Cara Praktis Membersihkan Kerak Mesin pada Mobil Kesayangan


Merawat mobil dengan cermat akan membuat mobil kesayangan senantiasa nyaman dikendarai. Banyak hal yang mesti kita lakukan ketika merawat mobil. Bukan hanya mencuci mobil dan melakukan servis secara teratur, membersihkan kerak mesin juga sangat penting. Agar kerak mesin yang menumpuk tidak menimbulkan karat pada mobil.

Cara membersihkan kerak mesin ternyata tidak sulit. Simak dulu ulasan ini agar nanti kita bisa membersihkannya sendiri:

Menggunakan Cairan Penetran Pembersih
Banyak cairan penetran yang dijual di pasaran untuk membersihkan kerak mesin. Cairan ini akan membuat kerak mesin melunak dan luntur dengan sendirinya dalam bentuk kotoran. Setelah membubuhkan cairan pada bagian mesin yang berkerak, nyalakan mesin mobil dan injaklah pedal gas hingga mencapai kecepatan 4.000-5000 RPM. Kotoran pada kerak mesin akan segera keluar dari knalpot.

Membersihkan Bagian Belt pada Mobil
Beberapa bagian penting pada mobil seperti AC, alternator, dan belt water pump terdiri dari bahan rubber belt. Kita membutuhkan belt dresser untuk membersihkan komponen-komponen tersebut. Biasanya belt dresser dijual dalam bentuk kaleng aerosol yang tinggal disemprotkan pada komponen mobil.

CairanInjector Cleaner untuk Tangki Bensin
Cairan injector cleaner bisa digunakan dengan cara memasukkannya ke tangki bensin. Sehingga injector cleaner akan mengikuti alur pembakaran mesin dan membersihkan bagian injector secara maksimal. Ruang bakar dan klep tangki juga akan kembali bersih setelah kita menggunakan cairan injector cleaner.

Cairan Silikon untuk Komponen Berbahan Karet
Komponen berbahan karet seperti karet kap mesin dan karet damper harus dibersihkan dengan cairan khusus berbahan dasar silikon. Cairan ini memiliki kemampuan menjaga elastisitas karet. Sehingga komponen berbahan karet pada mobil kesayangan kita tak akan mudah getas atau rapuh. Bersihkan secara teratur agar elastisitas dan kebersihannya selalu terjaga.

Jangan hanya sibuk dengan kebersihan dan kondisi mesin mobil, ya. Kita juga mesti telaten menyiapkan asuransi mobil all risk untuk mobil kesayangan kita. Asuransi mobil yang bagus tak hanya memiliki proteksi maksimal, melainkan juga punya prosedur klaim yang praktis. Jangan tunda lagi memilih asuransi mobil untuk melindungi mobil kesayangan kita di masa kini dan masa mendatang. Mobil keren yang kondisi mesinnya prima dan mendapat proteksi asuransi akan membuat kita leluasa berkendara.

0 Komentar untuk "Cara Praktis Membersihkan Kerak Mesin pada Mobil Kesayangan"
Back To Top