Resep Sate Aneka Bahan Yakin Ngga Mau Coba?

Dwina.net - Sate ngga melulu harus daging sapi ya karena sejatinya makanan yang ditusuk bersusun bisa dibilang itu sate.

Salah satu kuliner nusantara yang paling terkenal itu sate ya teman-teman. Hampir di seluruh Indonesia kita kenal makanan ini. Biarpun bahan yang digunakan beda tapi intinya tetep sama. Asal ada bahannya terus ada batang tusukannya dan makanan itu ditusuk rapi lalu di panggang jadi deh sate. 

Tusukan sate juga ngga melulu harus bambu atau besi ada juga tuh sate lilit yang tangkai tusuknya menggunakan batang serai. Kalau kalian coba pasti nagih sebab sate ini akan mengeluarkan aroma serai saat dipanggang. Enak dan sehat.

Ngomongin soal sate apakah bahan yang digunakan harus daging? ternyata tidak loh. Ada juga sate buah yang dilumuri coklat, ada sate sayur yang diberi bumbu lalu di panggang bentar dan tentu saja aneka bahan makanan lain seperti udang, ikan juga bisa disatein. 

Biar ngga penasaran kali ini aku kasih bocoran beberapa resep aneka sate yang bisa kalian jadiin alternatif menu makanan. Kali aja bosen sama bentuknya yang gitu-gitu aja. Cus kita bahas resep sate aneka bahan, yakin ngga mau coba?. 

Sate Ayam

sate kuliner nusantara
Huahom/pixabay

Daging ayam bisa diolah kemana-mana ya termasuk sate tentunya. Tekstur daging ayam yang ngga terlalu tebal dan berserat memudahkan kalian untuk menghidangkan makanan ini dalam bentuk sate. Tinggal ambil bagian dadanya lalu potong kotak. Tusuk-tusuk dan panggang. Jangan lupa bumbu sate biar aroma ayam bercampur rempahnya nambah bikin selera.

Sate Udang

sate kuliner nusantara
 Pexels/pixabay

Jika ingin mengolah udang menjadi sate jangan buang kulitnya ya. Karena kulit udang akan menahan daging sate supaya ngga hangus. Saat menyate udang juga ngga perlu lama-lama sebab udang jika kelamaan di masak akan alot kayak karet, ngga enak banget kan. Cukup panggang udang selama 3-5 menit udah deh jadi.

Sate Kentang

sate kuliner nusantara
Kira Hoffmann/pixabay

Kalau lagi barbekiuan, eh gimana sih nulisnya wkkwkw. Kita tetep butuh karbo ya. Nah karbo bisa didapat dari kentang. Pilih baby potato yang masih manis itu lalu tusuk-tusuk sambil di panggang baby kentang bisa diberi bumbu seperti oregano, rosemary, gula dan penyedap supaya rasa kentang lebih gurih.

Sate Sayur

sate kuliner nusantara
RitaE/pixabay

Udah coba nyate sayur? kalau belum berarti kita sama wkwkkwkw. Faktanya banyak orang menyate sayur saat barbekiuan loh. Bahan yang digunakan untuk sate sayur juga beragam misalnya wortel, brokoli, bawang bombay, fetucinni, tomat dan paprika. Sate sayur biasanya dijadikan pelengkap sate daging. 

Sate Daging Kambing

Sherra Triarosdiana/pixabay

Sebagai penutup boleh donk share tentang sate daging karena emang sih daging sapi terutama bagian has nya sering diolah menjadi sate. Rasa gurih dan manis dari daging sapi menjadi favorite dalam olahan sate. 

Diantara beberapa resep sate aneka bahan tadi mana yang sering kalian jadiin sate? Share dimari ya. 

Back To Top