Perjalanan Sejarah Sepak Bola Indonesia

Dwina.net - Mengapa sepak bola menjadi olah raga yang diminati banyak orang diberbagai kalangan. Tak kira pejabat atau rakyat biasa, bola seolah dapat menyatukan semua dalam wadah permainan yang menyenangkan. Temukan sejarah awal bola di sini!

pixabay

Mengenal Pola Permainan Sepak Bola
Sebelum sepopuler sekarang, tentu perjalanan sejarah sepak bola indonesia telah melalui proses panjang. Olahraga yang juga bisa disebut sebagai permainan ini merupakan olahraga yang dimainkan antara 2 tim. Dengan 11 anggota pemain dalam satu timnya. Permainan ini memiliki aturan main mencetak gol atau memasukkan bola sebanyak-banyaknya pada gawang lawan. Dengan keputusan akhir, tim pencetak gol terbanyak sebagai pemenangnya.

3 Aturan Umum Permainan Sepak Bola
Tidak hanya populer di kancah internasional, olahraga ini juga sangat populer di Indonesia. Terbukti kini olahraga sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga yang paling ditunggu di setiap turnamen. Sebelum mengetahui perjalanan sejarah sepak bola Indonesia. Ada beberapa aturan umum permainan sepak bola yang perlu anda ketahui. Aturan-aturan umum tersebut, yaitu:

  1. Selain kiper tidak ada yang boleh menggunakan semua anggota badan dalam permainan sepak bola.
  2. Pemain sepak bola, hanya boleh bermain dengan cara menendang bola menggunakan kaki, mengkontrol bola dengan dada, menyundul bola menggunakan kepala.
  3. Selama permainan, pemain dilarang memainkan bola dengan menggunakan tangan atau lengan.
Perjalanan Sejarah Sepak Bola Masuk ke Indonesia
Sebenarnya sejak tahun 1914, olahraga sepak bola telah mulai dikenalkan di Indonesia. Tepatnya saat sebagian besar wilayah Indonesia tengah di jajah pemerintah Belanda. Pada zaman itu, kompetisi sepak bola yang dilakukan antar kota di jawa tersebut dimenangkan bahkan didominasi oleh dua tim yaitu Batavia City dan Soerabaja City saja. 

Adapun awal  Sejarah sepak bola Indonesia dimulai pada abad ke-20. Tepatnya pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta, persatuan sepak bola seluruh Indonesia atau PSSI mulai didirikan oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo.

Adapun tujuan utama didirikannya PSSI sendiri yaitu agar PSSI bisa menjadi suatu wadah kegiatan sepak bola di Indonesia. Meskipun kenyataannya, pada masa itu Hindia belanda masih berusaha berkuasa dengan mendirikan perserikatan tandingan.

Mengenang Awal Kebangkitan Sepak Bola Indonesia di Kancah Internasional
Pada tahun 1936, Nederlandsh Indische Voetbal Unie atau NIVU didirikan sebagai tandingan PSSI. Akhirnya, pada ajang FIFA Piala Dunia Prancis 1938 saat itu, PSSI dan NIVU sama-sama mengirimkan perwakilan tim sepak bola. Dan tim pertama yang dikirim pada piala dunia inilah yang menjadi awal dari Timnas Indonesia.

Sejatinya, Timnas Indonesia merupakan tim yang disegani oleh tim asia lainnya. Terbukti pada Asian games di Manila pada tahun 1954, tim sepak bola Indonesia berhasil menembus semifinal. Meskipun akhirnya, kalah dengan Taiwan. 

Tidak hanya itu saja, Indonesia juga berhasil bertahan sampai perempat final pada Olimpiade Melbourne 1956. Meskipun pada olimpiade ini, indonesia juga harus kalah dengan point 4-0 saat melawan Uni Soviet.

 
pixabay
Mengenang Kegemilangan Sepak Bola Indonesia Dimata Dunia
Tahun 1960-1980 merupakan masa kejayaan bagi Timnas Indonesia. Begitu populernya, hingga pada masa itu klub-klub Indonesia mendapatkan sebutan sebagai “Macan Asia”. Kejayaan tersebut tentu tidak terlepas dari pemainnya. Pada All Star 1966-1970 timnas menyumbangkan empat pemain yaitu Jacob Sihasale, Soetjipto Soentoro, Iswadi Idris dan Abdul Kadir.

Pada masa itu, timnas Indonesia benar-benar tidak terkalahkan. Bahkan Jepang dan Korea Selatan yang kini menjadi langganan juara di piala Asia tidak bisa mengalahkan tim Indonesia. Tim sepak bola Indonesia sudah benar-benar terbiasa bertanding dalam sebuah turnamen dan juga uji coba dengan tim sepak bola elite dunia.

Meskipun di zaman sekarang, kejayaan tersebut begitu jauh dari timnas Indonesia. Bahkan bisa dibilang, kini timnas Indonesia begitu tertinggal dari tim sepak bola seperti Singapura, Malaysia dan Thailand yang dulu tidak apa-apanya.

Rangkuman Sejarah Sepak Bola Indonesia Saat Penjajahan Jepang
Pada tahun 1942, soeratin mengakhiri tugasnya di PSSI. Tepatnya saat Jepang masuk ke Indonesia. Sebenarnya, masuknya jepang kedalam bagian Tai Iku Kai atau Badan Olahraga Buatan Jepang, merupakan langkah yang kurang tepat untuk PSSI. Prestasi persepak bolaan Indonesia benar-benar memburuk setelah Soeratin Sosrosoegondo wafat. 

Sejarah Sepak Bola Indonesia dari Masa ke Masa
Pada tahun 1970-an perkembangan PSSI mulai dibentuk dengan membuat Liga Suer Indonesia dengan pembagian liga utama, liga satu dan liga dua. Tepatnya setelah beberapa pemain Timnas Indonesia, yaitu Ramang, Ronny Pattinasarani, Sucipto Suntoro dan Tan Liong Houw bermain dikanca Internasional.

Tidak hanya itu, PSSI juga mulai mengembangkan potensi wanita untuk ikut bermain dalam sepak bola. Dan tiga super Indonesia kini berganti nama menjadi “Liga 1 Gojek Traveloka” dengan pembagian liga utama, liga 1, liga 2 dan liga 3. Hingga saat ini, eksistensi PSSI dalam menggawangi dunia sepak bola di Indonesia masih berjalan. Hanya saja prestasi dan eksistensi Indonesia dimata dunia perlu terus diperjuangkan. Terlepas dari isu monopoli kemenangan yang dilakukan oleh oknum – oknum tertentu.



Tag : sejarah
Back To Top