Bahan dan Cara Membuat Bolu Kukus Chocolates Yang Enak dan Empuk



Apakah bolu kukus chocolates bisa membuat gemuk? Coba kamu geserkan dulu pendapat tersebut. Karena tidak semua bolu kukus chocolates bisa menyebabkan gemuk dikarenakan banyak muatannya. Beberapa faktor yang menyebabkan gemuk itu sebenarnya kembali lagi kepada cara kita membuatnya. 

Bagaimana dengan chocolates? Sebenarnya chocolates itu tidak manis. Namun lantaran chocolates identik dengan manis, beberapa orang masih berpikir chocolates merupakan makanan atau minuman yang memiliki rasa manis. 

Ada banyak manfaat dari kandungan yang ada didalam bolu kukus chocolates antara lain bisa meningkatkan fungsi otak, menambahkan energi dan memulihkan stamina, mencegah obesitas, dan menurunkan kadar kolesterol. 

Jika kamu sedang mencari inspirasi resep bolu kukus chocolates yang mudah dan praktis. Cara membuat bolu kukus chocolates ini tidak susah dan tidak pula mudah. Jika mengolahnya salah, maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak enak. Padahal bolu kukus chocolates yang sedap selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa menggunggah selera kita. 

Terdapat beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bolu kukus chocolates yang hendak kita buat, mulai dari jenis bahan, pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Sebenarnya kamu tidak perlu pusing – pusing saat hendak membuat bolu kukus chocolates yang enak dimanapun kamu berada, asalkan kamu sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial. 

Kamu bisa siapkan bolu kukus chocolates sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian bolu kukus chocolates ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kamu dan sekeluarga. Kamu bisa membuat bolus kukus chocolates dengan menggunakan 10 bahan dan 9 langkah proses pembuatan. 

Berikut dibawah ini bahan dan cara membuat bolu kukus chocolates yang enak dan empuk :




1. Bahan – Bahan Membuat Bolu Kukus


  1. Tepung terigu segitiga biru
  2. Telur
  3. Gula pasir
  4. Baking powder
  5. Soda kue
  6. Garam
  7. Minyak goreng
  8. Air hangat
  9. Chocolatos
  10. SKM coklat

2. Cara Membuat bolu kukus


  1. Pertama – tama, ayak terigu, baking powder, soda kue, garam, dan juga bubuk chocolates agar tidak bergerindil, lalu sisihkan. 
  2. Di wadah terpisah, kocok telur dan gula hingga gulanya larut dan sedikit mengembang.
  3. Masukkan terigu dan bahan kering yang sudah diayak tadi. Lalu aduk rata. 
  4. Selanjutnya panaskan kukusan dengan tutup yang sudah dibungkus serbet. 
  5. Masukkan air kedalam adonan, lalu aduk dengan menggunakan spatula. Tambahkan SKM, aduk kembali hingga merata. 
  6. Terakhir masukkan minyak, lalu aduk rata. 
  7. Masukkan kedalam cetakan berukuran 20 cm. Kamu bisa gunakan cetakan pudding plastik. Namun sebelum memasukkan ke cetakan, adonan dihentak – hentakan dulu agar tidak ada udara yang terkunci didalam adonan. Jadi nanti bolu kukusnya lebih padat dan lembut. 
  8. Kemudian kukus selama 25 menit. Setelah 25 menit, sebelum kue diangkat tusuk permukaannya dengan lidi, jika sudah tidak ada yang lengket, matikan api. Angkat lalu dingingkan. Setelah dingin, keluarkan dari cetakan. 
  9. Soal topping, kamu bisa tambahkan sesuai selera. Kamu bisa gunakan gula halus, kacang sangrai, meises atau keju. Kuenya terasa manis dan empuk. Jika tidak suka manis, gulangnya bisa dikurangi menjadi 4 sdm saja. 

Bagaimana, mudah bukan? Itulah bahan dan cara membuat bolu kukus chocolates yang enak dan empuk yang bisa kamu coba di rumah. 


Back To Top