Keistimewaan Buah Kurma Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Dwina.net - Menjaga kesehatan selama mengandung sangat penting sebab di dalam kandungan bayi akan memperoleh asupan gizi lewan apa yang di makan sang ibu. Sel-sel tubuh bayi akan terbentuk begitupula dengan otaknya. Jika ibu tidak memperhatikan makanan yang masuk ke mulut bisa jadi ketika lahir bayi akan membawa penyakit yang ia dapatkan ketika masih dalam kandungan.

grid.id

Beberapa pemakanan sehat hendaknya dikonsumi bahkan sebelum mengandung. Istilahnya jika ibu ingin melakukan promil atau program hamil maka makanan menjadi faktor penting dalam keberhasilan program tersebut.

Jenis makanan instant atau tidak sehat sebaiknya dihindari. Cobalah untuk beralih ke makanan sehat seperti misalnya kurma. Kurma dikenal sejak zaman nabi memiliki kandungan gizi lengkap. Buah kesukaan Rasulullah ini menjadi makanan pokok yang lebih sering dikonsumsi oleh beliau. Kenapa kurma menjadi pilihan? berikut keistimewaan buah kurma untuk kesehatan ibu hamil.

Fakta kurma
Kurma memiliki kandungan gizi yang hampir lengkap. Dalam sebutir kurma memiliki tidak kurang dari:
Serat – 6,7 gram. Kalium – 696 miligram. Tembaga – 0,4 miligram. Mangan – 0,3 miligram. Magnesium – 54 miligram. Vitamin B6 – 0,2 miligram. Jadi tidak heran jika buah ini menjadi salah satu buah yang baik untuk ibu hamil. Meskipun memiliki kandungan gula, ibu tidak perlu khawatir asal dimakan dalam porsi yang tepat maka kurma akan menjadi penguat janin. 

zaidul akbar

Keistimewaan buah kurma untuk kesehatan ibu hamil:

Tidak hanya untuk ibu hamil kurma juga berkhasiat untuk kesehatan bayi karena kurma tinggi:
  1.  Protein yang dibutuhkan untuk produksi asam amino
  2. Sumber energi yang baik
  3. Mencegah sembelit
  4. Memudahkan proses buang air besar
  5. Mencegah cacat lahir pada bayi
  6. Sumber vitamin yang lengkap
  7. Tinggi magnesium
  8. Menjaga keseimbangan kadar garam dalam tubuh

Porsi makan kurma untuk ibu hamil atau masa promil
Segala sesuatu yang sehat jika dimakan secara berlebihan bisa mengakibatkan efek negatif begitupun kurma. Jadi biarpun sehat tetap harus ada aturannya ya.

Untuk ibu hamil sebaiknya makan kurma tidak lebih dari 7 butir sehari. Hal ini tidak hanya baik untuk kandungan melainkan juga seperti sabda Nabi yang mengatakan "Tidak akan terkena sihir orang yang makan kurma sebanyak 7 butir dari pagi hingga sore"

Jika ibu ingin menjalankan program hamil kurma juga bisa menjadi menu andalan dan akan lebih baik lagi jika ibu mengkonsumsi VCO atau virgin coconut oil, propolis dan rajin minum rimpang. Rimpang adalah rempah-rempah bumbu dapur seperti kunyit, jahe, kayu manis dll. Banyak orang kini mengabaikan rimpang dan makanan sehat. Mereka lebih suka berkonsultasi dengan dokter dan minum obat hormon. Padahal untuk bisa membesarkan indung telur obatnya ngga jauh-jauh dari rimpang dan makanan sehat.

pixabay

Kurma memperlancar proses bersalin
Pernahkah ibu mengalami proses melahirkan yang sangat lama. Bahkan sangkin lamanya rasanya ngga tahan. Sakit mulas yang datang hilang saat bayi mencari jalan dapat dikurangi yaitu dengan minum sari kurma atau makan kurma. 

Makanlah kurma secara rutin seminggu jelang tanggal melahirkan. Selain itu konsumsi juga sari kurma.  Kurma mendorong oksitoksin untuk melakukan kontraksi di rahim sehingga meningkatkan sensivitas di uterus. Asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh di dalam kurma memberi asupan energi, juga memproduksi prostaglandins yang dibutuhkan untuk persalinan. Selain itu, kandungan serotonin, kalsium dan tanin membantu kontraksi otot rahim sehingga proses persalinan menjadi lebih cepat.

Selain mengkonsumsi makanan bergizi jangan lupa untuk mengurangi sebanyak mungkin makanan yang sampah. Makanan sampah maksudnya makanan yang penuh pengawet, penyedap tambahan dan makanan instant. Masukkan buah dan sayur dalam pemakanan harian ibu agar lebih sehat dan bayipun lahir sehat.
Tag : kesehatan
Back To Top