Tips Pertama Kali Traveling ke Malaysia, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

 foto:soplacesummit.com


Sudah puas menjelajahi wisata dalam negeri? Mungkin inilah waktu yang tepat untuk segera hunting tiket promo Malaysia Airlines. Negeri jiran ini memang paling pas untuk dijadikan pijakan awal liburan ke luar negeri. Kebudayaan dan bahasa yang hampir sama akan memudahkanmu saat berkomunikasi dengan masyarakat sekitar. Selain itu, jarak yang dekat juga tidak akan membuatmu terlalu homesick.

Tapi sebelum pergi, ada baiknya mengetahui beberapa hal yang umum di Malaysia, tapi asing buat orang Indonesia. Kira-kira apa saja, ya?

Bawa Konektor Colokan Listrik Kaki Tiga

 foto:akibanation.com


Sistem instalasi listrik Malaysia beda dengan Indonesia. Mereka terbiasa dengan colokan listrik untuk tiga kaki, sementara Indonesia cuma dua lubang saja. Ada baiknya kamu membawa konektor yang bisa menyambungkan kabel perangkat listrikmu dengan colokan asli Malaysia. Coba cari di toko-toko listrik terdekat. Biasanya ada, kok.

Tempat Terbaik Kuliner Halal

Sebagai negara dengan kultur yang bercampur-baur, kuliner Malaysia juga banyak menyajikan menu-menu non-halal. Untuk wisata kuliner tanpa khawatir, meluncurlah ke kawasan KL Sentral dan Jalan Alor Bukit Bintang. Di sana terdapat banyak tempat makan yang terjamin halalnya.

Bawa Botol Minuman

 foto:jumpseller.com


Kenapa? Karena pemerintah Malaysia menyediakan air bersih siap minum. Supaya liburan lebih hemat, tidak perlu beli minuman kemasan, isilah botol minuman dengan air tersebut yang disediakan lewat keran-keran, gratis, tanpa dipungut biaya. 

Siapkan Peta Wisata dan Transportasi

Tak seperti Singapura, agak sulit untuk menemukan peta wisata gratis di Malaysia. Biar perjalanan tetap lancar, tanpa khawatir tersesat, unduh dulu peta wisata dan transportasi dari internet sebelum memulai perjalanan.  Pelajari untuk mengetahui jalur-jalur sarana transportasi umum, seperti LRT, monorail, atau KTM Komuter.

Tidak Sulit Masuk Malaysia

 foto:themalaysiantimes.com.my


Indonesia dan Malaysia memiliki kerja sama bebas visa untuk wisatawan. Jadi begitu turun dari Malaysia Airlines di bandara, tinggal ikuti langkah para penumpang menuju loket imigrasi. Tidak perlu grogi. Berlaku biasa saja dan jawab pertanyaan petugas imigrasi, sesuai dengan apa yang ditanyakan. Prosesnya lumayan cepat, dan kamu akan mendapatkan stempel imigrasi tambahan dari imigrasi Malaysia di lembaran paspormu.

Miliki Kartu Touch n Go

Kartu Touch n Go akan memudahkan perjalanan liburanmu di Malaysia. Kamu bisa membelinya di loket yang menyediakan kartu ini secara khusus. Kartu Touch n Go memiliki fungsi seperti e-money di Indonesia, dan memudahkan pembayaran untuk pembelian tiket transportasi umum, seperti MRT, LRT, KTM Komuter, atau bus RapidKL. Tinggal tempelkan di scanner dan secara otomatis ongkosnya akan di-debit dari kartu Touch n Go kamu. Kalau dana di dalamnya habis bisa diisi ulang di minimarket atau gerai ritel.

Bagaimana, tak perlu merasa jadi ‘alien in Malaysia’ dan nikmatilah kunjunganmu ke sana. Panduan-panduan di atas bakal memudahkan perjalananmu menikmati pesona negeri jiran. Jadi jangan ragu untuk segera berburu tiket promo Malaysia Airlines dan rasakan petualangan luar negerimu, dimulai dari Malaysia.
Back To Top