5 Wisata Kuliner Khas saat Liburan ke Lombok

Pulau Lombok tidak hanya menjadi destinasi wisata yang menarik. Di pulau ini, Anda juga berkesempatan untuk mencicipi berbagai kuliner khas yang lezat. Berikut ini 5 pilihan kuliner wajib yang tidak boleh Anda lewatkan selama liburan ke Pulau Lombok:

Sumber : resepmedia.com

Pelecing Kangkung
Makanan khas Lombok yang satu ini sudah terkenal di seantero tanah air. Selain menggunakan bahan baku yang mudah diperoleh, cara pembuatannya juga tidak terlalu sulit. Hanya saja, pelecing kangkung yang asli dari suku Sasak di Lombok memiliki cita rasa khas.

Pelecing kangkung dari suku Sasak dibuat dengan kangkung khas Lombok yang punya tekstur berbeda. Kangkung ini memiliki bentuk lebih panjang dibandingkan jenis kangkung lain. Selanjutnya, kangkung dicampur dengan berbagai bumbu seperti terasi Lombok, garam, cabai rawit, tomat, dan lain-lain.

Ayam Taliwang
Tidak lengkap liburan ke Lombok tanpa mencicipi makanan yang satu ini. Ayam taliwang dibuat dengan menggunakan bahan baku daging ayam kampung utuh, bisa diolah dengan cara dipanggang atau digoreng. Agar rasanya semakin menggugah selera, ayam kampung tersebut pun sebelumnya telah dilumuri dengan bumbu khas Lombok. 

Tidak terlalu sulit untuk menemukan tempat makan yang menyajikan menu makanan khas Lombok ini. Anda akan menemukan deretan restoran di kawasan Cakranegara yang menyajikan ayam taliwang.

Nasi Puyung
Makanan khas Lombok yang satu ini berasal dari Kabupaten Lombok Tengah, tepatnya dari Desa Puyung di Kecamatan Jonggat. Nasi ini memiliki penampilan yang sederhana. Hanya berupa nasi putih dengan taburan daging suwir, kacang kedelai, udang kering, abon, dan cabai. 

Nasi puyung juga kerap disebut sebagai nasi balap puyung. Alasannya, karena nasi ini disajikan dengan porsi yang sedikit dan bisa dihabiskan dalam waktu singkat. Anda bisa menemukan nasi puyung yang enak ketika berkunjung ke Inaq Esun yang berada di Desa Puyung, tepatnya di Jalan Sriwijaya, Mataram.

Sate Bulayak
Sate bulayak sejatinya memiliki kemiripan dengan sate-sate yang disajikan di tempat lain. Hanya saja, kalau biasanya sate dihidangkan dengan lontong atau ketupat, maka di Lombok keberadaannya digantikan oleh bulayak. Selain itu, bumbu yang digunakan pada sate bulayak juga bukan bumbu kacang, tapi campuran antara kemiri dan santan kental. 

Sejatinya, bulayak yang digunakan sebagai pendamping sate di Lombok ini memiliki kemiripan dengan ketupat. Hanya saja, daun pembungkus yang dipakai adalah daun pohon aren. Selain itu, bentuknya juga berbeda, dengan tampilan bulat memanjang.

Beberok Terong
Beberok terong merupakan makanan pelengkap yang biasa disajikan oleh masyarakat suku Sasak. Dibuat dari terong bundar yang dipotong kecil-kecil. Cara penyajiannya pun bisa disesuaikan dengan selera. Terkadang dihidangkan dengan rasa asam atau pedas.

Tertarik untuk ke Lombok?
Saat liburan ke Lombok, Anda juga jangan lupa untuk memilih penginapan murah. Salah satu solusi mendapatkan hotel murah di Lombok adalah dengan menggunakan layanan pemesanan hotel Airy Rooms. Cara pemesanannya mudah, bisa lewat ponsel pintar atau web. Pun halnya dengan pembayaran. Anda bisa memilih menggunakan sarana transfer bank atau kartu kredit. 


Anda pun akan menemukan beragam hotel murah dengan fasilitas lengkap. Setiap kamar hotel pun dilengkapi dengan jaminan tujuh fasilitas. Di antaranya adalah, keberadaan tempat tidur yang bersih, akses internet gratis, ketersediaan peralatan mandi, air panas, pendingin kamar berupa AC, fasilitas hiburan berupa TV layar datar, serta air minum gratis.

So, kapan Anda menyempatkan waktu untuk menikmati kelezatan kuliner khas Lombok? Jangan lama-lama, ya!

0 Komentar untuk "5 Wisata Kuliner Khas saat Liburan ke Lombok"
Back To Top