Resep Jajanan Kekinian Yang Mudah Dibuat Di Rumah

Dwina.net - Makanan tradisional jika terus dilestarikan niscaya tidak tergerus dengan jajanan luar.

cara membuat crepes
pixabay

Indonesia adalah salah satu negara yang menyimpan banyak makanan tradisional. Mulai dari makanan khas dari berbagai propinsi hingga berbagai kota di Indonesia. Bahkan makanan-makanan tersebut sudah dikenal oleh turis mancanegara. Makanan-makanan tradisional tersebut biasanya sudah turun-temurun disajikan di meja makan keluarga. Sehingga tetap bisa dinikmati hingga cucu bahkan cicit. 

Nah, jika anda penasaran resep masakan Indonesia yang tradisional itu seperti apa. Anda bisa pergi ke pasar tradisional, di sana pasti masih banyak pedagang yang menjualnya. Selain makanan tradisional, ternyata Indonesia juga menciptakan jajanan kekinian yang diciptakan anak muda Indonesia. Ingin tahu bagaimana membuatnya jajanan kekinian tersebut? Berikut Resepnya!

1.    Crepes

cara membuat crepes
pixabay

Jajanan yang satu ini juga mudah sekali untuk dibuat. Bahan yang anda butuhkan adalah tepung terigu, gula pasir, telur, mentega, susu cair. Kemudian untuk topping kekinian anda bisa membeli Nutella, marshmellow, cokelat silverqueen, eskrim. 

Cara membuat adonan kulit crepes adalah dengan mencampurkan semua bahan yaitu tepung terigu, telur, susu cair, mentega dan gula pasir. Berikan air dikit demi sedikit hingga mengental. Setelah itu siapkan tefon panas dengan api kecil. 

Cetak kulit crepes satu persatu. Setelah itu anda beri topping Nutella lalu anda taruh marshmelloe. Kemudian anda taruh silverqueen yang sudah di paru dengan parutan keju. Lalu beri es krim lagi di atasnya.

2.    Seblak

cara memasak seblak
themoondoggies.com
 Jajanan tradisional yang berasal dari sunda ini sebenarnya punya cerita yang sedikit memilukan. Jadi dahulu orang sunda tidak punya bumbu dan bahan makanan memadai. Hanya ada bumbu seadanya dan kerupuk. Kemudian mereka membuat kerupuk menjadi pendamping yang lezat dan dinamakan seblak. 

Jika anda ingin membuat seblak yang kekinian anda bisa menyiapkan kerupuk mentah, kwetiaw, siomay dan batagor kering, makaroni mentah, kencur, cabe merah dan pedas, kunyit, bawang merah dan putih, garam.

Hal yang pertama anda lakukan adalah membuat bumbu atau kuah seblak. Caranya adalah dengan menghaluskan kunyit, cabe, bawang merah dan putih, kencur diblender. Setelah itu anda tumis dan beri air secukupnya. Kemudian masukan semua bahan seperti makaroni, kerupuk, batagor dan siamoy. Setelah agak setengah matang, masukkan kwetiiaw. Lalu tunggu hingga semua bahan matang.

3.    Cilok

merdeka.com

Makanan yang mempunyai singkatan cilok ini artinya aci dicolok. Jadi bahan utamanya adalah sagu atau aci. Selain itu juga anda bisa membeli  kacang tanah, garam, saos, dan cabe. 

Cara membuatnya sendiri sangatlah mudah anda ambil aci atau sagu sebanyak 500 gram atau 1 kg. setelah itu beri garam secukupnya. Ketika diaduk anda beri air hangat dikit demi sedikit. Kemudian anda bentuk bulat-bulat. Setelah itu anda rebus cilok hingga empuk. 

Jika anda ingin varian dengan ciolok diisi. Anda bisa mengisinya dengan telur atau juga daging atau ayam. Nah, bumbu cilok adalah kacang tanang yang digoreng lalu ditumis dengan cabe dan saos. Jangan lupa beri air juga secukupnya.

Beberapa jajanan kekinian di atas adalah hanya sebagaian jajanan yang sedang tren. Adanya jajanan yang lainnya juga sedang tren seperti baso aci, waffle, thai tea dan lainnya. Jika anda ingin yang lebih enak dari jajanan di atas. Anda bisa membelinya di berbagai Mall. Minuman kekinian seperti brown sugar boba juga sedang kekinian. Nah, anda wajib coba makanan kekinian agar tidak ketinggalan jaman.
Back To Top