Belajar Hidup Sehat dari Dr. Zaidul Akbar

Dwina.net - Dulu kalau makan yang penting enak, sekarang biarpun enak tetap mikir dulu, ini sehat apa ngga. 

jurus sehat rasulullah
from ig. Dr. ZA

Dr. Zaidul Akbar atau lebih dikenal dengan naman Dr. ZA kini sedang booming banget. Beliau gencar mengajarkan umat untuk mengubah pola hidup terutama yang bersumber dari makanan untuk lebih sehat. Tujuannya begitu mulia, agar umat ini semakin takwa kepada Alloh.

Awal tau akun beliau lewat teman yang sedang berusaha menjalani promil. Kita tau kan kalau pasangan menikah itu yang dicari salah satunya adanya anak sebagai penyambung keturunan. Nah, teman saya ini memposting tentang air kunyit yang dicampur kayu manis, madu dan jeruk nipis. Kepo donk. Dari mana dia terinspirasi. Dipostingannya juga di cantumkan akun Instagram sang Dokter. Udah deh aku meluncur ke sana. Daannnnn.... langsung jatuh cinta sama postingan-postingannya. Cocok untuk diet nih. Gitu mikirnya. Eh, serius mau diet?

Yup, sejak menikah berat badanku naik, apalagi setelah melahirkan anak ke 2. Nyaris 60 kilo. Sebelum menikah BB ku dibatas 47 aja. Kebayang betapa kakiku kesulitan menahan bobot tubuhku. Aku jadi gampang capek, mudah marah, emosi ngga stabil dan kalau sudah emosian bawaannya makan. Gimana ngga makin ndut coba.

Udah pernah jalani diet tapi ngga ada yang berhasil karena waktu itu mindset nya hanya ingin menguruskan badan. Bukan hidup sehat untuk lebih meningkatkan ibadah kepada Alloh. Bukan. Jadi niat awal memang udah ngga bener kan.

Lah terus akhirnya gimana kok bisa kepikiran mau ikut sarannya Dr. Zaidul Akbar?

Pertama Brain Wash
ElizaRiva/Pixabay

Cuci otak gaes. Iya otak ku, aku masukkan dalam larutan kesadaran bahwa Rasulullah itu ngga pernah kenyang selama hidupnya. Bahwa beliau hanya makan sedikit dan sering lapar. Ngga kayak aku yang dikit-dikit makan dan sering kenyang. Bahwa hidup bukan untuk makan, tapi makan untuk hidup. So, kalau dengan makan dikit udah bisa hidup kenapa kudu makan banyak?

Itulah makna yang aku tangkap dari apa yang disampaikan beliau dalam akunnya. Akupun mikir, bener juga ya. Aku umat Rasulullah, seharusnya aku mencontoh apa yang dicontohkannya. Sebisa mungkin semaksimal mungkin. 

Dari situ mulai kekeh niat aku harus benerin cara hidupku terutama soal apa yang masuk ke mulutku. Agar yang keluar juga bagus. Maksudnya gimana?

Ada kalimat bijak yang entah dimana aku dapat kalau kita sering makan-makanan yang ngga sehat maka perkataan yang keluar dari mulut juga ngga sehat. Sering gibahin orang, mencari-cari kesalahan orang, ngga mau lihat kesalahan diri sendiri, pokoknya di kelilingi nafsu ngga baik akibat isi perut deh.

Terus kalau makanan yang masuk juga ngga baik, waktu dikeluarin dalam bentuk ampas juga ngga baik. Jadi susah BAB, sakit di sekitar alat pembuangan, mules ngga karuan. Kan bikin bad mood tuh, belum lagi urusan menstruasi yang ngga bener, semua gegara apa yang aku makan selama ini. 

Lah emang selama ini makanan yang dikonsumsi ngga sehat?

Lebih banyak emang ngga sehatnya gaes, aku banyak makan nasi putih, senengnya yang ngepul-ngepul itu loh. Apalagi kalau lauknya cocok, udah deh enak banget nambahnya. Belum cemilannya juga ngga sehat. Makan buah ada sih tapi jarang........... banget.

Kebiasaan makan malam juga aku lakoni, udah gitu makannya bukan jam 5 atau jam 6 gitu. Tapi jam 7 atau jam 8. Sementara jam 9 aku udah tidur karena harus bobokin si bocah dan bayi. Abis gitu kalau kebangun malem ngemil segala apa yang ada di meja. Duh pokoknya ngga beres deh.

Apa manfaat yang didapat setelah ikut program memperbaiki pola hidupnya Dr. Zaidul Akbar?

Jill Welington/Pixabay
Badan rasa lebih enteng, ngga gampang capek. Eh, ini kenapa kayak iklannya Le Mineral ya wkwkkwkw. 

But serius gaes aku merasakan betul manfaat ikut pola hidup sehatnnya beliau. Badan emang jadi enteng karena beratnya turun. Sekarang limit BB 47 aja, udah kayak berat badan pas zaman gadis ini. Alhamdulillah. 

Terus mood juga jadi lebih baik karena pikiran ngga dipengaruhi sama makanan-makanan enak yang berseliweran di sekelilingku. 

Jadi lebih pilih-pilih kalau makan, kalau enak tapi ngga sehat ya tinggalin aja. Kalau tetep ketemu dan ngga ada pilihan lain ya makan dikit aja. Kalau ada yang lebih sehat, pilih yang itu. 

Menurut Dr. ZA makanan yang harus dihindari ada 4:
  • Nasi
  • Tepung
  • Gorengan
  • Minyak 
Apakah ke empat makanan ini aku total aku tinggalin?

Ngga kawan, aku masih makan ke empat produk makanan itu. Karena menyesuaikan dengan keluarga. Anak-anak masih kecil dan butuh variasi makanan, suami juga belum mau ninggalin dan sebagai penguasa dapur tentu aku harus mendengarkan aspirasi rakyatku dalam hal ini keluargaku kan. 

Terus apa bedanya dengan sebelum ikut program Dr. Zaidul?

Pexel

Wkwkwkw ini kayak tanya jawab jadinya ya. Jadi gini, ke empat makanan itu memang belum totally aku tinggalkan tapi aku kurangi khusus untuk diriku sendiri. Kayak misalnya kalau bikin tempe ya tetep masih pakai tepung soalnya suami dan anak-anak belum bisa makan tempe mentah kayak aku. Ya udin.... mereka aku bikinin tempe goreng tepung aku makan yang mentahnya aja.

Terus nasi, dulu sekilo beras bisa habis dalam waktu hanya 3 hari. Sekarang sejak aku jauuuh sekali mengurangi nasi dalam hidupku, sekilo beras bisa habis dalam waktu 5-6 hari. So, ketauan kan siapa yang tukang ngabisin beras di rumah?

Jadi awal ikut programnya beliau aku totaly ninggalin ke empat bahan ini khusus untuk diriku. Setelah 3 bulan berjalan dan berat badanku kembali ke posisi semula aku pelan-pelan makan ke empat bahan di atas tapi dalam jumlah yang sangat kecil sekali. Kayak nasi, aku hanya makan nasi sehari sekali itupun hanya setengah sendok nasi. Kalau pake suapan tangan ya... lebih kurang 4 suap aja ntu nasi udah abis sangkin dikitnya.

Banyakin makan buah. Apa aja yang penting bukan durian. Aku lebih mendekatkan diri pada buah. Usahain buah ada di rumah tiap hari. Dan anak-anak akhirnya ngikut makan buah, sebab cemilan mereka berubah jadi jajanan ntah hapa-hapa eh, ganti buah. Karena No Choice yang akhirnya makan buahlah mereka.

Gorengan juga gitu. Aku kepingin beli air fryer tapi mahal, pingin beli pemanggang biasa juga belum bisa. Jadi ya masih goreng-goreng tapi pake minyak dikit... aja. Kalau bisa di rebus ya rebus atau kukus gitu.

Alhamdulillah pelan-pelan berat badan turun dan ngga ada beban sebab niatnya memang pingin hidup sehat bukan pingin nurunin berat badan aja kayak yang udah-udah. Kalau kalian gimana? ceritain pengalaman kalian selama mengikut program Dr. ZA ya. Terima kasih....

Tag : kesehatan
Back To Top