Misteri Bawah Laut yang Gelap

Dwina.net - Assalamualaykum..

Teman-teman suka main ke pantai ngga. Abis main kepantai terus lari ke hutan, terus tereak "KENAPA NGGA KAU BAYAR HUTANGMU HAH" eh ini apa? Pelampiasan dari kisah pribadikah? xixixixiixix

Yah, begitulah teman-teman sekalian. Namanya juga blog pribadi, apa aja diceritain apalagi kalo yang punya mamak syantik, merangkap ojek pribadi anak. #KibasJilbab.

Saya hari ini rencanya mau ngomongin prasangka buruk beserta bahayanya tapi karena kurang mateng kok kayaknya ngga enak gitu buat di kisahkan. Jadilah muter ke arah Misteri Bawah Laut yang Gelap. Sebenere kisah ini ada di buku 101 fakta unik islam tapi saya mau share aja. Boleh kan..bolehkan...

public comain pictures

Setiap orang mungkin ya, rata-rata suka melihat keindahan laut. Pantai dan gelombang laut itu seperti harmoni dan menyimpan misteris. Pasir yang dihasilkan pun beda membuat manusia seharusnya ngga berhenti bersyukur atas nikmat ciptaan Alloh yang perfect ini. Lah pasir di setiap pantai aja iso beda loh gaes. Piye jal, padahal airnya ya podo asine tho. Ombaknya juga byarrr...byarrr gitu.

Menikmati keindahan laut itu ngga ada habisnya teman, seolah-olah dia selalu memberikan suasana yang beda. Ini belum kalo kita menikmati sunset di tepian laut ya. Masya Alloh.... sungguh Alloh itu ngga tanggung-tanggung dalam menciptakan sesuatu.

Jadi gaes, yang aku heran indahnya laut bila di lihat dari permukaan akan berbanding terbalik jika kita melihat dasar lautnya. Udah pernah liat dasar laut? Saya udah dong. Di tv. wkwkkwkwkw

Well, meskipun cuma lihat di tv tapi sunggu beda banget sama permukaannya. Dasar laut itu gelap gulita ngga ada cahaya samsek, alias sama sekali. Terus apa yang bikin laut seperti itu, dan menurut riwayat gelapnya bawah laut diumpakan dengan orang kafir. Berikut ulasannya.

Misteri Bawah Laut yang Gelap

quang ngunyen vinh

Laut merupakan salah satu bukti kebesaran Alloh SWT. Salah satu ciptaan-Nya itu sangat indah dan penuh manfaat. Keadaan bawah laut yang dalam dan gelap berbeda jauh dengan kondisi di permukaannya yang indah memesona. Konon manusia tidak mampu menyelam di laut dengan kedalaman di bawah 40 meter tanpa peralatan khusus. Pengukuran yang dilakukan dengan berbagai peralatan modern mengungapkan bahwa pada kedalaman 200 meter hampir tidak ada cahaya. 

Dan pada kedalaman 1.000 meter tidak dijumpai lagi adanya cahaya langsung. Ibaratnya, jika seseorang melampaikan tangan pada kedalaman tersebut maka tidak akan terlihat. Fakta lain yang menajkubkan adalah ombak. Ombak dan gelombang  juga terjadi pada kedalaman itu karena perbedaan kerapatan atau suhu air. hanya saja. ombak ini tidak bisa dilihat dengan mata biasa, tetapi harus menggunakan peralatan khusus.

Fakta ilmiah tentang keadaan bawah laut itu sudah Alloh SWT jelaskan kepada Nabi Muhammad saw. Sejak 1400 tahun yang lalu melalui firmannya.

"Atau (keadaan orang-orang kafir) seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh gelombang demi gelombang, di atasnya ada (lagi) awan gelap. Itulah gelap gulita yang berlapis-lapis. Apabila dia mengeluarkan tangannya hampir tidak dapat melihatnya. Barangsiapa tidak diberi cahaya (petunjuk) oleh Alloh, maka dia tidak mempunyai cahaya sedikitpun" (QS An-Nur : 40)

Misteri api di dalam laut

gerald lobelwein
Mungkin kita eh saya awalnya ngga percaya dengan adanya api di dasar laut. Secara laut kan isinya air ya. Terus dimana apinya? Sampai kemudian saya menemukan hadist ini dan penjelasannya.

"Tidak ada yang mengarungi lautan, kecuali orang yang pergi haji, berumrah atau berperang di jalan Alloh SWT. Sesungguhnya di bawah laut ada api dan di bawah api ada laut" (HR Abu Dawud)

Setelah Perang Dunia II berakhir, para ilmuwan menyelidiki dasar laut untuk mencari harta karun atau sisa-sisa peradapan kuno yang tenggelam. Mereka dikejutkan dengan penemuan serentetan gunung berapi di tengah-tengah samudra.

Gunung itu menghasilkan magma panas yang jumlahnya melebihi muntahan magma gunung-gunung di daratan. Namun yang bikin takjub adalah suhu magma yang mencapai ribuan derajat Celcius itu tidak menjadikan air laut menguap semuanya. Hanya suhu air dan meaterial di sekitar magma menjadi naik.

Para ahli mengambil sampel tanah di sekitar magma yang suhunya mencapai 300 derajat Celcius. Ternyata air samudra yang berlimpah tidak mampu mendinginkan magma tersebut. Begitulah kuasa Alloh SWT menyeimbangkan alam.

Fakta adanya api di bawah laut yang tersimpan dalam gunung di bawah laut membuat kita menyadari bahwa kita ini kecil di hadapan Alloh. CiptaanNya yang meliputi langit dan bumi hendaknya membuat kita senantiasa bersyukur atas segala nikmat Alloh yang tiada tara.






sumber: 101 Fakta Unik Islam/Ririn Astutiningrum
Back To Top