Tips Mengolah Daging Agar Empuk dan Ngga Bikin Emosi Saat Makan

Dwina.net - Makan daging tapi ekspresi wajah mengerikan. Oh No! Saatnya kamu tetap syantik meski sedang menyantap daging.

cara mengolah daging
pixabay

Daging adalah sumber protein hewani yang jika diolah menjadi satu makanan yang sangat lezat dan tentunya akan banyak di sukai oleh semua kalangan, dari anak kecil hingga dewasa. 

Daging merupakan bahan pangan yang mudah rusak jika tidak disimpan dengan baik. Selain mempunyai harga yang lumayan mahal mengolah daging agar menjadi satu santapan empuk juga memiliki cita rasa lezat tidaklah semudah itu. 

Namun sebelum membahas cara mengolah daging sebaiknya untuk mengetaahui terlebih dahulu bagaimana cara memilih daging yang baik. 

Saat membeli daging sebaiknya perhatikan hal-hal seperti berikut ini, carilah daging yang berwarna merah namun tidak berair atau mengeluarkan air. Kemudian cobalah untuk menekan daging tersebut, karna daging yang bagus akan memiliki tekstur yang kenyal juga beraroma segar. 

Jika membeli daging dipasar, sebaiknya jangan tergiur dengan daging berharga murah, kana bisa saja daging tersebut memiliki kualitas yang jelek sehingga dibandrol dengan harga yang murah. dan yang terakhir, disarankan untuk memilih daging yang dipotong berdasarkan bagian tubuhnya, sebab setiap bagian tubuh daging dimasak dengan cara yang berbeda. 

Setelah mendapatkan daging yang berkualitas baik, sebaiknya diolah juga dengan benar agar dapat menghasilkan satu masakan yang lezat. Untuk itu pertamakali yang dilakukan adalah mencuci daging tetapi jangan terlalu lama, karna jika direndam atau dicuci terlalu lama akan membuat warna daging menjadi pucat dan juga hilangnya kandungan gizi yang ada pada daging. 

Agar daging menjadi empuk juga tidak menempel satu sama lain, potonglah daging dengan  melawan arah serat atau secara melintang. Tedapat beberapa cara untuk mengolah daging yaitu, 

Pertama daging dapat diolah dengan cara direbus, pilih lah daging bagian perut yang sudah dipotong dengan ukuran kecil, kemudian tunggu air sampai mendidih barulah masukan daging dan tunggu daging sampai melunak, lalu kecilkan api jika daging sudah matang sempurna. 

Karena bagian ini memiliki tekstur yang kasar juga lebih keras dari bagian daging lainnya, maka dibutuhkan waktu yang lama juga untuk merebusnya. Kini ada juga sistem 5 - 30 -7, eh apa tuh?

5 30 7 artinya rebus daging dengan air mendidih selama 5 menit, kemudian matikan api selama 30 menit, ingat tutup rapat saat panci saat api dimatikan. Terakhir rebus kembali selama 7 menit. Hal ini akan memudahkan Anda mendapatkan daging empuk dan hemat pengeluaran gas.

tips mengolah daging
pixabay

Selanjutnya, 0lahan daging dengan cara ditumis, usahakan jika ditumis pilihlah daging bagian has dalam dan potong sampai tipis, hal yang pertama dilakukan ialah bumbui daging dengan merica, garam dan minyak zaitun secukupnya. Kemudian tumislah dengan api yang besar agar daging cepat matang dengan baik. 

Kemudian mengolah daging dengan cara di panggang, pilihlah daging bagian paha dan potong dengan ukuran agak besar, kemudian rendam daging dengan bumbu sekita kurang lebih dua jam, setelah itu masukan daging kedalam oven yang bersuhu 190-200 drajat celcius, selama 2-3 jam waktu yang diperlukan didalam oven tersebut.

Selain itu daging dibakar seperti biasanya, daging direndam dengan bumbu 1-2 jam agar terasa meresap kemudian dipotong dadu dan ditusuk dan di bakar di atas bara api. 

tips mengolah daging
pixabay

Dan yang terakhir, daging dapat diolah dengan cara di goreng, pilih daging has dalam kemudian rebus daging dengan bumbu sampai empuk kemudian potong dan pukul-pukul terlebih dahulu sebelum di goreng dalam minyak yang panas hingga daging dapat tenggelam. 

Jika ingin mendapatkan daging yang lebih empuk anda bisa melumuri jahe ataupun nanas juga daun papaya. Untuk resep lebih lengkapnya anda bisa download aplikasi yummy karena disana terdapat banyak sekali resep makanan, juga selain itu anda akan merasakan kelebihan aplikasi resep masakan yummy idn setelah anda mendownload aplikasi tersebut.
    
     
Back To Top