Angpao

Tahun Baru Cina atau biasa di sebut juga Imlek jatuh pada tanggal 14 Februari 2010. Sudah 1 minggu lewat sih tapi menurutku belum terlambat untuk membahasnya di blog ini, tentu saja dengan pengetahuan ku yang cukup sedikit secara aku kan gak ngerayain :)

Ada yang menarik dari Perayaan Tahun Baru Cina, sama seperti Hari Besar agama yang lain Tahun Baru Cina pun memiliki sejarah di belakangnya. Nah yang paling menarik buatku adalah pemberian Angpao yang tentu saja berhubungan ama duit(dasar matre). heheheh.

Hari Sabtu kemarin aku juga kebagian Angpao dari salah seorang teman kerjaku, duh senangnya.... Tapi sejenak kemudian aku terfikir, kenapa yah mereka memberiku Angpao? padahal aku kan gak ikut merayakan Imlek? tertarik dengan makna Angpao lantas aku meminta teman kerjaku untuk sedikit menceritakan apasih makna Angpao itu.

dan inilah penjelasan dari temanku...

"Angpao, adalah tradisi Tionghoa yang telah berlangsung sejak lama sewaktu masyarakat di negara Cina mengalami kemajuan dan memperoleh harta yang melimpah, nah karena rasa gembira akan harta yang banyak, maka pemimpin masyarakat tersebut memberikan hadiah kepada rakyat berupa sejumlah uang yang di masukkan dalam amplop merah hingga saat ini tradisi itu terus berlanjut".

"Kalau dalam tradisi Konghucu, pemberian angpau dilakukan tujuh hari menjelang Tahun Baru Imlek, namanya disebut Hari Persaudaraan, dan yang namanya saudarakan bukan yang seagama saja, tapi setiap manusia itu adalah bersaudara. Makanya Angpao boleh diberikan kepada yang tidak ikut merayakan Tahun Baru Cina.

Terus, angpao tidak hanya di berikan pada perayaan tahun baru Imlek saja karena angpao melambangkan kegembiraan dan semangat yang akan membawa nasib baik, Makanya angpao juga ada di dalam beberapa kegiatan penting seperti pernikahan, ulang tahun, masuk rumah baru dan lain-lain yang bersifat suka cita. Dan yang terpenting bukan jumlah uang yang ada di dalamnya tapi makna persaudaraan yang disampaikan melalui pemberian angpao tersebut.

Tag : iseng
Back To Top