Beda Bahan Sepatu Beda Pula Cara Perawatannya

Cara merawat sepatu


Selain sandang atau pakaian, maka aksesoris juga masuk sebagai salah satu item fashion yang banyak dikoleksi oleh kaum hawa. Wanita memang senang untuk mencoba berbagai macam fashion yang tengah menjadi trend saat ini. Sehingga bukan hal yang mengherankan jika seandainya banyak diantara mereka yang hobby dalam mengoleksi produk fashion baru, tentunya untuk kebutuhan penampilan agar lebih sempurna. Sepatu wanita sendiri masuk sebagai salah satu item fashion andalan yang senang mereka koleksi. Pada dasarnya sepatu adalah alas kaki yang sangat penting dipakai untuk kebutuhan melindungi kaki ketika tengah berjalan dimanapun. Untuk kaum hawa sendiri maka ada banyak sekali jenis sepatu yang ditawarkan kepada mereka.

Dari pilihan warna dan juga model yang bervariasi. Semakin kesini setidaknya juga ada semakin banyak diantara model sepatu terbaru yang diluncurkan ke pasaran. Untuk tawaran harganya sendiri juga terbilang bervariatif, beberapa produk branded bisa dibandrol hingga puluhan juta rupiah. Sehingga mereka senang menggunakannya sebagai produk investasi. Pilihan model dari sepatu untuk kaum hawa ini sendiri ternyata juga bisa memperlihatkan jati diri mereka. Seperti diantaranya wanita yang senang dengan sepatu hak tinggi, menunjukkan bahwa dirinya adalah sosok yang feminim dan suka berdandan. Sedangkan ada juga wanita yang lebih senang menggunakan jenis sepatu casual menunjukkan hawa dirinya adalah sosok yang bebas dan tak ingin dikekang.

Hendaknya dalam memilih sepatu yang akan digunakan juga tidak boleh sembarangan, karena Anda sendiri pastinya juga tau bahwa tak semua sepatu akan menunjang nilai manfaat. Tak jarang juga diantaranya yang justru memberikan dampak buruk pada penggunaannya. Misalnya saja adalah sepatu hak tinggi yang memiliki ukuran hak terlalu panjang, maka bisa menyebabkan resiko kaki terluka bahkan mengalami cidera juga kian tinggi. Ukuran yang salah bisa menyebabkan kaki menjadi sakit ketika menggunakannya, begitu juga dengan pilihan bahan yang salah.

Untuk itulah maka berikut ini setidaknya ada beberapa tips bagi Anda yang ingin membeli sepatu baru agar tak salah pilih, diantaranya adalah:

1.    Mengukur kaki terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk membeli, baik itu pembelian secara langsung maupun dengan mengandalkan sistem online, maka lebih disarankan kepada konsumen untuk mengukur kakinya terlebih dahulu, dengan adanya ukuran tersebut pastinya akan memberikan gambaran besar sepatu jenis apa yang cocok bagi Anda. Mempermudah juga ketika akan membelinya secara online, tak perlu mengira-ngira hingga hasilnya juga akan salah.

2.    Ketahui bentuk kaki Anda, tak semua orang memiliki bentuk kaki yang proporsional, kebanyakan diantara masyarakat justru memiliki kaki yang kurang sempurna, seperti diantaranya adalah pada bagian telapak kaki yang sangat besar dan melebar. Pastinya Anda tak bisa memilih jenis sepatu yang bentuknya normal juga. Pilih model yang memang ditawarkan untuk pemilik bentuk kaki tersebut, hal ini berguna untuk menghindari cidera kaki, karena bentuk yang tak sesuai, maka tak jarang akan menyebabkan rasa sakit bagi penggunanya sendiri.

3.    Menggunakan sepatu hal tinggi bagi pemula, maka pilih jenis wedges terlebih dahulu, bagi yang masih pemula dalam menggunakan sepatu hak tinggi, pastinya akan sangat kesulitan ketika dipakai untuk berjalan, jadi lebih disarankan bagi Anda untuk memulainya dari wedges, ketika Anda sudah berjalan secara normal, nantinya bisa mencoba model hak tinggi yang lainnya.

4.    Pilihlah bahan yang tepat yang nyaman di kaki dan juga mudah untuk dirawat. Bahan yang dipakai dalam pembuatan sepatu atau alas kaki sebenarnya sangat bervariasi. Setiap bahan memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Tak jarang juga diantaranya yang ditawarkan dengan harga selangit, karena kesulitan dalam mendapatkan kualitas bahan terbaik. Diantaranya adalah bahan kulit, kemudian kanvas hingga beludru juga ada. sebelum itu maka patut juga bagi Anda untuk mengetahui bagaimana perawatan dari masing-masing bahan sepatu tersebut, berikut ini diantaranya.


•    Bahan kulit, sepatu dengan bahan dasar kulit umumnya memiliki tampilan yang sangat elegan dan juga mewah, namun juga tak bisa dipungkiri bahwa harganya mahal, apalagi kulit asli. Sejalan dengan harga yang mahal, maka proses perawatannya juga tak semudah yang dibayangkan, karena bahan ini tergolong sebagai salah satu bahan yang sensitif, sehingga mudah mengalami kerusakan karena cuaca yang berubah-ubah. 

Usahakan Anda tak menggunakan sepatu dengan bahan kulit ini setiap hari, selang-seling antara satu sepatu dengan sepatu yang lainnya. Penting juga untuk selalu membersihkannya, salah satunya adalah dengan menggunakan lap dan juga air. Cukup di seka pada beberapa bagian yang kotor saja. Agar kulit tak mengalami kerusakan, maka bisa disiasati dengan cara mengolesi menggunakan minyak, bisa juga dengan cara menyemirnya untuk beberapa jenis sepatu tertentu. Usahakan menyimpan di tempat yang tidak lembab, gunakan silica untuk membuat tempat penyimpanan senantiasa kering.

•    Sepatu berbahan kanvas, kanvas ini banyak diaplikasikan pada produk sepatu yang memiliki konsep casual, seperti diantaranya adalah sneakers, satu keunggulan dari bahan ini adalah dari segi kekuatannya. Faktanya meskipun dipakai untuk aktivitas yang tinggi, maka bahan yang satu ini juga tak mudah mengalami kerusakan. Perawatannya juga sangat mudah, yaitu cukup dengan mencucinya secara teratur, khususnya setelah digunakan di tempt-tempat yang kotor berlumpur, rendam terlebih dahulu sebelum nantinya disikat sampai bersih secara menyeluruh.

•    Sepatu berbahan dasar beludru, satu lagi bahan yang sangat umum digunakan dalam pembuatan sepatu adalah beludru, bahan ini memiliki ciri khas yaitu lembut di bagian permukaannya, juga memiliki serat-serat halus, terkadang jika salah dalam perawatannya bisa membuat serat-seratnya menghilang karena rusak. Salah satu cara mudah untuk merawatnya adalah dengan cara menyikat, namun sikat khusus yang memiliki permukaan lembut, cukup dengan menggosok di sepanjang bagian permukaannya, efektif untuk menghilangkan debu-debu atau kotoran yang menempel. 

Lalu bagaimana jika sepatu tersebut sudah basah? Maka sesegera mungkin untuk mengeringkannya, karena air adalah musuh utama bagi sepatu ini. Untuk pemakaiannya sendiri lebih dianjurkan di gunakan untuk acara-acara indoor, bukan outdoor, sehingga tidak membuatnya mudah terkena kotoran atau air.

Setidaknya berbeda bahan maka akan berbeda pula cara perawatan dari sepatu tersebut, sangat penting juga bagi Anda untuk menggunakan sepatu wanita secara sehat, baik dari segi pemilihan model yang tepat maupun untuk durasi pemakaian, tampil cantik memang penting, namun lebih diutamakan bagi Anda untuk memperhatikan kesehatan dibandingkan dengan kecantikan. Sehingga tak menyesal nantinya.

Cari produk sepatu lengkap dari berbagai merk terkenal lebih mudah secara online. Mengingat situs jual beli online memberikan pilihan produk yang lebih bervariasi dengan tawaran harga yang terjangkau. Salah satunya bisa Anda dapatkan langsung dari Bobobobo Indonesia, item fashion wanita lengkap, produk kecantikan, kesehatan, beli tiket dan sebagainya ada disini, dari berbagai merk dunia.
0 Komentar untuk "Beda Bahan Sepatu Beda Pula Cara Perawatannya"
Back To Top