Prata Kuah Kari Ayam Kudapan Lezat Saat Pesta Pernikahan

Dwina.net - Prata kuah kari ayam, kudapan lezat saat pesta pernikahan

Minggu lalu keponakan Saya alhamdulillah menikah dengan pasangan hidupnya yang InsyaAlloh kekal hingga ke akhirat. Pernikahan ini menurut saya adalah cara teraman untuk kita terhindar dari dosa terutama dosa zina. Seperti yang kita ketahui bahwa zina termasuk dosa besar dan pernikahan di atur dalam islam adalah untuk menjaga umat dari perzinahan. Sebab jika tidak diikat dengan pernikahan maka nasab akan berantakan. Anak tidak tau siapa ayahnya, ayah akan bingung yang mana anaknya dan para perempuan hanya dijadikan ladang untuk melahirkan. Itulah sebabnya islam datang dan mengatur pernikahan. Jadi kawan, jika kamu sudah menemukan tambatan hati jangan tunda, nikahi dia. Jangan risau dengan rezeki sebab Alloh yang memberi rezeki. 

Kembali ke pernikahan keponakan saya tadi bahwa dalam sebuah pernikahan biasanya tidak lepas dari adat apa yang akan dipakai. Nah, karena keluarga kami adalah melayu Tanjung Pinang maka disepakati dengan pihak lelaki bahwa adat yang dipakai adalah adat Melayu walaupun mempelai lelaki dari Sumatera Barat namun alhamdulillah keluarganya berkenan menggunakan adat melayu.

Nah, karena pakai adat melayu tentu semua yang bersentuhan dengan melayu di tampilkan dari mulai merisik, antar belanja, meminang, berinai, khatam qur'an, mandi tolak bala sampai akad. Ribet ya. Iya hehehehe. Untuk senarai acara yang panjang itu beruntun dilakukan 3 hari sebelum akad dilaksanakan.

Karena memakai adat melayu juga maka makanan yang disajikan juga ngga jauh-jauh dari masakan melayu meskipun makanan nasional tetap ditampilkan. Seperti misalnya soto, bakso dan sate. Ini makanan daerah yang sudah mendunia dan menjadi makanan fav semua golongan ya. Baik anak-anak sampai orang dewasa semua suka. 

Makanan nasional ini disajikan untuk mengimbangi masakan melayu yang disajikan karena tidak semua orang familiar dengan masakan melayu seperti misalnya lakse, e nya pake e lemah ya. terus ada lagi prata, roti jala, sempolet, kue khasidah dll. Nah, khusus untuk prata, kemarin itu menjadi makanan yang beruntun ada, artinya dari mulai berinai hingga pesta besar prata selalu disajikan. Tentu dengan temannya yaitu kari ayam.

Alhamdulillah ketika buat kari ayam dimasaknya di rumah saya jadi sedikit banyak saya belajarlah bikin kuah kari ini. Karena menurut saya kuah kari untuk prata tidak sama dengan kuah kari yang selalu saya buat. Agar cair, pedas, padat rempah sehingga aroma karinya kuat tercium. 

Btw, teman-teman tau ngga prata itu apa? Prata itu kalau kata orang India, namanya "Canai" jadi bentuknya bulet terbuat dari tepung, telur dan garam yang cetak sebesar tatakan gelas dan digoreng setengah matang. Nanti pas mau disajikan baru digoreng lagi. Ada yang agak kering bagi yang suka tapi ada juga yang goreng selayang. Oh lupa, gorengnya juga ngga pakai minyak banyak ya. Jadi cukup dengan pakai mentega sedikit aja buat basahin teflon.

Untuk kuah karinya sendiri, tante saya selaku kepala dapur waktu itu memasaknya dengan menggunakan bumbu siap jadi hanya ditambah rempah lain. Berikut cara membuat kari ayam untuk teman prata. 

thanks to

Prata kuah kari ayam kudapan lezat saat pesta pernikahan

Bahan yang diperlukan:
1 kilo ayam dipotong kecil-kecil
1 kilo santan kelapa
1 ruas jari lengkuas
1 batang serai
10 lembar daun kari
1 sendok teh bubuk kari
3 butir cengkeh
2 butir bunga lawang
2 butir kapulaga
2 ruas jari kayumanis
Daun jeruk secukupnya
Bawang bombay di iris

Bahan yang dihaluskan untuk kuah kari ayam:
Bawang merah
Bawang putih
Cabe merah
Cabe rawit merah
Kunyit
Jahe
Ketumbar
Kalau suka boleh pakai kemiri

Cara membuat kuah kari untuk prata:
  1. Haluskan bumbu kemudian tumis sampai harum, lalu masukkan ayam, tumis sebentar hingga bumbu menyatu.
  2. Masukkan santan, aduk pelan-pelan, kemudian masukkan serai yang sudah di geprek, lengkuas, kayu manis, kapulaga, cengkeh, bunga lawang. 
  3. Masak kari dengan api sedang sambil terus di aduk supaya santannya ngga pecah.
  4. Jangan lupa masukkan daun kari, bubuk kari dan bawang bombaynya. Beri gula garam dan penyedap bila suka. Aduk hingga ayam masak sempurna, test rasa. 
  5. Bila sudah matang angkat dan sajikan dengan prata yang sudah di goreng dengan sedikit minyak tadi. Agar lebih sedap prata dapat di goreng agak kering supaya pinggirannya kriuk krispy gitu.

Prata atau roti canai atau roti maryam ini sering dijadikan kudapan oleh keluarga kami terutama bila sedang ada acara keluarga atau acar besar lainnya. Disajikan dengan kuah kari ayam, roti maryam ini bisa juga sebagai pengganti makan utama. 

Satu lagi nih, bagi yang suka prata, ngga selalu harus dinikmati dengan kuah kari loh. Saya sendiri sering menggoreng prata dan temannya itu kadang krimer kental manis, atau madu atau sari kurma. Tetep enak InsyaAlloh. Demikian cara memasak prata kuah kari ayam, kudapan lezat saat pesta pernikahan. Selamat mencoba....

Back To Top