Resep Soto Betawi Ramaikan Menu Ramadhan Kali ini

Dwina.net – Ramadhan kali ini jatuh pada bulan Mei yang artinya Indonesia sebagian besar dicurahi matahari yang lumayan dengan kata lain musim panas bedentang setiap hari. Meskipun panas semoga tidak menyurutkan niat untuk tetap menjalani puasa ya. 

Apalagi untuk kalian yang kaum lelaki, jangan kalah dong sama yang anak-anak. Fenomena ramadhan sering diwarnai dengan aksi sembunyi-sembunyi kaum lelaki ke warung makan siang hari. Apalagi kalau sudah tahu bahwa sebelumnya diwarung itu ada soto betawi.  Akh, semoga kamu tidak ya.

Padahal nikmat ramadhan itu akan dirasakan pas berbuka loh. Apalagi jika berbuka dengan menu makanan yang segar dan berkuah. Wuiihhh lapar dahaga siang tadi sirna langsung. Ngga percaya? Makanya puasa dulu.

Apasih menu ramadhan yang cihuy banget disantap ketika berbuka? Eit, banyak dong salah satunya soto betawi. Hmm.. teman-teman soto ini makanan yang mungkin ada hampir diseluruh daerah ya. Olahannya agak sama. Yaitu sama-sama berkuah hanya bedanya ada yang pakai kuah kaldu dan ada yang kuah santan. Nah, soto betawi ini pakai kuah santan. Cus kita cobain resep soto betawi yang pasti meramaikan menu ramadhan kali ini.

resep soto betawi


Resep soto betawi
Bahan yang diperlukan:
350 gr daging sandung lamur
250 gr tulang iga
3 sdm minyak goring
5 cm kayu manis
1 butir biji pala, belah
7 butir cengkeh
1 liter air kaldu sapi
400 ml santan kental
2 tangkai daun bawang
2 tangkai seledri, iris kasar
3 butir tomat, belah empat
3 sdm kecap manis

Bumbu yang dihaluskan:
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdt merica butir
1 sdm ketumbar
½ sdt jintan
2 butir kemiri
3 cm lengkuas
3 cm jahe

Cara memasak soto betawi:

Rebus daging sandung lamur dan jerohan sapi secara terpisah sampai empuk. Angkat dan potong-potong, lalu sisihkan.

Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan bersama kayu manis, pala, dan cenkeh sempai harum dan matang. Masukkan daging dan jerohan rebus. Tumis sebentar, kemudian tuang air kaldu. Masak sampai mendidih.

Beri santan, daun bawang, seledri, tomat, dan kecap manis. Aduk dan didihkan kembali. Angkat. Sajikan bersama bawang goreng dan emping goreng.

Resep soto betawi ini merupakan resep khas yang diuleh langsung oleh orang betawi. Sekilas hampir sama dengan soto medan yang menggunakan santan. Tapi soto medan biasanya memasukkan kunyit halus sehingga warna kuah agak kekuningan. 

Buat kalian yang suka santan soto betawi bisa menjadi alternative menu saat berbuka ataupun sahur nanti. Rasanya gurih, segar dan aroma daging yang pastinya membuat selera makan bangkit. Apalagi untuk anak-anak yang susah bangun untuk sahur. Ibu bisa menggunakan makanan sebagai penyemangat mereka dalam bersantap sahur. 

Ramadhan itu penuh keceriaan jadi jangan pusing mikirin menu berbuka puasa ataupun menu sahur ya, Bu. Asal ikhlas memasaknya InsyaAllah ada keberkahan di dalamnya. Selamat berpuasa.

Back To Top