Ternyata Ini Manfaat Sarapan Bagi Tubuh yang Tidak Boleh Dilewatkan

Dwina.net -  Layaknya kendaraan yang sudah berdiam semalaman maka sebelum digunakan perlu dipanaskan. Begitupun halnya tubuh yang memerlukan sarapan untuk memulai hari, so jangan dilewatkan ya.

manfaat sarapan
pixabay


Orang tua-tua dulu selalu mengingatkan anak-anaknya untuk sarapan sebelum beraktifitas sebab meskipun ngga sekolah tinggi mereka tau kalau sarapan memiliki manfaat yang baik. Namun kini alasan sibuk, terburu-buru dan tidak sempat menjadikan orang abai untuk sarapan. Padahal sarapan memiliki banyak manfaat. Misalnya:

Melindungi tubuh dari penyakit dan makan berlebihan
Sarapan sehat dipagi hari akan melindungi tubuh dari penyakit sebab menurut sebuah studi yang meneliti kebiasaan sarapan sekelompok orang didapati mereka yang sarapan cenderung lebih sehat dibanding yang tidak sarapan. 

Selain itu ketika siang kalori yang dikonsumsi mereka yang sarapan lebih sedikit daripada yang tidak sarapan. Sebab secara alamiah jika orang tidak sarapan maka siang hari terasa lebih lapar sehingga lebih tidak terkontrol dalam mengkonsumsi makanan.

Sarapan membuat orang lebih fokus
Fokus pada sebuah pekerjaan yang dilakukan itu penting ya. Sebab sebelum memulai pekerjaan perut sudah terisi dengan sarapan sehat sehingga menjadikan otak juga ikut ternutrisi. So jangan lewatkan sarapan supaya lebih fokus ya.

Sarapan dapat meningkatkan mood atau semangat
Sering merasa lesu dan ngga semangat memulai hari? coba deh sarapan dulu supaya mood kamu kembali lagi. Pilih sarapan sehat seperti buah, atau makanan manis tapi masih rendah gula. Jamin kamu bakal lebih bersemangat.

Sarapan membuat tubuh ternutrisi dengan baik
Jika kalian memilih sarapan sehat dipagi hari maka asupan nutrisi sudah dapat terpenuhi di pagi hari. Ini akan membantu menunda lapar karena serat, mineral, zat besi dll yang baik sudah masuk ke tubuhmu di awal hari.

Sarapan membantu mengobati sakit maag
Ada yang bilang sarapan air hangat yang diberi perasan jeruk lemon dan madu dapat mengakibatkan naiknya asam lambung. Ini pendapat yang benar-benar salah ya. Nyatanya sudah banyak penelitian yang dilakukan bahwa air hangat dengan perasan lemon dan madu justru dapat mengobati sakit maag. Asal setelahnya kamu ngga makan gorengan atau makan-makanan yang ngga sehat ya.

Turunkan berat badan dengan sarapan
Percaya deh dengan sarapan sehat dan teratur berat badanmu akan lebih terkontrol dan bisa turun juga. Karena nutrisi sudah kamu penuhi di pagi hari sehingga tubuh jadi happy. Ketika tubuh happy dia bisa mengikuti apa keinginanmu termasuk ingin turun berat badan.

manfaat sarapan
pixabay

Berikut beberapa menu sarapan sehat yang bisa kamu jadikan pilihan.
  1. Selembar roti gandum + telur rebus + Sayuran kemudian beri garam dan minyak zaitun.
  2. Kurma 5 butir + air hangat dengan perasan lemon + madu.
  3. Smoothies alpukat + mix granola + chia seed.
  4. Salad buah + mix nuts + yogurt plain
  5. Salad sayur + zaitun + chia seed + sedikit mayo.
  6. Bubur ayam + sepotong kecil ikan panggang

Setelah sarapan sehat jamin deh kamu lebih semangat jalani hari. Dan ingat ketika siang makan seperti biasa dan malamnya makan di bawah jam 7 atau jika sudah kelewatan cukup makan buah atau sayur saja ya.
Back To Top