5 Hal Penting Untuk Kulit Cantik dan Bersinar

Hal penting untuk kulit cantik dan bersinar – memiliki kulit putih dan bersinar sangat diinginkan terutama untuk kaum hawa. Tidak dipungkiri eksistentsi diri akan naik saat punya kulit bersih dan bersinar. Untuk mendapatkan kulit yang bersih ada beberapa hal yang harus dilakukan secara terus menerus.

Hindari paparan sinar matahari di atas jam 09.00
Tahukah kamu jika matahari diatas jam 09.00 tidak baik untuk kesehatan kulit? Pada saat jam 09.00 suhu panas matahari memang naik sehingga jika terkena kulit dapat menyebabkan radiasi. Tanda pertama yang muncul adalah kulit menjadi gelap dan kusam. Lama kelamaan kulit bisa bersisik. Jadi jangan heran jika melihat orang memiliki kulit putih diareal yang tertutup tapi hitam di areal yang terbuka.
Namun, bukan berarti kita jadi takut pada sinar matahari ya Cantik. Ada kok kiat jitu agar kulit tetap cantik dan bersinar. Caranya:

1. Pakailah pakaian yang menutupi kulit
Pakaian berfungsi untuk melindungi kulit dari terkena sinar matahari langsung. Jangan karena demi terlihat seksi, kamu memakai hot pants di siang bolong. Selain tidak sehat untuk kulit cantikmu, kamu akan terlihat murahan. Ngga mau dibilang cewek murahan kan? Jika tidak memakai hijab kamu bisa kok melindungi kulitmu dengan memakai topi atau scraf yang menutupi areal tubuh yang terbuka. Jadi lindungi kulit cantikmu ya, Cantik.

2. Gunakan hand body yang ada SPF nya
Sebelum keluar rumah, gunakan gulu hand and bodymu. Usahakan membeli hand body yang ada SPF nya supaya kulit cantikmu terlindungi secara optimal. SPF pada suatu produk berbeda-beda, ada yang SPF 25 atau bisa lebih tinggi. Apa sih SPF itu? SPF (Sun Protection Factor) yang merupakan satuan dari berapa lama sebuah produk sun block dapat melindungi kulit. Jika kamu membeli produk ada tuh di belakang SPF misalnya SPF 15, SPF 20, SPF 30 dan SPF 50. Nah, angka dibelakang SPF itulah yang menentukan daya tahan sun block atau produk SPFmu selama diluar ruangan atau ketika terpapar sinar matahari.

Fungsi utama SPF, Sun block atau tabir surya adalah melindungi kulit lebih spesifiknya ia berfungsi:
  1. Melindungi kulit dari penuaan dini untuk mencegah keriput
  2. Melindungi kulit dari terbakar sinar matahari dan bintik pigmen hitam pada kulit.
  3. Melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini
  4. Memperlambat berkurangnya kolagen dan elastin serta menjaga kecantikan kulit agar tampak muda lebih lama.

Bagaimana memilih sun block atau tabir surya yang cocok untuk kulit?
Hampir semua produk sun block diformulasikan untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Namun, SPF dalam tiap produk berbeda-beda. Gunakan produk yang sesuai untuk usia dan jenis kulitmu. Sun block harus memiliki proteksi terhadap efek buruk sinar matahari, radikal bebas dan mencegah dari penuaan dini. Pilih tekstur yang ringan dan melembabkan. Cepat menyerap, tidak berminyak, tidak lengket di baju dan tahan air.


3. Gunakan kacamata saat diperlukan.
Jangan remehkan kaca mata untuk kulit cantikmu, kacamata terutama yang berlensa hitam dapat melindungi kulit diareal mata dari sinar matahari langsung. Selain itu kacamata juga dapat menjaga mata dari silaunya matahari. Tidak melulu ketika kepantai baru pakai kacamata. Kamu tetap bisa memakainya ketika keluar rumah atau sedang naik kendaraan. 


4. Rajin minum air putih
Ini hal yang sepele tapi sering terabaikan. Coba ingat lagi dalam satu hari berapa gelaskah kamu menghabiskan air putih? Tubuh tiap manusia memiliki kadar air yang berbeda sesuai dengan usianya. Namun, secara global dapat dikatakan bahwa 80 persen dari tubuh berisi cairan. Untuk menjaganya agar tetap dalam kondisi yang pas minumlah air putih setidaknya 8 – 10 gelas dengan ukuran 250ml/hari. Jumlah ini akan bertambah untuk perokok, ibu hamil, menyusui, ketika berada diruangan ber AC dan mereka yang memiliki aktifitas lebih diluar rumah. Pastikan kulit cantikmu tetap lembab dari luar dan dalam dengan menjaga asupan air putih setiap hari.


5. Konsumsi makanan bervitamin
Perlu diingat bahwa makanan bervitamin bukanlah makanan yang mahal-mahal dan dibeli diresto mewah. Cantik, makanan bervitamin itu yang sehat, bukan junk food, dilahap selagi dalam keadaan segar, dan bukan makanan kemarin apalagi tiga hari yang lalu. Jangan lupakan buah sebagai pelengkap makanan harianmu. Buah juga bukan yang mahal-mahal dan sulit didapat ya. Pilih yang sesuai dengan kantong saja tapi tetap rutin dikonsumsi.

Nah, dengan 5 hal penting untuk kulit cantik dan bersinar diatas, semoga dapat membantumu menjadi lebih cantik luar dan dalam. Be smart ladies
1 Komentar untuk "5 Hal Penting Untuk Kulit Cantik dan Bersinar"

Gunakan pakaian yang menutup kulit dan pakai SPF tentu akan menjaga kulit dan membuatnya terlihat indah dan cantik namun jangan lupa pula konsumsi air putih yang cukup setiap harinya :)

Back To Top