Bikin Cemilan Sendiri Yuk Biar Lebih Sehat dan Hemat

Dwina.net - Sebab berhemat adalah satu keharusan kalau ngga mau ambyar di kemudian hari

Punya anak yang masih dalam masa pertumbuhan berarti ngga jauh-jauh dari makanan. Banyaknya makanan yang dijual kini hanya berorientasi dengan rasa dan penampilan saja. Segala adonan rasa yang dimasukkan dalam makanan menjadikan obesitas, gula darah dan kolesterol menjadi momok bagi sebagian masyarakat dunia.

Jika dulu kita mengenal makanan tradisional seperti getuk, ubi goreng, pisang goreng dan makanan tradisional lainnya. Kini kita mengenal spaghetti, ayam goreng, dan aneka makanan lainnya. Sah-sah saja jika ingin menikmati segala makanan tersebut namun sebaiknya kita memastikan ianya sehat dan halal.

Banyak bahan makanan yang menurut pakar kesehatan memiliki komposisi yang kurang baik untuk tubuh. Jika makanan ini dikonsumsi berterusan akan menimbulkan dampak negatif pada kesehatan. Banyaknya gula tersembunyi pada makanan misalnya menjadi penyebab diabetes. Makanan yang banyak mengandung pengawet akan menimbulkan masalah serius seperti kanker.

Anak-anak adalah yang paling rentan soal terpapar makanan yang kurang sehat. Sebab mereka lebih antusias pada makanan baru yang penuh keju, gula dan perasa. Kadang mereka tidak perduli dengan hal tersebut. So, bagaimana bikin cemilan sendiri yang lebih sehat dan hemat? cobain yuk.

Cemilan berbahan oat dan kacang

pixabay

Cemilan ini sangat mudah dalam membuatnya. Anak-anak juga bisa ikut berkreasi loh. Bahan yang dibutuhkan adalah 100 gr oat campur dengan madu hingga agak lumat, tambahkan granola atau nestum. Bentuk bulat dan lumuri dengan wijen atau kacang-kacangan. Simpan dalam kulkas selama 30 menit dan siap dinikmati selagi dingin.

Pop Corn

pixabay

Cemilan berbahan jagung ini enak loh. Biar ngga ribet kalian bisa beli jagung yang khusus untuk pop corn. Panakan wajah tambahkan sendikit minyak dan masukkan jagung. Tunggu hingga jangung berhenti meletup. Sensasi letupan ini bikin anak-anak  heboh loh.

Cenil Kekinian

wina azam

Udah pernah makan cenil kan.. cenil merupakan jajan tradisional yang terbuat dari tepung kanji yang diberi air panas. Lalu di uleni dan dibentuk bulat atau panjang. Biasanya cenil dimakan dengan campuran gula merah dan kelapa.

Kini ada cenil kekinian yang terbuat dari bihun jagung. Rasanya enak tanpa gula merah. Resepnya juga mudah loh. Tinggal rebus bihun bersama air, setelah dingin masukkan gula pasir, tepung tapioka dan nutrijell. Setelah adonan tercampur rata, lalu bagi dalam beberapa loyang untuk diberi pewarna makanan. Kemudian kukus hingga matang.

Setelah dingin cenil mie boleh di potong sesuai selera, beri taburan kelapa di atasnya dan...cenil mie siap dinikmati.

Aneka kacang panggang

pixabay

Kacang kayaknya diapain juga enak ya. Kalau ngga mau ribet boleh sih beli yang udah siap makan. Tapi kalau mau berhemat bunda bisa beli aneka kacang yang masih mentah dan panggang sendiri. Tinggal tambah sedikit garam dan taraaaa jadi deh aneka kacang panggang yang yummy.

Salad buah

pixabay

Buah kalau dinikmati gitu aja kadang bikin bosen juga. Nah, supaya tetep semangat buahnya bisa dimix untuk dijadikan salad. Untuk saosnya bisa dibikin dengan cara campurkan yogurt, susu dan mayones sedikit. 


Back To Top