4 Cara Membuat Anak Memiliki Nafsu Makan Tinggi

cara anak suka makan
pixabay
Sepertinya setiap orangtua pernah mengalami kesulitan didalam menghadapi anaknya yang susah makan nasi. Anak yang susah makan nasi itu tidak boleh dibiarkan begitu saja karena nantinya anak akan mengalami masalah dengan gizinya. Gizi yang bermasalah pada anak nantinya akan berpengaruh terhadap masalah kesehatan dan berat badannya. Agar anak mau makan nasi ini gampang-gampang susah sehingga dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam mengatasinya. 
 
Tetapi bagaimanapun ibu harus mencari cara membuat anak agar mau makan nasi. Di awal MPASI adalah saat yang tepat mengenalkan jenis makanan lain. Sebenarnya tidak melulu harus nasi, Ibu bisa mengenalkan dulu beberapa jenis makanan sekaligus misalnya makanan pokok, pendamping seperti sayur dan cemilan seperti buah. 

Dalam beradaptasi dengan makanan tentu saja akan ada kesulitan namun jika ibu telaten dan mencari apa jenis makanan yang disukai anak semestinya tidak menjadi masalah. Berikut 4 tips agar anak mau makan nasi dengan lahap diantaranya yaitu :

1.    Memberikan Makan Pada Waktu Yang Tepat
Salah satu penyebab anak malas makan nasi adalah anak merasa bosan dengan makanan nasi itu. Hal ini biasanya terjadi karena mungkin anak terlalu sering diberi nasi oleh ibunya. Sehingga sebaiknya ibu dari anak yang susah makan nasi ini adalah memberikan makan nasi pada waktu yang tepat pada anaknya.

2.    Memberikan Variasi Menu
Penyebab lain anak malas makan nasi juga adalah karena anak mungkin bosan dengan variasi menu makanan dari teman makan nasi yang disajikan oleh ibunya itu. Maka sebaiknya ibu ini membuat variasi menu makanannya agar anaknya tidak bosan pada saat makan nasi nantinya karena menu yang berganti ganti setiap harinya. 

cara anak suka makan

3.    Cegah Anak Untuk Mengemil Pada Saat Akan Mendekati Jam Makan
Anak malas untuk makan nasi juga terjadi karena anak itu sudah merasa kenyang karena sudah ngemil saat mendekati jam makannya. Jika ini penyebabnya maka ibu seharusnya mencegah atau tidak memberikan anaknya itu cemilan pada saat akan mendekati jam makanannya. Sehingga anak akan merasa lapar pada saat jam makannya itu.

4.    Menyajikan Makanan Secara Menarik  
Anak yang malas makan nasi juga mungkin karena anak merasa kurang tertarik dengan makanan yang disajikan oleh ibunya itu. Maka sebaiknya ibu menyajikan makanan yang bisa membuat anaknya itu tertarik untuk menikmatinya. Misalnya jika anaknya itu suka makanan ala resto maka ibu buatlah makanan ala resto itu di rumah. 

cara membuat anak suka makan

 
Itulah 4 tips agar anak mau makan nasi dengan lahap. Memberikan makan anak pada waktu yang tepat akan membuatnya tidak merasa bosan pada saat makan nasi. Selain itu juga buatlah variasi menu makanan setiap harinya dan juga hindari anak untuk mengemil pada saat akan mendekati jam makannya. Dan juga sajikan makanan itu secara menarik.

Back To Top