Dumai Punya Destinasi Wisata Eksotis Bernama Hutan Bakau

Dwina.net - Riau sebenarnya memiliki banyak destinasi wisata yang tidak kalah indahnya dengan daerah lain. Sebut saja Istana Siak Sri Indrapura yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal atau bermain wahana air di Riau Fantasi yang penuh dengan permainan berbasis air. Atau yang saat ini sedang booming yaitu Ulu Kasok. Semua destinasi wisata ini kebanyakan menyajikan pemandangan alam sehingga bisa dinikmati dengan budget yang minimalis.

Selain tempat-tempat wisata tersebut ada juga wisata hutan mangrove. Kalian tentu sudah tau bahwa Indonesia merupakan negara tropis dimana hutan mangrove banyak tumbuh di sekitar pinggir sungai. Hutan mangrove yang terkenal di Riau adalah Hutan Mangrove Dumai.

Untuk menuju ke lokasi hutan tidak membutuhkan waktu lama karena lokasinya yang berada tidak jauh dari pusat kota sehingga mudah dikunjungi. Hutan ini merupakan habitat flora yang ada di kota Dumai. Disini ada paling tidak 24 spesies magrove yang masih dilindungi artinya tidak boleh ada eksploitasi berlebih terhadap tumbuhan yang ada didalamnya. 

wisata mangrove dumai

Sebelum keluar peraturan pemerintah masyarakat pada  saat itu banyak menebang hutan mangrove untuk dijadikan arang. Hal ini menyebabkan banyak jenis tumbuhan yang berada di ambang kepunahan. Padahal manfaat hutan mangrove sangat banyak. Yang paling utama adalah penahan air agar tidak terjadi erupsi. Akar mangrove yang menhujam hingga jauh ke dalam tanah dapat menjadi sandaran bagi air untuk tidak meluap.

Dengan adanya peraturan ini akhirnya menahan warga untuk tidak bebas menebang mangrove demi kepentingan diri sendiri. Ada banyak habitat hewan yang tinggal didalamnya dan bisa dijadikan sumber makanan misalnya kepiting sungai.

Teman-teman yang sudah pernah masuk ke dalam hutan tentu mengetahui bahwa di dalam hutan banyak spesies hewan yang tinggal disana. Demikian juga hutan mangrove. Kolaborasi antara hewan dan tumbuhan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang datang ke hutan mangrove dumai.

Selain itu udara yang segar dapat dihirup sepuasnya jika kalian berada di dalamnya. Rimbunan pohon mangrove yang menghalangi sinar matahari membuat hutan ini terasa lembab dan dingin. Tapi jangan khawatir karena ada tour guide yang akan menemani perjalanan wisatamu. Tour guide ini merupakan penduduk setempat yang intens menjaga kelestarian mangrove. Kalian bisa mendapat pengalaman menarik dan pengetahuan seputar mangrove.

Keselamatan di dalam hutan juga relatif baik sebab sepanjang jalan dipasang papan yang memudahkan pengunjung mengelilingi hutan. Jadi jangan khawatir kaki kotor karena menginjak lumpur ya. Kalian tetap bisa menapak tilas dan menikmati pemandangan tanpa takut kotor atau terkena kayu mangrove..

Ada beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan dengan berwisata di hutan mangrove Dumai yaitu:
  1. Lebih mengenal jenis tumbuhan mangrove langsung dari sumbernya.
  2. Bahan pembelajaran bagi anak-anak tentang tumbuhan dan hewan yang hidup di hutan mangrove.
  3. Belajar lebih mencintai alam dengan tidak mengeksploitasi hutan secara sembarangan.
  4. Lokasi wisata yang dekat dengan pusat kota sehingga tidak perlu khawatir tersesat.
  5. Mengajarkan pada anak akan pentingnya menjaga kelestarian hutan.

Untuk yang belum berpengalaman ke lokasi wisata ini jangan khawatir karena ada travel agent yang siap membawamu ke lokasi wisata tempat waktu. Travel Pekanbaru Dumai merupakan perusahaan jasa transportasi yang bisa diandalkan tidak hanya ke hutan mangrove Dumai tapi juga tempat-tempat lainnya. Kalian bisa kunjungi website resminya untuk mendapat keterangan mengenai harga, jenis transportasi, tujuan wisata dll. Happy holiday ya!
Back To Top