Gigi Keropos Waktu Hamil

Gigi keropos waktu hamil - Wanita hamil punya banyak larangan, dan image yang macam-macam. Salah satunya gigi keropos yang terjadi pada masa kehamilan. Banyak yang bilang bahwa gigi keropos itu karena si ibu kekurangan kalsium dan ada juga yang bilang bahwa kalsium dalam tubuh ibu hamil akan terbagi dua, untuk si ibu dan untuk bayi.

Tadinya aku agak percaya gitu, bukan karena gigiku jadi keropos karena sedang hamil ya. Syukur sampai hari ini aku tidak mengalami gigi keropos. Aku hanya sering merasa pegal atau lenguh di bagian lutut dan paha. Rasa pegal ini berganti-ganti antara kaki kanan dan kiri. Kadang rasa pegal sangat terasa ngilu, tapi kadang juga pegal ringan. Merasa pegal di bagian kaki ini tentu membuatku terpikir bahwa apa yang di bicarakan orang-orang itu benar bahwa kalsium dalam tubuhku terbagi dua, untuk bayi dan aku.

Beberapa waktu yang lalu secara tidak sengaja, aku nonton acara kesehatan di TV. Tema yang diambil adalah pengeroposan yang terjadi pada wanita hamil. Dari situ aku tau bahwa keropos pada ibu hamil bukan karena jumlah kalsium yang berkurang, melainkan kebiasaan buruk si ibu yang malas membersihkan gigi. Waduh, jadi salah persepsi nih.

Menurut pakar dokter gigi yang menjadi bintang tamu dalam acara tersebut mengatakan, ibu hamil kadang menjadi lebih malas bergerak. Secara psikologis disebabkan karena bobot badan ibu menjadi bertambah beberapa kilo dan menyebabkan ibu hamil jadi malas bergerak. Salah satu kemalasan yang mestinya di lawan adalah malas membersihkan gigi. Mendengar penjelasan sang dokter tak urung aku ikut tersenyum. Kesindir sebenernya :)

Nah akibat malas membersihkan gigi ini yang menjadi pemicu utama terjadinya keropos pada gigi ibu hamil. Jadi bukan salah bayi yang mengambil kalsium dalam tubuh si ibu, karena kata sang dokter gigi tersebut, si bayi tidak mengambil kalsium pada tubuh si ibu. Tapi si bayi sudah mendapat asupan kalsium dari makanan yang di konsumsi ibu hamil tersebut.
Tag : kesehatan
4 Komentar untuk "Gigi Keropos Waktu Hamil"

win.. gigi dhe udah keropos dr kelas 1 sma :(
gmn dunk..

jadi mba,...ayo jangan malas sikat gigi terlebih kalau mau bobo malam hihihi :p

apa kabar mba ? sehat-sehat sllau ya....:)

ayo mbak kuman2 di gigi dibunuh, nanti perang loh hehehe kaya iklan aja

Back To Top