Gantiin Popok Bayi Ngga Pake Ribet dan Cinta Lingkungan, Pakai Clody Aja

Dwina.net -  Permasalahan krusial setiap orang tua adalah pemakaian pospak yang bikin dilema antara pingin save earth tapi males ribet kalo cuci popok bolak balik.

diapers
Pamela Kiefer/Pixabay


Pemakaian diapers untuk bayi rasanya udah ngga asing lagi kan. Gitu bayi ceprot aja langsung sama mbak nurse akan di pakein pospak, padahal bayinya belum tentu langsung pipis juga. Pengalaman di bayiku sendiri 3 hari setelah lahir baru dianya pipis. So, itu pospak cuma dipakein tapi ngga dipipisin. Mau dibuang, sayang. Dipake lagi udah kumel. Piye? Akhirnya ya tetep dibuang. huhuhu

Ini kejadian pas masih di rawat pasca melahirkan. Sepulang dari Rumah Bersalin aku gantiin bayiku pake popok kain biasa aja. Lungsuran abangnya pulak. Yup, nasib jadi anak kedua memang akan dapat lungsuran dari si sulung. wkwkkwkw

Aku ngga mau ngejudge siapapun sebab setiap orang punya pemikiran yang beda soal pospak ini. Ada yang memang ibunya udah nyaman aja gitu nempelin pospak sejak bayi lahir sampe bayi bisa lari-lari. Bahkan ada juga yang sampe masuk sekolah tetep pake pospak. Ada? Adaaa. 

Ada juga ibu yang gitu bayinya 1 tahun langsung di ajarin toilet training atau bahasa awamnya ngajarin bayi gimana caranya buang hajat di tempat yang benar. Secara pospak mahal dan ibunya seneng beribet-ribet ria ngosrek popok. Daripada beli pospak mahal bo, belum lagi sampahnya ya udah pake popok biasa aja. Ada? Ada...

Well seperti yang aku bilang tadi apapun alasanya semoga itu yang terbaik untuk ibu dan bayinya. Memang jaman nyinyir sekarang kita mungkin kita kudu lebih woles menghadapi berbagai komentar orang. Kalau ngga kuat yang tinggal tutup telinga aja.

Pemakaian clody cuci pakai untuk anak-anak
PublicDomainPictures/Pixabay

Pernah dengan soal clody kan, aku rasa pernah ya. Clody bentuknya hampir mirip pospak cuma berbahan kain. Ada lapisan kain lagi didalamnya untuk nahan pipis. Ibu-ibu yang pingin berhemat dan mau nyuci popok biasanya pilih yang ini. Termasuk aku.

Sejak punya bayi pertama aku masih lebih banyak pake pospak. Meskipun ngga banyak-banyak amat. Eh gimana? Ya kalau di itung sebulan ngga ngabisin sebungkus gede pospak deh. Bisa dihitung hemat kan itu.

Kalau di rumah bayi aku pakein popok kain biasa aja. Ada beberapa kain lama yang aku potong-potong dan lipet kayak saputangan. Nah, masukin deh ke kolor bayi. Ini efektif juga supaya pipisnya ngga langsung jatuh ke lantai. Persoalannya kain begini ngga tahan lama. Kalo pas pipisnya banyak tembus juga.

Dari sini mulailah aku googling nyari clody yang lebih efektif dan langsung dipakai kayak celana. Ketemu. Tapi harganya mahal bok. Sebiji clody sama dengan 1 bungkus gede pospak. wkkwkwkwk

Jadi beli ngga mak? Jadi. Karena aku mikirnya beli mahal sekali doang. Kalau beli pospak biar kata murah tapi bolak-balik beli ya boros juga. Akhirnya beralihlah ke clody.

Lah terus ngga pernah pakai pospak sama sekali?
Pospak tetep dipakai kalau pas pergi-pergi atau bertamu ke rumah saudara. Sebab apa? clody meskipun nyerap pipis tapi kalau kelamaan dipakai baunya juga lumayan. wkwkkwk. Beda ama pospak yang sante aja meski dipake selama 4 jam.

Lemahnya lagi clody kudu nyuci, so kalau bepergian kayaknya kurang efisien kalau harus nyuci-nyuci dulu. Iya kalau nginepnya di rumah orang tua atau saudara. Lah kalau pas piknik cantik yang balik hari, terus bayi pup piye? ribet kan. 

Makanya di tengah peperanga emak-emak soal pospak atau popok cuci pakai ini aku milih senyumin aja. Lah dua-duanya aku pakai. Dan kalau pas di rumah anaknya aku pakein kolor doang sembari ngajarin dia untuk merasakan sensasi mau pipis. Akunya kudu rajin nanyain, "Mau pipis, Nak?" supaya dia faham gimana rasanya kalau mau pipis. Ntar anaknya geleng, tapi semenit kemudian suurrr keluarlah itu aer kran. wkwkkwkw


Ini pendapatku tentang kelebihan dan kekurangan clody:
  1. Dari segi budget lebih hemat.
  2. Bisa nahan pipis satu atau dua jam ngga bocor.
  3. Nyaman karena berbahan kain.
  4. Resiko kemerahan pada kulit bayi bisa dihindari.
  5. Save earth save money.

Kekurangan clody:
  1. Tetep kudu nyuci.
  2. Ngga bisa dipakai lebih dari 4 jam apalagi kalau udah di pipisin.
  3. Pipis bayi yang bertahan di kain akan menimbulkan bau yang tidak nyaman.
  4. Harganya lumayan mahal.

Dengan adanya plus minus ini aku ngga anti pada salah satunya. Sebab keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan. Kalau pospak kalian tau sendiri kan kekurangannya apa. Selain banyakin sampah juga membuat anak kehilangan sensasi rasa pipis dan pup. Ini yang menurutku kenapa anak yang dipakein pospak terus menerus jadi agak sulit untuk menjalani toilet training.
Back To Top