Angpao

Tahun Baru Cina atau biasa di sebut juga Imlek jatuh pada tanggal 14 Februari 2010. Sudah 1 minggu lewat sih tapi menurutku belum terlambat untuk membahasnya di blog ini, tentu saja dengan pengetahuan ku yang cukup sedikit secara aku kan gak ngerayain :)

Ada yang menarik dari Perayaan Tahun Baru Cina, sama seperti Hari Besar agama yang lain Tahun Baru Cina pun memiliki sejarah di belakangnya. Nah yang paling menarik buatku adalah pemberian Angpao yang tentu saja berhubungan ama duit(dasar matre). heheheh.

Hari Sabtu kemarin aku juga kebagian Angpao dari salah seorang teman kerjaku, duh senangnya.... Tapi sejenak kemudian aku terfikir, kenapa yah mereka memberiku Angpao? padahal aku kan gak ikut merayakan Imlek? tertarik dengan makna Angpao lantas aku meminta teman kerjaku untuk sedikit menceritakan apasih makna Angpao itu.

dan inilah penjelasan dari temanku...

"Angpao, adalah tradisi Tionghoa yang telah berlangsung sejak lama sewaktu masyarakat di negara Cina mengalami kemajuan dan memperoleh harta yang melimpah, nah karena rasa gembira akan harta yang banyak, maka pemimpin masyarakat tersebut memberikan hadiah kepada rakyat berupa sejumlah uang yang di masukkan dalam amplop merah hingga saat ini tradisi itu terus berlanjut".

"Kalau dalam tradisi Konghucu, pemberian angpau dilakukan tujuh hari menjelang Tahun Baru Imlek, namanya disebut Hari Persaudaraan, dan yang namanya saudarakan bukan yang seagama saja, tapi setiap manusia itu adalah bersaudara. Makanya Angpao boleh diberikan kepada yang tidak ikut merayakan Tahun Baru Cina.

Terus, angpao tidak hanya di berikan pada perayaan tahun baru Imlek saja karena angpao melambangkan kegembiraan dan semangat yang akan membawa nasib baik, Makanya angpao juga ada di dalam beberapa kegiatan penting seperti pernikahan, ulang tahun, masuk rumah baru dan lain-lain yang bersifat suka cita. Dan yang terpenting bukan jumlah uang yang ada di dalamnya tapi makna persaudaraan yang disampaikan melalui pemberian angpao tersebut.

Tag : iseng
41 Komentar untuk "Angpao"

yup, benar tuh kata temanmu. malah teman papaku yg muslim kemarin ke rumah buat bersilahturahmi dan dia ngasih angpao ke adikku.

Walaupun gak dapat Angpao tapi disini jadi tahu makna dari Angpao buat orang cina..

Thanks Mbak, Semoga sukses slalu

@mbak Fanny: saya juga seneng lho mbak dapet angpao, bukan isi dalemnya tapi makna persaudaraannya. hmmmm..

@embun: heheheh sukses juga buat dirimu ya Em..
besok pagi masih nempel di pucuk daun kan....??

yups thanks mbak angpaonya... :-)

Saya dulu pernah dapat angpau waktusaya di banjarmasin mungkin tahun 1994

saya minta angpao dan bakpao nya mbak
hehehe

kira2 aku dapat angpao nggak yah dari mbak :)
yg penting bukan angpao atau besarnya tapi maknya n berbagi mbak :)

mba wina, minta angpaonya doooong
mba cantik deh

Oh, jd angpao itu di bagikan bkn hari imlek saja ya mbak...baru tahu saya....nice artikel mbak..

Win, tau ga? Dhe lg ngerayu Fanny ne bwt ngasih Angpao ke Dhe tar waktu Dhe ultah. kwikikiki..

aku mo ngrayu fanny buat ngasi angpao ikutan ma dhe juga aaaah
jiahahahaha...

wah..wah.dhe mo ngerayu aku? hi hi hi..ada2 aja.

waaa aq juga punya pngalamn mnarik d hari imlek kmarin..
aq d kasi ucapan gong si fatchoi ma ibu tmen q
yg mangira aq org cina haha
pada hal cuma cina dimuka
tp asli..pribumi bgt
cinanya cina bangkrut hwehehe
salam knal mbak..dr blogger newbie

mana ni Amapao bwt nanLimo... aws klu ke Pekanbaru lagi... :D

betul kata nanlimo tuh... tapi kmren da dikasi ampao bentuk hati kaaan.... :D

Thanks kunjungannya Mbak... semoga sukses selalu ea...

hiii,,,lama g'k ketemu nih,,,, masih rajin juga nih,,,,, postingnya...smoga sukses s'lalu,

Btw, Angpaonya bisa dibagi ke aq juga g'k,,,

kerukunan dan toleransi, artikel yang menarik bintang eh mbak dwina

Keren tujuannya, untuk mempererat tali persaudaraan dan sebagai rasa syukur...
Uangnya juga keren...hehe
Tapi sayang saya gak dapat angpao..hiks

Tujuannya angpao bagus..
Uangnya juga bagus...hehe
Tapi sayang saya gak dapat angpao...hiks

katanya kalo yg sudah menikah baru gak dikasih angpao ya ???

bagus juga ya kebiasaannya ^^

wah kalau angpao mauuuuuu hehheh

selalu menarik saat membicarakan tentang angpao..... mauuuuuuu

sebentar lagi Cap Go Meh, ada angpao juga nggak yah?

hei, lama tak mampir ke sini. sudah waktunya kembali, datang dari rumah baruku. mainlah kawan, jika ada keluangan waktu.

salam,
hesra

kalo gtu kasih aku angpao dunk mba, lagi pengen ni, hahah [Matreeee banget ] :-P

mang kalo angpao wajib yah bagi orang china????

Gue ngga doyang Angpao deh !! Tapi kalau itu berharga bagi yang merayakan Imlek nggak apa-apa deh !!!

mampir kembali mak lupa ambil angpao kemarin

sorry maksudnya mbak "b" nggak ikut

Datang untuk menagih angpao mbak *lho..*

Mungkin saja tradisi angpao lebih terlihat di Indonesia dibanding di negara lain yang memiliki etnis tionghoa atau mungkin saja melebihi negara asalnya :)

Keep blogging sob

Thanks mbak infonya. Anas baru tahu.. ternyata angpao itu begitu.

Weeh Mbak Win hafal bener ya sama tradisi warga Thionghoa, jangan2 Mbak Win emang keturunan China ya, heheee...

aku masih belom nerima angpao dari mba wina yang cantik inilah

win tahon ini dapat anpao dikit,gak mengunjungi temen2 ku,kebetulan kerja gak ada liburny..so miris deh gakyk tahon kemaren

Win... ada award di blogku... Dijemput ya...
Thx udah menjadi teman yang baik bagi Bertuah.
Semoga berkekalan, dengan yang itu juga hehehehe

saya sering dapat angpao..soalnya sahabat2 ku banyak yang merayakan nya...thanks my friend..

masih ada gak angpaunya :)) Anaz mau donk...

Back To Top