Nama Bayi Perempuan Korea yang Cocok untuk Orang Indonesia

pixabay by Nowcica79

Hai penggemar drama Korea dan segala sesuatu tentang Korea. Apa nih drama yang tengah hits bulan ini? Bisikin dong. Bagi peminat menghabiskan waktu untuk sesuatu yang diminati bukanlah sebuah ke  sia-siaan. Peminat bola sepak tidak akan merasa rugi menghabiskan malam dengan begadang menonton pertandingan bola di TV. Pun seorang peminat drama Korea, dia akan merasa ada yang kurang kalau episode drama kesukaanya terlewatkan.

Berbicara tentang Korea yang beberapa tahun belakangan ini memang menjadi buruan orang-orang hampir di seluruh dunia terutama K-popnya, dramanya, budayanya, makanannya sampai destinasi wisatanya. Boleh dikatakan kalau Korea memang bahu membahu antara pemerintah dan warganya utuk mengenalkan semua itu kepada dunia. Berhasilkah? Sejauh ini sih menurutku berhasil.

Sejarah Ringkas Tentang Korea

Negara yang bermula sejak zaman Paleolitik Awal sehingga sekarang ini telah banyak mengalami jatuh bangun dalam mendirikan negaranya. Didominasi oleh tiga kerajaan besar yaitu Goguryeo, Silla dan Bekje yang terus bersaing secara internal dalam memperebutkan kekuasaan. Belum lagi serangan dari luar yaitu Cina dan Jepang. Pada tahun 1392 Joseon mengalahkan Goguryeo dan mendirikan dinasti sehingga tahun 1630 Joseon kembali menderita sebab dijajah oleh Jepang.

Pada tahun 1948 pemerintahan baru terbentuk dengan membagi Korea dalam dua bagian yaitu Korea Selatan dan Korea Utara dimana kedua belah pihak ini masih terus mengalami ketegangan sehingga pada tahun 1950 Korea Utara menyerang Korea Selatan. Keduanya kembali berdamai dengan perjanjian pembagian wilayah sehingga sekarang.

Itulah serba sedikit tentang sejarah Korea. Secara keterbukaan dengan dunia luar, Korea Selatan memang lebih welcome ketimbang Korea Utara. Hal ini sudah bisa kita lihat sehari-hari. Dimana para K-popers dan sederetan selebriti itu memang berasal dari Korea Selatan. Dari segi lain juga begitu misalnya pariwisata, kebudayaannya, pendidikanya dan lain-lain, boleh dikatakan orang luar lebih mudah untuk masuk dan menetap di Korea Selatan.

Begitu welcomenya mereka dengan para pendatang membuat orang tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang Korea Selatan. Khususnya di Indonesia, dari mulai baju tradisional hanbok, makanan khas KorSel, land mark yang dibuat orang Indonesia ala-ala Korea sampai nama-nama mereka juga di serempetin ke bayi-bayi kita, eh, kok kita sih? Mereka deh, tetangga sebelah. Takut tersinggung pulak.

Nama-Nama Unik Korea Yang Cocok Untuk Orang Indonesia 

pixabay by Kim88231

Seperti yang kita tahu kalau bahasa korea atau Haneul agak-agak susah untuk diucapkan sebab berbeda dari penulisannya. Huruf eo, ae, hy, bikin agak-agak beribet gitu. Eh, apa aku aja kali yang ngerasain begitu ya? Tapi yang uniknya, orang Indonesia itu mempunyai sifat yang kalau semakin sulit semakin bersemangat untuk menaklukannya. Seolah-olah darah perjuangan dari para pahlawan kemerdekaan kita tu emang udah mengalir turun temurun.

Semakin unik sebuah nama semakin pingin gitu untuk ditemplokin ke calon bayi. Ya, walaupun agak-agak sedikit maksa dan bikin alis naik dikit tapi it’s ok. Kalau ada orang yang susah nyebutin nama anaknya, sang ibu akan bilang. “Bukan salah gw, tapi lo aja yang ngga bisa baca!” Wkwkwkkw.
Beberapa Pilihan Nama Bayi Perempuan Korea yang Ngga Ribet

Oke, bukan gw dong kalau ngga bisa memberikan apa yang kalian inginkan. Eh, gimana. Ya maksudnya saya tahu kalau kalian pingin banget nempelin nama yang berbau Korea ke anak kalian, kan? Okelah ini ada beberapa nama-nama orang Korea yang kayaknya cocok untuk diberikan pada calon bayi kalian. Disamping penyebutan serta penulisannya yang ngga beribet. Nama-nama ini juga memiliki arti yang baik, yaitu:

Hana artinya harapan. Hana sepertinya juga sudah sangat membumi di negeri kita ya, begitupun negeri tetangga. Nama Hana sering dipakai untuk perempuan Indonesia maupun Malaysia. Dalam bahasa Arab nama Hana juga memiliki arti yang baik yaitu paling di sukai, bunga dan kebahagiaan. Tidak hanya di Indonesia, ternyata nama Hana juga banyak dipakai oleh orang Korea, Jepang dan Arab. Kalian bisa menamai anak perempuan kalian dengan nama ini. Mudah si tulis dan disebutkan.

Hye hyang. Disingkat jadi Heyang yang artinya anggun dan cantik. Nama ini sering dipakai orang Korea untuk bayi perempuan mereka. Tadinya sih, saya sempat mikir kenapa dalam drama korea sering pemeran perempuanya menggunakan nama ini. Setelah tahu artinya, oh, pantaslah. Hye Hyang memang memiliki arti yang baik yaitu anggun dan cantik. Cocok untuk calon bayi perempuan kalian, kan? Biar ngga terlalu susah ditulis bolehlah hurufnya diringkas dari Hye Hyang menjadi Heyang. Cmiiiw.

Ara artinya Baik hati. Nama ini juga cukup popular di kalangan orang Indonesia. Nama Ara memiliki arti baik hati. Tempelkan nama ini untuk calon nama bayi perempuan kalian semoga kelak dia menjadi anak perempuan yang cantik serta baik hatinya. Sebab cantik tapi kalau busuk hati tak elok juga. Kan bagus kalau paras cantik hati juga cantik. #MamaDedehModeOn.

Bitna artinya Bersinar. Kedengeran unik ngga sih? Kalau saya sih, yes. Bitna itu kesannya ada jiwa kecerdasan dalam arti nama itu. Dan memang sesuai dengan arti dari namanya yaitu Bersinar. Letakkan dalam satu kata di antara dua atau tiga suku kata untuk nama bayi perempuan kalian dengan harapan semoga dia masa depannya akan bersinar laksana matahari atau bintang.

Aeri artinya Beruntung dan berprestasi. Sambungan dari nama Bitna tadi. Aeri juga memilik arti yang bagus dan terdengar unik. Kalau umumnya nama orang Indonesia adalah Ari, nah supaya lebih agak ke Korea-koreaan bolehlah kalian tambahkan E  setelah huruf A, jadi terdengar unik, kan? Bitna Aeri. Atau Aeri Bitna Jasmin. Yang artinya Berprestasi dan bersinar laksanan bunga. Haduh, kok jadi pingin punya bayi perempuan, ya?

Aera artinya Cinta. Ubah huruf I pada kata Aeri dengan huruf A menjadi Aera yang bermakna Cinta. Kalau belakangan nama anak perempuan Indonesia ialah Cinta yang bisa jadi terinspirasi dari dari film Ada Apa Dengan Cinta. Nah, kalian tetap bisa pakai nama itu untuk nama anak perempuan kalian loh. Beri dia nama Aera yang memiliki makna yang sama dengan Cinta. Gimana? Tertarik?

Hanul artinya Langit. Jika mendengar kata langit maka bayangan kita adalah tinggi dan luas. Letakkan nama itu pada nama anak perempuan kalian agar kelak semoga dia dapat menggapai cita-citanya setinggi langit dan memiliki hati seluas langit. Bukankah langit tidak pernah mengatakan kalau dia tinggi?

Okelah, dari beberapa nama bayi perempuan Korea tadi kira-kira mana yang cocok untuk calon bayi perempuan kalian? Apakah Hana, Aeri, Aera, Heyang, Bitna, Ara atau Hanul? Apapun itu, semoga kelak ia jadi anak yang dapat membahagiakan orang tuanya dunia akhirat.




Back To Top