Amankan Website Kamu Dengan Beli SSL di Hostinger

Dwina.net -  Awal mula Saya  masuk ke dunia maya kira-kira tahun 1999 waktu itu masih zamannya Friendster, MirC, Yahoo messanger dan lain-lain. Zaman jadul banget itu dan hanya chating sana sini. Sama sekali ngga punya bayangan kalau 10 atau 20 tahun kemudian dunia digital ini akan berkembang pesat seperti sekarang. Maklum zaman itu masih pakai rok abu-abu yang hobbynya main melulu mana mikirin mau apa 10 tahun lagi. Anak SMU lah katakan.

Sampai pernah vakum sekitar beberapa tahun karena sama sekali ngga bersentuhan dengan computer dan sejenisnya. Seriously yang ada hanya kerja di pabrik dari pagi sampai petang kadang lembur sampai malam. Sampai sekitar tahun 2008 kembali masuk ke dunia digital tapi yang dikenal sekarang bukan aplikasi chit-chat lagi tapi dunia blog. Dengan ngeblog Saya jadi kenal apa itu domain, hosting dan SSL. Banyak perusahaan penyedia jasa hosting misalnya Hostinger. Kamu bisa beli hosting, domain dan sertifikat SSL di Hostinger loh.

Blog menurut Saya lebih nyaman karena selain bisa menyalurkan hobby menulis yang memang sejak dulu ada juga tetap bisa berkomunikasi lewat kotak komentar di bagian bawah blog. Jadi semacam interaksi yang lebih elegan karena yang dibicarakan lebih luas menyangkut segala topic yang ditulis oleh blogger tersebut. Pertama ngeblog Saya masih nempel sama blogspot tapi penasaran kalau ketemu web yang udah pakai nama sendiri untuk websitenya. Penasaran donk. Akhirnya tau deh kalau itu namanya domain, kalau mau punya domain beli hosting dulu terus yang kekinian nih pakai SSL supaya webnya jadi lebih aman. Beli SSL di Hostinger  aja biar anti bajak gitu. Eh, apasih domain, hosting dan SSL itu? Kupas satu-satu yuk.

hostinger
hostinger
Hosting
Sebelum ke domain kita ngomong hosting dulu ya. Hosting itu setau Saya tempat untuk menyimpan data bisa dalam bentuk tulisan, video atau gambar. Ilustrasinya begini. Kalau kamu mau bangun rumah kan dulu beli tanah dulu nih. Nah rumah itu ibarat websitenya dan tanah kavlingan itu hostingnya. Jadi kalau tanah kamu lebar kamu bisa punya banyak website. Jadi beli dulu tanahnya yang luas ya biar bisa bangun rumah banyak-banyak. Kalau dalam bahasa para blogger “ternak blog” gitu. Kalau sudah punya hosting sendiri bisa bikin web banyak-banyak kan. Hosting ini ada kapasitasnya sendiri loh. Jadi kalau mau banyakin web besarkan dulu hostingnya. 

Domain
Setelah beli hosting langkah selanjutnya Kamu kudu beli domain. Domain adalah alamat dari sebuah website. Lanjut dengan ilustrasi hosting tadi ya. Kalau rumah sudah kamu bangun tentu perlu alamatnya kan. Nah domain ini alamat yang akan menuntun orang menuju ke rumah atau website kamu. Alamat website ini bisa kamu tentukan sendiri. Bisa menggunakan nama kamu, spesifikasi kontennya atau apa aja. Saran Saya sih kalau memilih nama web lebih baik yang gampang diingat, unik dan umum jadi orang ngga lupa. Eh, domain ini selalu ada akhirannya ya. Biasanya kalau yang internasional (TLD) berakhiran .com, .net, .org, .info, .biz dll sedangkan yang regional atau khusus di Indonesia misalnya .id, .my.id, .ac.id, .mil.id, .or.id dll

SSL
SSL  (Secure Socket Layer) yang berfungsi untuk mengamankan sebuah website. Dengan SSL ini pengunjung yang datang ke website kamu akan melewati jalur yang terenkripsi antara server dan web browser. Bingung ya? Gini deh, salah satu pengaman dari rumah adalah membangun pagar. Nah SSL ini ibarat pagar yang melindungi rumah kamu dari pencuri. Jika memiliki website tentu yang harus kamu amankan adalah datanya agar tidak dicuri orang. Nah, SSL inilah yang akan melindunginya. Sebuah website yang sudah memiliki SSL akan lebih aman dari pencurian data. Kalau kamu datang ke sebuah web terus ada logo gembok hijau dan alamanya jadi https bla..bla..bla.. dan "S" itulah tanda kalau web tersebut sudah memiliki sertifat SSL.

Bicara soal SSL tentu kamu ingin membeli SSL di tempat yang juga terpercaya kan. Nah seperti yang Saya tulis di awal banyak loh perusahaan penyedia jasa hosting, domain, SSL dan website ini. Salah satunya Hostinger tadi. Beli SSL di Hostinger transaksinya mudah, pelayanan juga insya Allah cepat dan terpercaya. Buat kalian yang websitenya mau lebih aman bisa datang ke Hostinger ya. Biar web- nya lebih aman dan terliahat kece. Percaya deh, dengan satu huruf “ S” itu di web kamu udah bisa bikin iri blogger lainnya.

Tag : artikel
Back To Top