Ini Dia 5 hal Penting yang Harus Bunda Ketahui Untuk Menjaga Kualitas Tidur Bayi

cara_tidur_bayi_agar_Lebih_optimal

Tidur merupakan rutinitas yang penting tidak hanya untuk bayi tapi juga bunda. Sebagai seorang ibu yang memiliki bayi kualitas tidur tentu berkurang drastis berbanding saat masih single. Kalau dulu tidurnya bisa nyenyak sekali sampai sampai hujan badai di luar pun bisa tidak kedengaran. Sekarang jangankan hujan badai sudara bayi oek dikit aja bisa bikin bunda terbangun. Bener tidak? Tapi tahukah bunda hal ini menunjukkan kalau bunda memang sudah siap jadi Ibu. Artinya bunda tidak lagi memikirkan kualitas tidur sendiri tapi lebih memikirkan tidur bayi.

Akan tetapi tidur dengan kondisi selalu terbangun malam itu kurang baik untuk kesehatan loh. Bagaimana kalau bunda siasati cara agar bayi nyenyak tidurnya. Supaya bunda juga bisa tidur dengan nyenyak juga. Kualitas tidur yang baik bukan dilihat dari seberapa lama jam tidur tapi dari seberapa nyenyaknya. Jadi meskipun cuma 2-3 jam tapi benar-benar lelap itu sudah cukup untuk bunda merasa segar keesokan harinya. 

Untuk menjaga kualitas tidur yang baik meskipun punya bayi, yang harus di perhatikan kualitas tidur bayinya. Supaya bayi nyenyak bunda juga nyenyak. Berikut 5 hal penting yang harus bunda ketahui untuk menjaga kualitas tidur bayi.

1. Otak bayi berkembang 3 kali lebih optimal saat tidur

Saat tidur adalah masa yang penting bagi otak bayi untuk berkembang jadi bunda harus mempersiapkan tempat tidur yang nyaman untuk bayi. Tidak harus mewah tapi nyaman. Bun da bisa mendesaign suasana kamar jadi menyenangkan dengan cara membuat gambar atau menempelkan wall stiker agar kamar jadi lebih menyenangkan.

Selain itu atur pencahayaan dalam kamar. Jangan terlalu terang yang akan membuat mata bayi silau dan jangan terlalu gelap sehingga sang bayi merasa tidak nyaman. Gunakan lampu yang lebih redup agar tidur bayi lebih tenang.


2. Atur jam tidur bayi secara konsisten setiap hari

Bayi baru lahir membutuhkan waktu tidur 14 - 18 jam dalam sehari dan memiliki pola tidur dan bangun yang belum teratur. Bunda tentu pernah mengalami kondisi dimana bayi tidur terus saat siang dan bangun saat jam tidur datang. Hal ini tentu bikin bunda tarik nafas ya. Nah, agar bayi konsisten cobalah untuk mengatur jam tidur bayi secara konsisten pula. Saat siang usahakan bangunkan bayi, ajak bicara dan bermain bersamanya. Bayi mungkin tidak terlalu merespon tapi setidaknya bayi terbangun. Iya kan, Bun. 

Memasuki  usia 2 bulan biasanya bayi dapat belajar untuk tidur lebih lama dan nyenyak. Bunda bisa membantu bayi tidur lebih nyenyak dengan biasakan ia tidur pada jam yang sama setiap malam. Meskipun tidak mudah karena ini adalah masa penyesuaian tapi jika bunda konsisten semua bisa berjalan dengan baik. 

3. Membersihkan tubuh bayi sebelum tidur akan membantunya tidur lebih nyenyak

Jangan abaikan kebersihan bayi baik saat bermain maupun saat tidur. Membersihkan tubuh bayi menjadi rutinitas penting sebelum tidur. Cobalah untuk mengusap bayi dengan handuk hangat pada bagian lipatan kulit bayi agar sisa bedak dan kotoran hilang. Selain itu bayi juga akan merasa lebih segar. 

Taburkan kembali bedak bayi tipis-tipis agar bayi wangi dan jangan lupa minyak telon untuk membuat bayi merasa hangat. Membersihkan tubuh bayi menjadi penting apalagi ketika bayi sudah berusia 6 bulan ke atas, dimana pada saat ini bayi sudah mulai bermain. Jadi penting untuk tetap menjaga kesegaran tubuhnya karena akan membantunya tidur lebih nyenyak. 

4. Perut kenyang tidurpun tenang

Bukan hanya orang dewasa yang bisa nyenyak tidur karena perut kenyang, bayipun demikian. So, jangan biarkan bayi kelaparan saat jam tidurnya tiba. Usahakan perut bayi dalam keadaan kenyang agar bayi bisa tidur dengan nyenyak. Bunda bisa menyusuinya sambil tiduran agar bayi dapat menghisap ASI dengan lebih banyak. Jika minum sufor usahakan bayi mendapat cukup susu untuk mencegahnya sering bangun malam.

5. Bermain pada saat jam tidur tiba akan membuat ngantuk bayi hilang

Siklus hidup bayi masih terbilang monoton. Dari tidur, makan, main dan mandi. Jangan ajak bayi bermain ketika jam tidurnya tiba nanti ngantuknya hilang. Bunda bisa menghentikan aktifitas bermain setidaknya 15 menit sebelum waktu tidur. Selesaikan permainan dan bersihkan bayi seperti saran no 3 di atas. Persiapan yang baik akan membuat bayi tahu bahwa jam tidurnya sudah tiba.

Hal yang penting adalah usahakan bayi tetap dalam keadaan happy. Dan itu semua bisa didapati dari perasaan bunda yang juga happy. Jadi selama pengasuhan bayi usahakan emosional bunda stabil terjaga ya. Jangan fikirkan hal yang tidak perlu. Bahagialah karena menjadi seorang ibu. Karena bayi Anda sangat bergantung pada Bunda. Semoga bermanfaat.



Back To Top