2011-07-19

Manfaat Sujud Bagi Wanita Hamil

Manfaat sujud bagi wanita hamil - Kehamilan buat seorang perempuan seperti ku adalah masa yang penuh dengan warna-warni baru. Rasa senang, deg-deg an kadang ga sabar pengen liat dedek seringkali memenuhi pikiranku. Senang kalo pas dedek gerak-gerak di dalam perut, ga tau deh goyang apaan, goyang karawang atau goyang dombret apa jaipongan yang jelas aku suka ketawa sendiri menikmati moment itu.

Kalo dalam waktu beberapa jam dedek diem aja ga ada gerak aku suka bertanya ke dedek, "lagi ngapain, kok diem aja.. gerak ya sayang..." kataku dalam ati sembari ngelus atau ngetuk-ngetuk lembut dengan ujung jari. Kebetulan aku emang ga mengkoleksi kuku panjang dari dulu jadi rasanya aman aja. Kegiatan itu aku lakukan sebagai usaha buat merangsang dedek biar gerak. Dan emang bener, beberapa saat kemudian dia pasti akan bergerak mungkin reaksi dari suaraku atau mungkin dari jari-jariku. Tapi yang jelas aku semakin suka dengan dan menikmati masa-masa hamil pertama ini.

Suka khawatir kalo perut rasanya tegang.... banget. Seperti ada yang mengganjal dan kadang bikin sesak nafas. Kalo udah gitu yang aku lakukan adalah duduk selonjoran terus ambil nafas pendek-pendek berulang. Sampai dedek tenang baru deh aku nya juga tenang. Sering juga aku merasa sakit dibagian perut bawah, seperti tegang yang berlebihan, kalo udah gitu aku nyerah deh, semua kegiatan aku berhentiin, termasuk juga kalo pas lagi masak. Udah buru-buru matiin kompor trus baringan dengan posisi miring ke kanan atau ke kiri sesuai dengan kenyamanan perut aja.

Tak lupa aku ambil bantal tipis buat mengganjal perut supaya tidak menggantung. Mencoba relaks baik tubuh maupun fikiran. Bicara ama dedek lewat hati. Minta maaf karena bikin dia capek, sebab akunya bergerak terlalu berlebihan.

Sekarang memasuki usia 7 bulan, gerak dedek makin cepat terutama malam hari. Mungkin dia mau bilang kalo dia udah pengen rehat kali ya.. jadi dia sampein lewat gerakan yang kadang lembut kadang kuat secara beraturan. Dedek mulai tenang kembali setelah akunya rebahan dan mulai memejamkan mata. Kadang malam hari dia juga suka bangunin aku loh.. ya lewat gerakan dia. Kalo udah gitu aku pasti terbangun, ga kira jam berapapun kalo dianya gerak akunya langsung terbangun.

Kalau untuk urusan tidur sih, aku termasuk orang yang payah tidur, maksudnya gampang banget terbangun. Denger suara kecil... aja bisa langsung terbangun. Makanya aku rasa kualitas tidurku memang bukan termasuk dalam kategori yang baik.

Seminggu yang lalu aku melakukan pemeriksaan USG lagi, dan ini yang ketiga sejak aku hamil. Dokter yang merawat aku bilang, jalan keluar dedek tertutup oleh plasenta (ari-ari)sehingga bisa menyebabkan dedek susah keluar kalo pas bulannya nanti. Plasenta yang mestinya ada di atas malah turun ke bawah sehingga dedek mendudukinya, itu hasil USG.

Mestinya Plasenta di atas sehingga mendorong dedek untuk turun kebawah dan bisa dekat dengan bibir rahim. Duh aku langsung kaget, belum lagi penjelasan-penjelasan dari bu dokter yang bikin aku tambah cemas. Sejak itu langsung aku cari info tentang kejadian yang menimpaku. Cari tau dari keluarga terutama emak, sepupu yang udah punya anak bahkan temen-temen suami aku tanyain, "pernah ga ngalamin yang sepertiku"

Semua nasehat dan solusi aku lakukan, ada yang bilang urut ke ahlinya, oke aku turuti. Ada yang bilang suruh banyak sujud, aku jabanin juga.

Nah... untuk masalah sujud ini aku rasa kebenarannya mendekati 60% sebab apa. Aku sendiri ngerasain, setelah selesai sujud beberapa menit, aku merasa dedek bergerak di bagian sebelah kiri dan pelan-pelan ke bawah.

Aku berharap semoga kegiatan sujud yang aku lakukan pagi, siang, dan malam ini bermanfaat buat aku dan bayi ku. Ga perlu ambil waktu yang lama, aku biasa ngelakuin 2-3 menit aja. Atau paling lama ya 5 menit.

Buat ibu-ibu yang mengalami hal seperti ku mungkin bisa melakukan hal ini. Buat yang muslimah bisa juga dibarengi dengan zikir kepada Allah, Shalawat kepada Nabi semoga diberi kemudahan dan keselamatan saat bersalin nanti. Amin.

8 comments:

  1. wahhhh,, lagi hamil ya mba ??? :)

    ReplyDelete
  2. semoga semuanya normal kembali ya mbak. banyak2 sujud

    ReplyDelete
  3. Subhanallah.. sungguh sgala sswatu di muka bumi ini penuh manfaat, ya kan win :)

    ReplyDelete
  4. Kmrn ak cek dokter, kata beliau jg gt.. kl placenta dibawah suruh banyak sujud. Ni lg uji coba, smoga brhasil.. mohon doany y smua. smoga kita diberi kelancaran

    ReplyDelete
  5. aduuuh jadi takut hbis baca ceritanya :(

    ReplyDelete

yukkk komen disini