5 Tips Mudah Ini Bikin Kamu Rajin Berpuasa

Puasa ramadhan sebentar lagi dan tentunya umat muslim menyambut dengan gembira bulan suci yang hanya datang sebulan dalam satu tahun ini. Meskipun jelang puasa ini negara kita dihebohkan dengan berbagai berita mengerikan. 

Berita yang baru terjadi minggu lalu yaitu penyaderaan yang dilakukan narapidana teroris di mako Brimob yang menewaskan 5 anggota polisi dan 1 narapidana. 

Berita kedua bom bunuh diri yang terjadi di salah satu gereja di Surabaya. Konon menurut issue yang beredar akan ada 3 titik bom yang terpasang.

Berita bom di rumah ibadah umat kristen ini pasti mengguncang dan bisa jadi akan terjadi lagi gesekan antara umat muslim dan non muslim namun hendaknya kejadian ini tidak membuat NKRI terpecah. Nauzubillah.

Puasa ramadhan yang tinggal menghitung hari tapi diwarnai dengan aksi kekerasan agama sedikit banyak tentu mengganggu kenyamanan kita dalam menjalankan ibadah puasa nanti. Namun, kejadian ini hendaknya tidak membuat kita jauh dari Allah tapi sebaliknya. Sebab tiada pelindung sebaik-baik Allah yang memberi pelindung.

ramadhan

Saat ini banyak kita lihat umat muslim yang lalai dalam menjalankan ibadah puasa. Berbagai alasan terlontar agar tidak berpuasa. Padahal syarat puasa itu dimilikinya. Apa itu? sehat, tidak uzur, tidak dalam keadaan nifas/haid, tidak dalam perjalanan jauh. 

Sayangnya keinginan berpuasa pupus dengan alasan tergoda nasi padang. Plis atuhlah. Abis ramadhan tetep buka tuh nasi padang.

Tahun lalu Indonesia sempat heboh dengan pedagang yang disita barang dagannya karena buka warung makan siang hari. Sontak pro kontra berseliweran. Tentang satpo PP yang kejamlah, tentang kebebasan pedaganglah. Saya cuma mau bilang, terima kasih untuk kalian semua yang telah membantu kami dalam menjalankan ibadah puasa. Salah satu bantuan yang paling berharga khususnya untuk mereka yang tipis iman dan mudah tergoda sambel belacan yaitu tidak buka warung makan disiang hari.

Sebenarnya kamu bisa kok puasa khusuk dan santai selama seharian meskipun banyak godaan. Ini loh 5 tips mudah yang bikin kamu rajin berpuasa.


Niat kekuh mau puasa, tidak ada tapi tidak ada nanti
Semua perbuatan kita diawali niat. Meskipun kadang orang bilang "Ngga ada niat untuk melakukan bla..bla... semua spontan aja" hei tunggu dulu. Coba deh pikir dan sadari bahwa otak kita merespon dengan kecepatan cahaya. Jadi niatkan untuk benar-benar berpuasa tahun ini. Tidak ada tapi tidak ada nanti.

Pasang alarm untuk sahur
Ini penting ya apalagi untuk yang tinggal sendiri misalnya anak kos, orang-orang yang tinggal di asrama dll. Mereka yang tinggal tidak bersama orang tua ini tantangan untuk berpuasa itu lebih berat sebab bangun sahur sendiri tanpa keluarga. Tapi itu bukan alasan ya. Pasang Alarm dengan jelas jam berapa mau sahur. Usahakan pasang alarmnya ngga mepet sama waktu imsak biar sahurnya ngga buru-buru.

Cintai tubuhmu dengan berpuasa
Tidak ada kajian bahwa puasa merusak kesehatan justru sebaliknya. Puasa itu baik untuk kesehatan. Ianya mengistirahatkan lambung dari bekerja sehari penuh siang malam memproses segala makanan yang kamu masukkan tiap jamnya. Dengan berpuasa yang benar yaitu sahur dengan makanan yang kaya gizi, berbukan dengan tidak berlebihan dan cukup air akan membuat tubuhmu lebih sehat. Jadi sebelum kamu mencintai tubuh orang lain cintai dulu tubuhmu sendiri dengan menjaga kesehatannya.

cafe buka puasa di jakarta


Biar puasanya semangat bikin acara buka bersama dengan teman atau keluarga
Salah satu kemeriahan ramadhan adalah mendekatkan hubungan silaturahmi antar saudara dan teman. Sama-sama berpuasa akan menghadirkan rasa kebersamaan yaitu sama-sama lapar. Dan yang paling ditunggu oleh orang yang berpuasa adalah waktu berbuka. Dengan berbuka bersama kawan atau keluarga bikin hatimu makin senang. Ingat, hati yang senang adalah vitamin penting bagi kesehatan jiwa. Jadi jangan betean pas puasa. Rugi.

Enaknya ramadhan itu banyak tempat untuk berbuka puasa bareng teman atau keluarga. Salah satu tempat yang paling diburu adalah resto atau cafe. Apalagi untuk kalian yang di Jakarta. Pastinya ada banyak banget tempat buka bersama di Jakarta yang cihuii untuk didatangi. 

Tau dari mana lo, Mak banyak tempat buka bersama di Jakarta? Dari TV lah, tiap hari adaaaaa aja cafe atau resto atau warung atau tempat nongki enak di Jakarta. Cieee iri ni ye...

puasa ramadhan

Penuhi tabungan akhirat dengan berpuasa
Puasa itu pahalanya Allah sendiri yang menghitung. Allah yang tau puasa kita itu bener apa ngga. Karena meskipun nampak dimata tapi puasa itu sebenarnya adalah ibadah yang tersembunyi. Kamu ngga akan pernah tau pasti temanmu itu bener puasa apa ngga. Bisa aja ngaku puasa tapi dikamar mandi bawa botol air minum. 

Jadi, sebagai ibadah yang tersembunyi ngga usahlah curi-curi kayak kucing. Puasa aja yang bener. Ingat ada akhirat setelah dunia yang fana ini. Isi tabungan akhirat kita dengan ibadah salah satunya puasa. Kalau sayang diri dan mau masuk surga tabungan akhiratnya harus penuh dong, it's simple.

Back To Top