5 Resep Buka Puasa Enak Untuk Anak

Dwina.net - Mendidik anak untuk berpuasa bisa dilakukan sejak ia berusia 5 tahun karena sifatnya mendidik orang tua tidak perlu terlalu memaksa. Mengenalkan ibadah puasa dengan cara memaksa justru akan membuat anak ilfill. Lebih baik jika orang tua mengenalkan puasa dengan cara yang menyenangkan.

Cara mengenalkan puasa bisa dilakukan dengan memberi contoh melihat orang yang kurang mampu disekitar kita. Katakan pada anak bahwa mereka untuk makan sehari saja harus kerja keras mencari uang. Dan tidak jarang mereka menahan lapar. Puasa artinya menahan haus dan lapar sejak subuh hingga magrib. Untuk mengajarkan kita bahwa masih banyak orang disekitar kita yang walaupun tidak puasa mereka tetap sering merasa lapar. Setidaknya itulah yang saya katakan pada anak saya.

Moment puasa adalah moment berbagi kebahagiaan dan mengeratkan kembali hubungan keluarga. Misalnya dengan membuat resep buka puasa untuk anak. Berikut 5 resep buka puasa enak untuk anak yang bisa dilakukan bersama. Yuk, coba di dapur Bun..

resep puding

Puding instant yang mudah aja ngga pake ribet
Puding instant banyak dijual, pilih rasa yang anak suka. Kalau anak saya sih sukanya coklat. Resep bikin puding instant gampang banget. 
1 bungkus puding instant nutrijel atau agar rasa
700 ml air 
250 gr gula pasir
Garam secukupnya 
Masukkan nutrijel, gula dan garam dalam 700 ml air tadi aduk rata. Kemudian masak hingga mendidih. Tuang dalam cetakan biarkan beku. Untuk mempercantik puding ibu bisa tambahkan topping sesuai selera.

resep buka puasa

Sop buah ala ala cafe
Sop buah emang nyegerin dan cocok untuk buka puasa. Ibu bisa mencampurkan beberapa buah misalnya buah naga, pepaya, semangka, anggur dan jagung. Gunakan susu cair atau air kelapa dan daging buahnya. Sesuaikan rasa manisnya.

menu buka puasa

Jus buah aneka topping
Resep buka puasa enak untuk anak selanjutnya yaitu jus buah yang  mudah banget bikinnya ya bu tinggal pilih buah mana yang disukai anak lalu blender dengan batu es dan gula. Terakhir tambahkan topping di atasnya. Untuk urusan topping biarkan anak berkreasi. Mungkin bunda sukanya buah tapi anak sukanya choco chip atau biskuit coklat. Sesuaikan saja ya Bun.. jangan berantem pulak..


Brownies sederhana rasa mewah
Bahan brownies ngga susah tapi rasanya bisa jadi mewah apalagi jika dibuat bersama anak. Ada bonding yang kembali terjalin dan itulah yang membuat brownies jadi makin istimewa. Bahan brownies mudah, Bun..
Mixer 3 butir telur bersama 100 gr gula pasir. Lelehkan 100 gr coklat batang bersama 50 gr margarin dan 1 sdm pasta brownis bila ada. Kalau ngga ada cukup coklat batang dan margarin saja. Setelah dingin masukkan dalam adonan telur tadi.

Kemudian masukkan 150 gr terigu dan 1 sdm coklat bubuk. Aduk rata. Beri 1/2 sdt.  Tuang di atas loyang yang sudah diolesi margarin supaya tidak lengket. Kukus selama lebih kurang 25 menit. Brownis siap disajikan untuk hidangan berbuka anak-anak.

menu buka puasa

Cake pastry 
Jangan puyeng bikin adonan pastry. Banyak dijual di super market. Sampai di rumah tinggal potong sesuai selera. Bunda bisa mencari alternatif modelnya di internet misalnya di pinterest. Saya termasuk nih yang suka cari model-model pastry lucu di sana. Ajak anak untuk berkreasi bersama. Beri hiasan sesuai kesukaan anak biar mereka makin semangat.    

Demikian beberapa resep buka puasa enak untuk anak. Bunda jangan pusing lagi mikirin menu buka puasa ya. Yang penting nilai ibadah puasanya dan menanamkan rasa sabar, syukur dan cinta pada agama ke anak.                                                             
Back To Top