Jadi Panitia Pesta Pernikahan Perlu Pakai Baju Seragam Ngga Sih?

Dwina.net - Bahasa kerennya dress code, meskipun keuangan minim menurut sebagian orang dress code itu penting. Kalau menurut kalian gimana?

Galina Krupoderova

Sudah menjadi trend di kalangan masyarakat untuk tampil lebih wah dari tahun ke tahun. Btw, sebelum membahas lebih panjang Aku mau nanya dulu nih, gimana tahun baru kalian? Apa resolusi yang ingin dicapai atau milih mengalir laksana air aja? Oh satu lagi, buat masyarakt JABODETABEK semoga tabah menghadapi banjir ya.

Sengaja Aku tulis disini supaya ingat bahwa di awal tahun 2020 JABODETABEK mengalami musibah banjir yang konon paling parah selama 15 tahun belakangan ini. Kawan, ini artinya kita memang kudu benar-benar serius menjaga alam. Bukan slogan atau wacana saja. Okelah masalah sampah dan akibatnya ntar aja kita bahas di postingan berikutnya.

Well, maafkan authornya yang suka melang meleng kalau nulis ya. Wwkkwkw.
Sebenarnya Aku lagi pingin membahas soal dress code. Kalau dulu seingatku dress code dipakai untuk acara penting seperti kematian, acara partai atau acara resmi lainnya. Namun semakin kesini dress code sepertinya sudah menjadi kewajiban. Misalnya kayak pesta-pesta gitu. Nah, pertanyaanya seberapa pentingnya dress code dalam sebuah acara.

Ada sebagian orang yang sangat mementingkan dress code dalam sebuah acara pesta dengan alasan biar para tamu tau siapa keluarga besarnya dilihat dari dress codenya. Kalau hal ini yang menjadi alasan rasanya masih bisa diterima sebab saat pesta pernikahan itulah umumnya semua keluarga besar hadir. Penampilan yang beda lewat dress code yang dipakai membuat tetamu dapat membedakan mana keluarga dan mana tamu lainnya.

Namun tidak jarang dalam sebuah pesta pernikahan yang diberikan baju seragam tidak hanya keluarga tapi juga teman-teman komunitas. Apalagi sekarang sedang terjadi trend grup WA dimana anggota grup akan memakai baju seragam ketika hang out atau kumpul bareng. Nah, kalau udah gini tentu masalah seterusnya mengenai biaya.

Sudah jadi pengetahuan bersama kalau pesta pernikahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit terutama urusan konsumsi. Wajar sih, sebab pesta berkaitan dengan menjamu makanan untuk orang banyak. Nah, dengan pengadaan dress code tentunya budget pesta bisa lebih bengkak, apalagi kalau mikirnya para teman-teman komitas atau grup juga kudu pake dress code.

Kalau beli kainnya hanya 4 meter mungkin masih dibilang ringat, tapi kalau belinya 4 meter dikali 40 orang apa masih dibilang ringan? Padahal jika ingin lebih low budget, dress code bisa ditiadakan. Sebab saya yakin setiap orang yang datang ke pesta tentu ingin tampil cantik dan pasti memilih baju yang menurutnya paling cantik.

Dan for your information, ngga semua orang suka loh dikasih kain untuk dibikin baju seragam. Sebab kalau dikasih kainnya doang berarti harus ngeluarin biaya untuk menjahit bajunya kan. Sukur-sukur kalau dikasih stelan baju jadi ngga perlu ngeluarin biaya njahit.

Lahh kalau dikasihnya Cuma kain kan kudu bayar upah jahitnya ya. Terus apakah baju itu akan dipakai seterusnya? Kebanyakan yang terjadi ngga begitu. Saat pesta lain datang maka dress codenya sudah beda lagi. Ehaaakkk

So, kalau menurutku sih, urusan dress code sebaiknya dipikirkan matang-matang bukannya apa, kalau menyebabkan mubazir biaya untuk apa dipaksain yekan. Aku rasa orang-orang juga faham kalau ngga ada dress codenya. Toh, mereka punya baju yang ngga kalah bagusnya.

Solusinya kalau tetap pingin seragam baiknya dalam rapat didiskusikan mau pakai baju warna apa, supaya lebih mudah menyesuaikan. Misalnya tema pengantin warna gold. Nah kita sebagai keluarga boleh pilih warna yang berbeda, missal biru. Diskusikan dulu apakah banyak anggota keluarga yang punya baju warna biru. Jika sedikit yang punya, boleh ganti dengan warna lain.

Pemilihan warna untuk supaya kelihatan seragam jadi lebih mudah sebab kebanyakan orang sudah punya baju dengan warna macam-macam. Solusi ini sekaligus bisa memotong budget dress code dan harapannya tuan rumah jadi lebih ringan soal biaya.

Yang penting dalam sebuah pesta adalah barokahnya, jadi jangan sampai kehilangan barokah hanya karena ngurusin baju seragam ya. Happy party….





Tag : Fashion
Back To Top