Selain Kurma Inilah Buah Kesukaan Rasulullah

Dwina.net - Semasa hidupnya Rasulullah menyukai kurma, kisah ini sudah banyak kita ketahui baik lewat hadist beliau yang berbunyi:

“Tidak akan lapar keluarga yang memiliki tamar” (HR Muslim)

Lewat hadist ini dapatlah kita ketahui bahwa Rasulullah memang menjadikan kurma sebagai makanan kesukaannya. Tapi ternyata tidak hanya kurma sajaloh yang disukai beliau. Ada beberapa buah yang juga kerap beliau makan seperti misalnya semangka.

Buah semangka sejak dulu memang sudah ada dan Rasulullah sering menggandengkan semangka dengan kurma. Seperti masyarakat kita yang menggandengkan durian dengan manggis sebagai penawarnya. Semangka juga demikian, ia mampu mengikat zat besi dalam kurma jadi makanlah kurma kemudian semangka. 

Lalu apakah hanya itu buah kesukaan Rasul? Tentu tidak ya, berikut selain kurma inilah buah kesukaan Rasulullah.

Delima 

magazine

Ada satu lagi buah yang disebutkan dalam hadist yaitu buah delima. Buah delima merupakan salah satu buah yang sangat tekenal dengan kandungan nutrisinya. Buah delima berasal dari india utara, Pakistan, iran dan afganistan. Buah ini berwarna orange kekuningan , merah da nada juga yang berwarna ungu. Isinya berwarna merah jambu dan mempunyai biji kecik yang banyak. Dalam sebutir buah dellima terdapat 440 – 500 biji rasa buahnya manis dan segar.

Para ilmuwan meneliti buah ini menemukan kandungan zat dan garam mineral yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Buah delima dapat dimanfaatkan untuk memproduksi antibody sehingga tubuh lebih kebal terdahap penyakit. Fungsinya yang lain adalah untuk mengobati desentri diare serta mengatasi permasalahan pencernaan.

Kulitnya pun bermanfaat kulit pohon delima dimanfaatkan untuk menghilangkan cacing dari kulit yang akan disamak setelah kulit dibersihkan dan didihkan. Adapun kulit pohonnya dapat diolah untuk meredakan batuk perwana pakaian dan pengawet pakaian. 

Hadist Rasulullah tentang buah delima:

"Aku mendengar bahwa di bumi ini tidak ada buah delima, kecuali ia ditumbuhkan dari biji yang berasal dari surga" (HR at-Tabrani)

Timun

congerdesaign

Timun adalah jenis sayuran yang bisa dimakan bentah, di buat jus diparut atau dimansak. Hasil riset kesehatan menemukan kandungan air yang tinggi hingga 90 persen untuk memperlancar buang air kecil. Membantu menghingalkan dan menetralkan toksin serta membantu menggelotrkan bakteri bakteri di sepanjang usu dan dindign kandung kemi. Hadi mentimun sangat untuk pencernaan.

Kandungan air dan mineral dalam timun juga dapat mengeluarkan asam urat dan sisa metabolism melalui ginjal. Fungsinya yang lain yaitu menurunkan hipertensi. Iris mentimun dan kompters pada mata akan membuat mata segar kembali. Mentimun yang dihaluskan pula jika dioleskan secara teratus pada paha dan bokong akan dapat menghilangkan selulit.

Hadist tentang nabi yang memakan timun:

"Nabi SAW pernah memakannya (mentimun) bersama kurma segar" (HR Bukhairi)

Selain kurma inilah buah kesukaan Rasulullah
Habbatussauda

gocalp iskan

Pada zaman dahulu habbah sauda atau jintan hitam lebih sering digunakan sebagai bumbu masak yang dicampurkan dalam makanan atau asinan. Namun ternyata habbatussauda memiliki segudang manfaat. Nabi Muhammaad saw telah mengabarkannya kepada kita sejak berabad-abad yang lalu dalam hadist beliau

“Sesungguhnya di dalam habbatussauda terdapat obat untuk segala penyakit kecuali kematian (HR. Bukhairi)

Habbatussauda berasal dari timur tengah tepatnya mesir. Tanaman ini terbukti dapat megobati berbagai macam penyakit. Bijinya berearna hitam dan berbentuk konjong. Buahnya berbentuk mirip kapsul dan didalammnya terdapat benih berwarna ptuh dengan bentuk segi empat. Warnya cepat sekali berubah menjadi hitam jika tekena udara.

Hadits nabi Muhammad tentang khasiat habbatussaudah mendorong para ilmuwan utntuk meneliti kebenarannya. Hasil yang didapat sungguh luar biasa. Habbatussauda terbukti dapat dimanafaatkan untuk menyembuhkan radang paru-paru penyakti saluran kencing aneka penyakti kulit asma hipertensi infeksi saluran pernafasan dan merangksang pertumbuhan system imunitas tubuh sehingga penyakit dengan tidak mudah menyerang. 

Saat ini kita bisa mendapatkan habbatussauda dengan mudah dan dalam kemasan yang diinginakan. Ada habbatussauda yang berbentuk kapsul minyak atu serbuk. Namun lebih baik mengkonsumsi habbatussauda yang masih dalam bentuk biji karena belum terlalu banyak kena olahan.

Source: 101 fakta unik islam


Back To Top