Inilah Keistimewaan Buah Zaitun dan Tin

Dwina.net - Zaitun adalah jenis tanaman yang dapat tumbuh dimana saja, tak kira di dataran dengan curah hujan tinggi atau terik matahari sekalipun zaitun dapat tumbuh subur. Pohon ini telah tumbuh sejak ribuan tahun yang lalu. Sejak mulai dari perdu hingga masa panen zaitun membutuhkan setidaknya 5 tahun dan setelah itu ia akan aktif berbuah hingga ribuan tahun. 

Pohon zaitun bisa disebut sebagai pohon serbaguna sebab dari buah, kayu hingga abunya dapat digunakan untuk keperluan manusia. Buah zaitun yang mudah dapat dimakan begitu saja untuk lalapan. Bentuknya bulat berwarna hijau kekuningan sedangkan yang masak akan berwarna kehitaman yang jika diperas akan mengeluarkan minyak.

Steve Buisinne

Minyak zaitun sangat bermanfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Jika orang-orang dulu menggunakan minyak zaitun sebagai bahan tambahan makanan, kini minyak zaitun juga dijadikan bahan kosmetik sebab diyakini dapat membuat kulit menjadi awet muda. 

Kisah tentang zaitun tidak hanya ada di dunia. Alloh SWT juga telah menyebut zaitun dalam Al-Qur'an. Hal ini karena zaitun dan tin memang dua buah yang diberkati. Apa saja keistimewaan buah zaitun dan tin? Berikut penjelasannya.

Didalam surah at-Tin ayat pertama Alloh SWT bersumpah menggunakan nama dua macam buah yaitu buah tin dan ziatun. Benda apapun yang diucapkan Alloh SWT dalam sumpah-Nya berarti memiliki keistimewaan tersendiri. Buah  tin dan buah zaitun pun memiliki keistimewaan yang menakjubkan. Dalam haidirsnya nabi Muhammmad SAW bersabda:

"Makanlah zaitun dan pakailah minyaknya karena zaitu termasuk pohon yang diberkati" (HR. Tirmidzi).

Inilah keistimewaan buah zaitun dan tin
 
1195798

Pohon zaitu termasuk pohon yang selalu hijau dan usianya sangat panjang. Pohon zaitun dapat hidup hingga seribu tahun. Pohon zaitun ditemukan sejak ribuan tahun yang lalu bahkan sebelum Bahasa tulis bekembang. Buah zaitun menghasilkan minyak yang besar manfaatnya. 

Minyak zaitun sangat menyehatkan karena tidak mengandung zat-zat yang mengakibatkan pembekuan maupun penyempitan pembuluh arteri. Mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol mencegah munculnya kanker mencegah terjadinya stroke. 

Mencegah penuaan dini mencegah timbulnya jerawat, tekanan darah lebih terkontrol mengatasi kerontokan rambut dan masih bagnyak lagi fungsi yang lain. Minyak zaitun dapat juga dimanfaatkan sebagai minyak aromaterapi karena baunya yang khas dan wangi. 

Bahkan minyak zaitun dapat diolah sebagai kosmetik, minyak rambut dan juga sabun. Pohon dan ranting buah zaitun dapat pula dimanfaatkan sebagai siwak/alat untuk membersihkan lidah dan gigi.

Jika dahulu zaitun dikenal sebagai pohon khas Timur Tengah namun kini nyatanya zaitun dapat tumbuh tidak hanya di negara-negara wilayah sana. Zaitun juga dapat tumbuh di daerah beriklim tropis dan lembab. Inilah keistimewaan zaitun sehingga tidak hanya sebagian orang yang dapat merasakan manfaatnya tapi juga siapapun dan dimanapun.

Inilah keistimewaan buah tin

Selain buah zaitun, satu lagi buah yang disebut Alloh SWT dalam surah at-tin yaitu buah tin. Pohon tin masih kerabat pohon beringin dan memiliki nama yang berbeda. Dalam bahasa Inggris pohon ini dikenal dengan nama fig artinya pohon ara umum. Sedangkan nama latinnya adalah Ficus Carica L. Tin yang berasal dari Asia Barat ini sudah terkenal keistimewaannya di dunia banyak orang mengambil manfaat dari buah tin.

Nabi Muhammad saw bersabda dalam hadistnya tentang buah ini.

“Seandainya aku boleh mengatakan bahwa ada buah yang diturunkan dari surge maka akan kukatakan bahwa bua itu adalah buat tin. Sebab buah-buah surge tidak memiliki biji, karena itu makanlah buah tin ia dapat mengobati penyakit bwasir dan menyembuhkan encok (sakit persendian)" Tafsir al Qurtubi

Para ahli menemukan kandungan buah tin yang menakjubkan meliputi 18 persen kandungan serat, 53 persen karbohidrat termasuk monasakarin dan zat tepung, 3,6 protein serta senyawa garam yang bermacam-macam. Beberapa vitamin enzim desintektan, serta kandungan air yang banyak. Begitu beragam kandungan manfaat yang terdapat dalam sebutir buah tin.

Serupa dengan zaitun buah tin sangat berkhasiat untuk kesehatan. Mengkonsumsi buah tin secara rutin dapat mengatasi hipertensi dan jantung coroner mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, mencegah tumor dan kanker mematikan serta banyak lagi manfaat yang lain.

Buah zaitun dan buah tin sekarang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Jadi kita bisa menikmatinya dengan lebih mudah. Kita juga dapat menemukan varian olahan keduanya dalam bentuk minyak, makanan dan teh. 



Source : 101 Fakta Unik Islam
Wikipedia
Back To Top