Ketahui 10 Tanda Bayi Tidak Sehat

10 tanda bayi tidak sehat - Kesehatan bayi merupakan hal penting yang harus diketahui oleh ibu pasca melahirkan. Bayi yang baru lahir hingga berusia 1 tahun rentan terhadap virus. Virus ini dapat menyebar lewat orang dewasa disekitarnya, udara, dan lingkungan yang kotor. Itulah mengapa menjaga kesehatan bayi tidak bisa diabaikan. 

Tidak semua bayi akan menangis ketika sakit. Ada sebagian bayi yang tertidur sehingga kondisi bayi yang tidak sehat terabaikan. Ibu dapat mengindentifikasi apakah kesehatan bayi sedang bermasalah dengan mencermati beberapa gejala yang sering muncul.

Agar dapat segera memberi pertolongan pertama pada bayi kenali sepuluh tanda bayi tidak sehat.  Apasajakah itu? Berikut ulasannya.


1. Bayi tidak mau makan atau minum
Bayi biasanya berkomunikasi lewat tangisan. Ketika lapar dan haus ia akan menangis untuk memberitahu ibunya. Bayi yang sedang lapar biasanya akan lahap menyantap makanan yang disuapi sang ibu. Namun, jika bayi kelihatan enggan dan menolak untuk makan, bisa jadi tubuhnya sedang tidak nyaman. 


2. Bayi tetap rewel meski sedang digendong
Bayi akan merasa tenang ketika dalam gendongan terutama jika digendong oleh orang tuanya. Ketika bayi rewel dan tetap menangis meskipun sedang digendong bisa menjadi tanda bahwa bayi sedang tidak sehat.

3. Tiba-tiba bayi muntah 
Gumoh adalah sesuatu yang kerap terjadi pada bayi terutama saat habis menyusui atau makan. Tetapi jika bayi muntah dalam jumlah yang banyak dan sering ibu dapat mewaspadai ianya sebagai tanda bahwa bayi sedang tidak sehat.



4. Suhu tubuh meningkat
Salah satu tanda yang paling kentara bayi tak sehat adalah suhu tubuhnya yang meningkat. Ketika suhu tubuh bayi meningkat baik secara perlahan ataupun tiba-tiba, ibu perlu melakukan penanganan dengan segera. misalnya dengan mengompres bayi atau memberinya obat penurun panas.

5. Bayi sering pup
Diare pada bayi ditandai dengan fases yang keluar cair dan sering terjadi. Jika fases pada bayi cair atau lebih lunak dari biasanya berarti pencernaan bayi sedang terganggu. Selain itu bayi juga akan sering pup dibanding biasanya. Hal ini bisa terjadi karena susu atau makanan yang dikonsumsi bayi tidak sesuai untuk pencernaannya.

6. Berat badan tidak naik
Bayi yang sehat berat badannya akan naik tiga kali lipat dari berat lahirnya di usia 1 tahun. Jika dalam waktu satu tahun tersebut berat badannya tidak naik atau lambat ibu perlu segera berkonsultasi dengan ahli kesehatan, bidan atau dokter. Bayi yang tidak mengalami kenaikan berat badan yang sesuai dapat dikategorikan tidak sehat.

7. Bayi tidak bersemangat atau lemah
Umumnya bayi akan mulai mengekplor kemampuan motoriknya di usia tiga bulan. Pada masa ini bayi sudah bisa mengenal orang-orang terdekatnya. Selain itu gerak motoriknya sudah mulai aktif. Jika tiba-tiba bayi menjadi lemah lunglai dan suhu tubuhnya meningkat segera bawa bayi ke dokter.

8. Bayi bernafas dengan cepat atau tiba-tiba sesak nafas
Sesak nafas pada bayi terjadi karena ada penyumbatan pada saluran pernafasaannya. Segera konsultasikan pada dokter jika kondisi ini terjadi pada bayi.

9. Gejala flu dan batuk
Satu lagi tanda yang terlihat jelas ketika bayi tidak sehat adalah batuk dan flu. Flu ringan disebabkan oleh virus akan sembuh sendiri setelah 2 sampai 3 hari. Tetapi bila lewat dari itu maka ibu perlu segera membawa bayi ke dokter untuk mendapatkan perawatan.

10. Bayi tak bisa diam
Ketika tidur bayi rewel dan tidak bisa diam dapat menjadi gejala awal bahwa bayi sedang tidak sehat. Amati terus kondisi ini karena ia mungkin akan muncul bersamaan dengan kondisi lainnya seperti rewel, menangis, atau suhu tubuhnya meningkat.

Nah, para ibu cermati bila salah satu gejala di atas terjadi pada bayi. Segera konsultasikan ke dokter agar bayi segera mendapat perawatan sebelum kondisinya memburuk.

3 Komentar untuk "Ketahui 10 Tanda Bayi Tidak Sehat "

Ahh jadi pengen punya bayi. Bikin ahhhh

Bila sakit berlanjut, hubungi dokter :)

Iiiihhhhh,,,,, ngegemesin deehhh...

Back To Top