Insomnia, Penyebab dan Cara Mengatasinya

"Suka terbangun tengah malam bukan berarti kamu insomnia, bisa jadi kamu sedang mengalami stress ringan yang bikin jam tidur kamu agak sedikit berantakan. Atau mungkin kamu memang sedang menderita insomnia sehingga kamu stress"
"Entahlah. Yang jelas belakangan ini aku sering terbangun tengah malam dan butuh sekitar 1 - 3 jam untuk bisa tidur lagi. Kalau aku penderita insomnia kenapa baru akhir-akhir ini aku mengalami suka terbangun malam, kenapa gak dari dulu?"

"Jawabannya mudah, karena insomnia baru kenal kamu akhir-akhir ini, hehheheh" Aku mencebik mendengar jawaban nyeleneh dari temanku ini.
"Menurut kamu apa aku sedang stress?"
"Mana ekye tau cyiiinn.... pan yang ngerasain diri kamu sendiri? emang kamu lagi stress?" dia balik nanya.
"Entah, masak sih aku stress, emang apa yang aku stressin ya?"
"Aku rasa sih bukan stress, mungkin kamu sedikit tertekan aja kali, tanpa kamu sadari sebenarnya ada yang mengganggu fikiran kamu, mungkin ada yang ingin kamu sampaikan sama seseorang tapi gak tersampaikan jadi deh nganggu alam bawah sadar kamu, bisa jadi ini yang bikin kamu suka melek malem. Eits, padahal melek malem itu gak baik lho.. apalagi untuk perempuan di usia kamu xixixiixi...
Aku langsung terdiam

Pembicaraan yang kami lakukan via online sejenak terhenti, aku tau dia sedang menunggu jawabannku atau setidaknya membalas guyonannya. Fikiranku melesat jauh kedalam jiwa, mungkin benar apa yang dia katakan, ada sesuatu eh banyak sesuatu yang aku fikirkan, tapi gak terucap, aku mendiamkan apa yang ada di fikiranku, kadang-kadang hilang kalo aku lagi repot ngurusin rumah dan anak, tapi kadang mencuat begitu saja dan hey.. aku memang sering gak bisa kontrol emosi belakangan ini. Aku sering bete sendiri dan itu pasti mengganggu orang-orang di sekelilingku.

"Ting tong.... kamu masih di situ? sori becandaanku kelewatan ya?"
"Gak, mungkin kamu benar, aku sedang tertekan" dan bla..bla..bla.. semua yang aku fikirkan tadi kutulis ringkas saja, dia gak perlu tau detailnya, gak penting.
"Hm.. kalo gitu mestinya tadi gak pake kata mungkin tapi memang"
"Hadeehh.. sama aja kalee"
"Yeee, ya nggaklah kalo mungkin artinya belom pasti, kalo memang berarti benar"
"Oke, terus apa yang mesti aku buat?"
"Kalo kamu gak bisa ngomong langsung ke orang yang bersangkutan, kamu tulis aja unek-unek kamu di blog, atau kalo kamu gak mau kebaca orang lain, simpan di draf untuk kamu konsumsi sendiri. Inget, jangan boongin diri kamu, terbuka aja, istilahnya kamu tuh lagi ngomong sama diri kamu lewat cermin, gak ada yang tersembunyi, lepasin semua beban kalo bisa cari penyebab and solusinya, biar tulisan itu gak jadi cuma unek-unek tapi ada jalan keluarnya
"Hmm bener juga ya"
"Iya dong.. eh tapi kalo memang mau minum obat herbal buat meregangkan saraf yang tegang ada kok"
"Apa tuh, mulai deh promosi dagangan"
"Ngga... ini mah cuma saran kalo mau ya lakuin kalo ngga ya terserah"
"Iya deh, apa?"
"Buah pepaya muda kamu parut trus peras airnya, campur sama satu sendok madu, trus kasih air hangat setengah gelas, minum tiap hari, mudah-mudahan dalam beberapa hari ke depan kamu nyenyak tidurnya :)"
"Ntar aku coba deh, thanks ya :)"
"Btw, apa yang kamu buat kalo kebangun malem"
"Hmm kalo lagi bersih, aku bawa sholat tahajud trus kalo lagi rajin sama ngaji bentar"
"Bagus"
"Tapi kalo lagi halangan baru bingung"
"Ngeblog aja, atau bersihin rumah malem-malem jadi besok pagi kamu bisa bangun siang kan rumah udah bersih :)
"Gak bisa bangun siang, gak biasa, aku pusing kalo bangun siang"
"Gitu ya, kamu coba deh saran aku tadi semoga berhasil :)"
"Iya, makasih kakak....:) aku pamit ya, mau tidur"
"Silahkan kakak.... mimpiin aku ya...."
#gubrakkk
Tag : iseng, kesehatan
3 Komentar untuk "Insomnia, Penyebab dan Cara Mengatasinya"

Alhamdulillah sejak nikah Dhe insomnia Dhe pulih. hohoho..

aku sih gak pernah kebangun malem mbak, wong tidurnya juga jam 11an :_) btw ini blognya udah bisa dibuka lagi

kalo aku udah biasa tidur jauh malam bangun pagi-pagi
kalo kebiasaan yg begitu nggak bisa dibilang insomnia dunk ya
soalnyakan kebutuhan kerja emang segitu
hehehe
smangat berkarya yaaa

Back To Top