Tips Beli Rumah Impian Meskipun Penghasilan Kecil

Dwina.net - Tips beli rumah impian meskipun penghasilan kecil kayaknya ngga mungkin ya, Mak. Lah gimana mau beli rumah sementara buat makan aja masih keteteran. Mak, jangan lupakan satu hal yang paling most important ini. Alloh ada bersama orang-orang yang punya niat baik. Ketika niat baik di ukirkan apalagi dilafaskan maka malaikat mencatatnya. So, jangan putus harapan.

Punya rumah impian? hmm siapa sih yang ngga mau tinggal di rumah sendiri, ngga ngontrak, ngga numpang sama orang tua or mertua, bisa urus keperluan rumah dari A-Z dan bisa menata rumah sesuai keinginan. Terus nanti ada yang ngomong. "Eh, aku tinggal di rumah orang tua tetep tuh bisa atur perabotan sesukaku" Yakin? 

ilustrasi rumah impian, ntar kalo udah jadi kenyataan, rumahnya real. thank to Robert Owel Wahl

Mak, punya rumah impian itu ngga mesti yang gueeedeee kayak rumahnya Raffi Ahmad atau Anang-Asyanti. Karena pemikiran orang beda-beda. Ada kok yang punya duit banyak tapi milih rumah nan minimalis aja. Kenapa? alesan mereka ntar tuanya ngga capek bersihinnya. Anak-anak udah pergi, penghasilan berkurang, rumah sepi dan syerem. Punya rumah minimalis sesuai budget akan terasa lebih realistis daripada pingin rumah besar tapi cuma sebatas pingin tapi ngga bisa wujudin. Dan  satu lagi, Mak. Alloh tahu apa yang kamu butuhkan. Nah, kalau udah kek gini beli rumah impian udah mulai kerasa real kan.

Tips beli rumah impian meskipun penghasilan kecil

Ada beberapa tips yang saya sendiri sudah mengalaminya. Yup ini hanya berdasarkan pengalaman saya pribadi ya, bukan nyulik-nyulik tips dari google. Jadi postingan ini semacam curhat aja gitu. wkwkwkkw

Menabung

 
Nathan Kanachaprat

Ini mutlak ya, Mak. Saya punya kebiasaan jika ingin membeli sesuatu jika belum dapat saya akan menabung dulu. Bener-bener tahan keinginan kecuali kalo emang urgent banget. Kadang kita sering ya, beli barang tapi barang itu sebenere ngga perlu-perlu amat. Kayak tupperware misalnya. hahahhaa di tabok mamak pengkoleksi tupperware ntar. 

But, serius lo, ini berlaku di aku. Coba deh lihat isi dapur berapa biji perabotan dapur yang hanya disimpan di dalam lemari? jarang banget dipakenya. Yang di pake mung itu-itu doang. Mubazir ngga tuh? Kalau kata temen sih mubazir banget. Jadi sejak tercerahkan dan aku mulai punya misi untuk punya rumah impian, segala barang dapur, kosmetik, pakaian semua aku skip, Mak. Demi apa coba? biar tabungannya nambah.

Banyakin sedekah

majelis tausyiah cinta

Sedekah mendekatkan kita pada Sang Maha Pemberi. Sedekah bukan untuk menipiskan harta tapi sebaliknya, asal percaya. Hemat di kebutuhan tapi boros di sumbangan. Coba deh tanamkan itu. Pilih nominal yang kamu rasa besar untuk disedekahin. Dan sedekah ngga cuma uang, bisa dengan sedekah tupperware. wkwkkwkw

Coba lihat isi rumah, isi lemari, isi dapur mana barangan yang udah lama kesimpen tapi kondisi masih bagus. Sedekahin aja. Pasti Alloh ganti dengan yang lebih baik. Ini janji Alloh loh, ngga bakan bohong Dia mah. Mungkin kita simpan barang itu karena sebenernya ngga perlu-perlu banget. Cuma pengen beli aja. Tapi bisa jadi di tangan orang lain ianya berguna banget. 

Yuk ah, sisir isi rumah, susun bagus-bagus terus hubungi badan zakat, atau komunitas-komunitas sosial yang bisa mengurus kemana barang itu akan disalurkan.

Jauhi hutang apalagi riba

nasihat sahabat

Riba seperti kita berenang di lautan nanah. Hindari semaksimal mungkin untuk berurusan dengan riba termasuk beli rumah. Banyak kisah dari teman-teman yang membeli rumah dengan bunga yang katanya murah eh tau-tau sebenernya mencekik banget. Cicilan sampe belasan tahun kan ngga enak ya. Tahan diri dulu, lebih baik naik ke tips yang pertama dan kedua tadi, Mak.

"Terus kalau cuma itu kapan bisa punya rumah sendiri? kan ngga papa beli rumah dengan di cicil. Ntar cicilannya habis rumahnya bisa jadi milik sendiri. Dari pada ngontrak terus"

Yup, bener ini mah. Cuma lebih baik berurusan dengan kredit rumah syariah. Coba deh datangi developer yang memprogramkan kredit rumah bebas riba. Sekarang banyak kok pengusaha properti muslim yang beralih ke sini. Emang sih katanya rumah yang di jual itu lokasinya jauh dari kota. But, tanpa kita sadari perkembangan semakin jauh melesat. Bisa jadi yang sekarang rumahnya di pojokan eh tau-tau udah ramai aja. Dan kalau kita beralih ke sistem kredit rumah syariah kita telah membantu pengusaha muslim untuk lebih bergerak maju menguasai pasar. Bener apa bener.
Keuntungan membeli rumah dengan sistem syariah
Pastinya lebih baik dari pada rumah dengan sistem riba. Emang sing mereka ngga bilang ini rumah riba. Tapi dari akad nya aja kita udah bisa tahu. Coba datangi bank-bank syariah yang punya menu pembelian rumah bebas riba atau agen developer rumah dengan sistem syariah untuk lebih jelasnya, Oke Mak.

Yup itulah tips beli rumah impian meskipun penghasilan kecil. Aku ambil 3 point yang menurutku paling penting. Semacam induknya gitu. Kalau mau dijabarin sak printilannya bisa panjang banget. Mung ujung-ujungnya kembali kepada yang tiga itu kok mak. Niat yang baik, banyakin sedekah, kurangi membeli barang yang ngga perlu, menabung dan jangan beli rumah dengan sistem riba. Semoga dimudahkan ya, Mak. Amin.




Back To Top