Rimbang dan Sayur Daun Singkong

Takokak atau rimbang sebenarnya adalah jenis sayuran yang sudah ada sejak lama tapi karena jarang digunakan dalam resep masakan takokak atau rimbang ini sedikit terlupakan. Untuk daerah-daerah lain takokak ini punya nama yang berbeda, di Medan kami menyebutnya Cepokak, di Pekanbaru nyebutnya Rimbang kalau bahasa Indonesia aslinya sih Takokak.

Nah karena diriku besar di Medan dan pastinya banyak kecipratan jenis makanan khas dari daerah batak baik itu batak mandiling, toba dan karo otomatis takokak ini sering menjadi bagian dari sayuran yang sering di masak emakku.

Waktu pertama kali ikut suami ke Pekanbaru aku sering bingung mau masak apa ya.. secara suamikan orang Melayu jadi punya makanan khas yang beda dari aku yang lebih kepada masakan Medan. Kalau di Medan emakku suka masak daun ubi tumbuk atau daun singkong tumbuk yang rasanya khas karena beraroma takokak dan kincung. Pengen banget bikin masakan ini buat suami tapi aku khawatir beliau gak suka. Sampai pada suatu hari kami pergi ke pesta salah satu tetangga yang berasal dari suku Batak Mandailing. Pihak keluarga yang mengadakan pesta itu menyajikan menu makanan daerah salah satunya sayur daun ubi tumbuk ini. Wah aku antusias banget pengen makan, secara udah lamaaaaa  banget ngga makan sayuran ini. Eh yang surprisenya ternyata suami makan sayur itu juga.
Aku berbisik "emang ayah suka?" khawatir kalo suami salah ambil menu.
"Suka" balasnya ringan.

 Penasaran tapi seneng juga karena pas makan beliau abisin tuh sayur yang tadi diambil dari mangkok. Wah.. seketika aku ngerasa punya menu tambahan yang bisa aku masak di rumah.Buat ibu-ibu yang pengen nyobain masak daun singkong tumbuk, aku share caranya ya.. :)

Cara Memasak Daun Singkong Tumbuk

Bahan resep daun singkong tumbuk
2 ikat daun singkong
100 lm santan kelapa segar
50 gr takokak/ cepokak/rimbang
1 btg kincung
2 lembar daun salam
1 batang sereh ambil putihnya
1/2 ruas lengkuas di tokok

bumbu resep daun singkong tumbuk
Bawang merah
Bawang putih
Cabe merah
Kemiri
Ketumbar
Jintan kasar
Kunyit
Jahe
#kalo bumbunya di kira-kira aja ya, yang penting gak kebanyakan :)
Garam
Penyedap rasa (bila suka)

Cara memasak daun singkong tumbuk
Rebus daun singkong sampai setengah matang, angkat tiriskan kemudian tumbuk sampai setengah halus
haluskan semua bumbu dan tumbuk kasar cepokak/tekokak/rimbang dan kincung
tumis bumbu sampai harum kemudian masukkan sereh, daun salam dan lengkuas
terakhir masukkan daun singkong yang sudah di tumbuk tumis sebentar lalu masukkan santan, aduk jangan sampai pecah. Tambahkan garam dan penyedap rasa bila suka. Masak hingga matang. Sajikan
penampakan cepokak/tekokak/rimbang

penampakan kincung

 
penampakan sayur singkong tumbuk

1 Komentar untuk "Rimbang dan Sayur Daun Singkong"
Back To Top