ini minat membaca sudah jauuuuhh berkurang. Orang-orang suka membaca melalui situs atau berita yang disampaikan orang lain lewat media sosial. Tulisan yang singkat dan penyampaian informasi yang setengah-setengah ini menyebabkan fitnah mudah sekali tersebar. Atau lebih dikenal dengan hoax.

Pemerintah begitu intens berusaha untuk memerangi berita hoax tapi edukasi positif kepada masyarakatlah yang sepertinya harus lebih ditingkatkan. Salah satunya dengan membaca buku. Nah, bagaimana cara menimbulkan minat baca kepada anak-anak agar mereka gemar membaca hingga dewasa kelak. Berikut ini adalah beberapa cara yang Saya coba praktekkan sendiri kepada anak Saya.

 Tidak bosan membelikan buku untuk anak
Bagaimana mau menimbulkan minat baca pada anak jika dirumah tidak ada buku anak-anak. Atau parahnya lagi sama sekali tidak ada buku di rumah. Kondisi ini banyak terjadi loh. Coba sesekali kalian main ke rumah tetangga. Sambil ngobrol lihat-lihat isi rumahnya eh tapi jangan jelalatan ya, ntar dikira mau maling.

Atau ngga usah ngomongin tetangga deh, gosip itu mah. Tanya diri sendiri aja. Ada berapa biji buku yang ada di rumah kita? Ada berapa biji buku untuk anak-anak? Dari sekian banyak buku itu berapa biji yang udah dibaca? Banyak atau malah di anggurin aja.

Perhatikan ada berapa buku di rumah tersebut? banyak atau dikit. Buku apa yang ada dirumah itu. Orang yang suka membaca setidaknya punya buku lebih dari 10 di rumahnya. Jika dia memiliki anak tentu ada buku anak diantara koleksi buku-bukunya. Jika tidak ada nah ini yang bisa jadi penyebab anak mendapatkan informasi yang salah sejak dari dalam rumah.

Buku untuk anak tidak terlalu mahal menurut Saya. Karena Saya pribadi suka yang murah-murah. Hahahha dan buku anak ini termasuk yang terjangkaulah. Belilah beberapa buku anak dan ikutkan anak dalam memilihnya. Ibu akan tahu anak minat buku yang mana. Biasanya kalau cewek sukanya buku-buku princess kalau cowok sukanya buku hewan-hewan. 

Biarkan ia memilih mana buku yang disukainya. Kalau memungkinkan beli yang kualitasnya bagus. Kalau budget lagi pas-pasan ya udah .. beli yang tipis aja yang harganya murah.

Buku aktifitas mewarnai sambil membaca bantu anak menemukan bakatnya
Banyak kan buku-buku mewarnai yang murah-murah. Sambil mewarnai Ibu bisa mengenalkan gambar yang diwarnai tersebut. Warna apa yang cocok dan berbagi informasi tentang objek yang akan diwarnai. Misalnya mewarnai dinosaurus. Sambil mewarnai Ibu bisa cerita kalau dino itu adalah hewan zaman purba. Banyak jenisnya yang paling terkenal itu T-rex. Dino itu berkembangbiaknya dengan cara bertelur. Karena dino besar tentu telurnya juga besar.

Dari cerita ini akan timbul minat anak untuk bertanya. "Dari mana Ibu tahu?" "Ya, dari bukulah" semakin sering kita mengenalkan informasi yang berasal dari buku, rasa penasaran anak akan timbul. Buku yang mana sih? Nah, kena deh. Langsung deh buk, kasih bukunya. 

 Kurangi mainan gadget
Anak-anak suka dengan sesuatu yang seru dan gadget punya itu. Banyak hal seru yang bisa dilihat didengar dan diketahui lewat gadget jadi dia merasa buku ngga penting, membosankan dan kuno. Antisipasi pendapat ini dengan mengurangi maiann gadget. Tetapkan jadwal hari apa dan berapa lama anak boleh mainan gadget. Selebihnya lakukan aktifitas yang kreatif dan sosialisasi dengan lingkungan rumah dan sekitar.

Temani anak ketika membaca buku
Ini penting secara anak akan meniru gaya orang tuanya. Kalau anak dipaksa baca buku tapi mamaknya sibuk mainan HP siapa yang salah? Anak juga ngga bakalan betah loh. So, yuk singkirkan HP dan jangan ada HP di antara kita. Jus't moms and kids and book. Eksplorasi pengetahuan. Chalange diri untuk memberi sebanyak-banyak informasi tentang cerita atau gambar yang ada di buku tersebut. Dengan begini anak akan merasa membaca buku itu adalah suatu yang menarik dan dia merasa dekat dengan orang tuanya.

Jadi buku apa yang sudah Ibu belikan untuk anak?
Back To Top