Share Manfaat Naiknya Iman Karena Program Hidup Sehat Dr. Zaidul Akbar

Dwina.net - Karena sesungguhnya Alloh menciptakan Jin dan Manusia hanya untuk beribadah kepada-Nya

Steve bidmead

Jadi Kawan, postingan kali ini adalah lanjutan dari sebelumnya. Kok pake bersambung sih kayak sinetron aja. Wwkwkkw. Kalau dibikin satu post pasti kepanjangan dan aku khawatir kalian bosan. 

Ngomongin hidup sehat ini ngga bisa sebentar kawan, niat, semangat dan tujuan harus kita upgrade terus supaya ngga kendor. Jangan niat dan semangat meluap-luap di awal tapi melempem di akhir. Hidup sehat itu berarti menjalani hidup sehat dari hati, pikiran dan perbuatan terus menerus sampai ajal menjemput. 

Tujuannya untuk apa sih?
Ningkatin takwa, kawan. Bukankah Alloh sudah kasih semua yang kita ingin, bahkan sebelum diminta Alloh udah kasih. Coba deh pikir bener-bener. Saat gerah banget, eh ada angin sepoi-sepoi gitu yang bikin nyess banget. Kita minta ngga itu? ngga gaes, tapi Alloh kasih hanya karena ketika itu kita merasa kegerahan. Terus nikmat manalagi yang kita mau dustakan?

Makanya menjaga hidup sehat itu penting.
Pertama cari sesuatu yang bisa dijadikan motivasi
Menurutku ini penting, sebab sesuatu yang memotivasi itu akan menimbulkan semangat dan harapan untuk bisa jadi lebih baik. Saya sendiri memotivasi diri dari cara hidup Rasulullah. Memang saya akui, Saya masih jauuuuhh sekali dari cara hidup sehatnya Rasulullah. 

Bahkan dalam satu riwayat yang diceritakan oleh Dr. Zaidul Akbar. Rasulullah itu pernah dalam sebulan hanya minum air zam-zam dan kurma saja. Bayangin gimana tawadhunya Beliau. Dan saya rasanya belum bisa seperti itu.

Tapi memotivasi diri lewat cara hidup beliau rasanya juga tidak salah, karena beliaulah satu-satunya manusia agung yang Alloh ciptakan untuk memberi contoh tauladan yang baik. 

Kalaulah belum bisa hidup seperti Rasulullah setidaknya bisalah mengikuti 2 persen atau 7 persen cara hidupnya. Atau mungkin sedikiiitt dari cara hidup beliau. Misalnya mengazamkan pada diri bahwa kita hidup bukanlah untuk memenuhi nafsu dengan segala makanan yang walaupun halal belum tentu baik. 

RitaE

Lho kenapa makanan halal pun ngga baik?
Kawan, semua yang Alloh ciptakan di bumi ini adalah untuk manusia. Agar manusia bisa menikmati hidup dengan baik di bumi. Namun, diantaranya ada yang halal dan haram. Kalau soal halal haram tentunya kita sudah sepakat semua ya. 

Diantara makanan yang halal itu Alloh kasih lagi pilihan, yang baik dikonsumsi, yang kurang baik dan yang tidak baik. Manusia di suruh memilih. Kenapa harus memilih karena dalam makanan pun ada ujiannya untuk meningkatkan takwa kita pada Alloh.

Makanan seperti tepung, nasi, minyak, dan gula itu memang baik, namun jika berlebihan itu tidak baik. Ini pilihan sama ada kita masih terus mau makan sepuasnya tanpa mikirin baik buruknya atau makan secukupnya untuk kesehatan diri. 

Sebab berapa banyak orang yang mati karena pola makan yang tidak sehat? mengikuti nafsu perut sehingga memakanan apapun dengan dalih yang penting halal dan mumpung masih hidup? Padahal Alloh tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. Lagi satu, jika perut penuh maka ibadah jadi malas. Serius, coba deh pikir dengan baik.

Bagaimana kita tahu bahwa makanan yang kita makan itu baik untuk tubuh?
Gampang! Tiap kita punya lambung dan lambung ini kata Dr. Gia Pramana dan Dr. Zaidul Akbar sangat berhubungan erat dengan otak. Jika lambung dimasuki makanan sampah atau makanan yang ngga baik efeknya pada otak jadi kacau dan menurunkan mood. Efek buruknya menimbulkan penyakit dari mulai gejala ringan seperti sakit kepala, perus begah sampai diare. Kalau udah gini apa yang kita lakukan? ke RS kan... terus gimana ibadahnya? mandeg.

Karena terbaring sakit yang ada ibadah kurang, sholat susah, puasa ngga bisa, ke taklim juga ngga bisa, sedekah macet karena kudu bayar biaya RS. Bener ngga?

Berbeda kalau kita berhati-hati dalam memilih makanan apa yang masuk ke dalam mulut. Makanan yang utuh kaya mineral, zat besi, vitamin, serat serta berbagai nutrsi baik yang jika diterima lambung, Ia akan hepi mencernanya. Jika lambung hepi makan otak juga akan hepy, mood juga hepy. Gimana ngga hepy coba? wong yang masuk ke lambung itu yang di sukainya.

Makanan apa yang ngga baik untuk tubuh?
Makanan yang miskin nutrisi. Nutrisi maksudnya sudah mencakup semua aspek zat baik yang diperlukan untuk tubuh ya. Kayak misalnya nasi, sekarang nasi putih kualitas nutrisinya sudah jauh berkurang akibat pencucian yang berkali-kali bahkan menggunakan pemutih. Sehingga nutrisi dalam nasi tergerus yang hanya meninggalkan glukosa atau gula.

Sementara sepanjang tubuh manusia dari ujung rambut sampai ujung kaki kita hanya membutuhkan gula sedikittttt aja. Kayak ibaratnya cincin pernikahan yang kita pakai. Nah tubuh kita hanya butuh gula sekecil cincin itu. Lah terus kenapa kita nekat makan lebih dari itu? Ini bukan kataku loh ya, ini kata Dr. Gia Permana yang akun twittnya sering aku kepoin wkkwkwkw.

Silfiarita

Beneran ibadah bisa up kalau kita mengkonsumsi makanan sehat?
Beneran.... ngga percaya buktiin deh. Makanya brainnya di wash dulu biar clean. Biar ngga mikir yang aneh-aneh kayak misalnya. Halaaah hidup cuma sekali, ya puas-puasin lah. Atau orang sehat juga bakal mati kok. 

Hadoooh pemikiran kayak gini salah kawan, segera ambil penghapus dan hapus ya. Sebab kalau kita memasukkan makanan yang sehat otak juga bisa mikir sehat. Setuju? kalau otak mikirnya udah sehat, segala nasihat baik akan mudah di terima. Setuju? Nasihat-nasihat baik itu biasanya akan berhubung erat dengan peningkatan ibadah kepada Alloh. Setuju?

Hati akan jadi lebih peka ketika pikiran sehat. Kita akan jadi lebih sering berbagai karena kita tau yang kita butuhkan itu ngga banyak-banyak amat. Perut cuma sejengkal gaes. Hati juga akan lebih lembut dan menyadari kesalahan yang selama ini kita buat. Entah itu menzholimi diri sendiri atau orang lain.  Akhirnya apa? balik ke sajadah, ibadah, sedekah, jauh dari gibah dan segala yang tidak disukai Alloh dan Rasulullah. So? kapan mau hidup sehat? Sekarang ya!
Back To Top