Cara Mudah dan Hemat Merawat Tas Kerja Wanita

tas kerja wanita
pixabay

Tas kerja bagi wanita bukan hanya sekedar sebuah benda untuk menyimpan barang-barang yang diperlukan. Lebih dari pada itu, tas kerja wanita memiliki peranan untuk menunjukkan kepribadian pemilik, fashion serta seleranya dalam hal memilih tas. Jadi tidak heran jika satu orang wanita memiliki tas kerja lebih dari 10 jumlah jari tangan. Bahkan untuk sebagian wanita itu belum cukup. Tidak percaya? Coba deh cek lemari masing-masing dan hitung berapa tas kerja yang dimiliki.

Memiliki tas kerja lebih dari jumlah jari tangan tidak mengapa asal memang sesuai untuk kebutuhan bukan gengsi semata. Karena kalau tujuannya untuk terlihat wah dibanding rekan yang lain maka korbannya adalah tas itu sendiri. Mengapa demikian?. Seringkali yang terjadi tas kerja yang sudah dibeli dengan harga yang tidak murah hanya menjadi barang pajangan tanpa pernah dipakai. Lebih sayangnya lagi jika kamu tidak bisa merawatnya dengan baik. Tas-tas yang tadinya cantik itu akan cepat rusak dan akhirnya terbuang percuma.

Tas kerja wanita umumnya memiliki bahan yang berbeda. Ini sesuai dengan selera masing-masing. Ada yang suka mengkoleksi tas berbahan kulit. Meskipun ada sebagian yang lebih senang dengan bahan kain kanvas, batik atau benang rajut. Apapun jenis tas kerjamu sebaiknya kamu tahu bagaimana cara merawatnya. Berikut cara mudah dan hemat merawat tas kerja wanita.

tips mudah merawat tas kerja
pixabay

Jangan abaikan silica gel
Jika baru membeli tas di kemasanya selalu dibekali dengan silica gel. Janga dibuang karena silica gel berfungsi menyerap kelembaban dalam kemasan tas dan mencegah jamur. Jika sudah keburu hilang atau tidak ada kamu bisa membeli silica gel ini dan meletakkannya dalam kemasan atau kotak tas. Supaya tidak timbul jamur yang akhirnya akan membuat tas menjadi lapuk. Percayalah ini pernah terjadi pada saya. Selain itu jangan lupa pula letakkan silica gel ukuran kecil dalam tas berbahan kain gunanya untuk menyerap bau tak sedap.

Gunakan baby oil untuk merawat tas kulit sintetis
Tas kulit sintetis biasanya disebut juga tas PU (Polyurethane). Tas ini sangat digemari karena terlihat seperti kulit asli. Untuk merawatnya jauhkan tas dari sembarang cairan. Gunakan baby oil untuk membersihkan permukaan tas agar terlihat semakin glowing dan terjaga kelembabannya. Jangan lupa untuk mengangin-anginkan tas sebelum dimasukkan dalam lemari penyimpanan. Jangan bungkus tas sebaiknya letakkan dalam lemari yang udara masih dapat masuk.

cara memperbaiki resleting tas
pixabay

Gunakan minyak zaitun, baby oil dan pensil untuk mengatasi resleting macet.
Kejadian ini sering terjadi pada saat kita buru-buru membuka atau menutup tas. Resleting yang macet tentu menjadi masalah apalagi jika sedang berada diluar rumah atau kantor. Jangan panic, cobalah untuk membuka kembali resleting, periksa bagian dalam apakah ada benang yang tersangkut. Kamu juga bisa menggunakan baby oil atau minyak zaitun yang dituang ke cotton bud kemudian gosok-gosok pada resleting yang macet. 

Jika cara ini belum berhasil, gunakan ujung pensil. Caranya goreskan pensil bolak-balik pada bagian resleting yang macet. Campuran dari minyak zaitun dan pensil akan membantu resleting lebih mudah terbuka. 

Cara mudah membersihkan aksesoris tas berbahan logam.
Salah satu yang membuat tas semakin cantik adalah aksesorisnya. Aksesoris bisa berbentuk pegangan resleting atau gantungan berbahan logam. Sayangnya jika sering dipakai dan tergesek benda atau terkena cairan warna logamnya akan kusam dan mudah berkarat. Untuk mencegahnya gunakan kutex kuku berwarna transparan. Oleskan tipis-tipis pada permukaan logam, angin-anginkan sebenar lalu lihatlah aksesoris logam tas kamu akan kelihatan berkilat dan tidak mudah berkarat.

Untuk perawatan secara berkala jangan lupa untuk mengeluarkan seluruh koleksi tas kamu setidaknya dua kali dalam satu bulan. Gunanya agar tas tidak lembab karena terlalu lama disimpan dalam lemari. Gunakan koleksi tas kerja wanita kamu secara bergantian. Jangan itu-itu saja karena tas lain bisa cemburu. Eh

Jika kamu memiliki tas kerja berbahan batik maka perawatannya sama seperti kain batikmu. Gunakan shampoo atau sabun khusus untuk membersihkannya. Keringkan dengan cara diangin-anginkan serta hindari dari farfume atau cairan berbahan keras lainnya karena akan dapat merusak warna serta bahannya. Demikian semoga bermanfaat.

Back To Top