Keistimewaan Surah Maryam untuk Kesehatan Ibu Hamil

Dwina.net - Al qur'an diturunkan langsung oleh Alloh kepada Rasulullah Muhammad sebagai petunjuk dalam menjalani kehidupan. Membaca Al qur'an tidak hanya bernilai ibadah tapi juga sebagai panduan hidup. Jika hati merasa gelisah cobalah untuk membaca Al qur'an dengan khusu' Insya Alloh hati akan tenang. Karena ketenangan hati sifatnya mengacu kepada jiwa namun kegelihasan hati akan terefleksi dalam tindakan sehari-hari.

cnnIndonesia

Di dalam Al qur'an banyak surah yang mengisahkan bagaimana zaman Rasulullah bahkan sebelum Rasulullah di utus untuk menjadi nabi. Salah satu surah yang mengisahkan zaman sebelum Rasulullah adalah surah Maryam. Surah ini berisi tentang kisah seorang perempuan bernama Maryam. Perempuan suci yang selama hidupnya tidak pernah menikah dan tidak juga dicampuri oleh laki-laki manapun. Namun dengan kehendak Alloh, Maryam mengandung seorang bayi laki-laki yang diberi nama Isa. Isa merupakan nabi sebelum Muhammad.

Kisah bagaimana Maryam akhirnya mengungsi karena tidak tahan di ejek oleh orang-orang saat itu dan bagaimana ia melahirkan dikisahkan lengkap dalam surah ini. Maka membaca surah maryam menjadi keutamaan untuk ibu yang sedang mengandung. Tidak hanya untuk ketenangan janin tapi juga untuk kesehatannya. Berikut keistimewaan surah maryam untuk kesehatan ibu hamil.

Mengandung bayi berarti menjaga titipan Alloh maka sudah selayaknya sebagai calon ibu benar-benar memperhatikan kesehatannya. Baik kesehatan batin maupun lahir. Pada kehamilan trimester pertama mungkin akan banyak mengalami kendala seperti morning sickness. Rasa emosi yang naik turun disebabkan oleh hormon dalam tubuh kadang memicu berbagai masalah. Hal ini bisa berdampak tidak hanya bagi sang ibu tapi juga orang-orang di sekelilingnya. 

Mood swing berkaitan dengan hati. Oleh sebab itu mendekatkan diri kepada Alloh adalah satu-satunya obat. Mengapa demikian? Jika tubuh sakit mungkin bisa dicari obatnya namun jika jiwa yang sakit obatnya hanya pada ketenangan hati. Untuk itu penting bagi ibu menjaga kesehatan hatinya selama mengandung.


Bagaimana surah maryam bisa menjadi pengobat bagi ibu hamil.

Selama kehamilan berlangsung mungkin ibu akan mengalami beberapa kondisi yang tidak menyenangkan misalnya sakit, tidak enak tidur, mual, alergi bahkan ada yang sampai merasa lemah hingga trimester terakhir. 

Berbaik sangka kepada Alloh merupakan salah satu obat awal jika mengalami kondisi di atas. Selanjutnya tingkatkan motivasi diri dengan menanamkan rasa syukur bahwa ibu sedang di titipi Alloh zuriat yang tidak semua wanita bisa mendapatkannya. Jika hati sudah menemukan kuncinya ibu bisa mencari usaha untuk menenangkan hati misalnya dengan membaca surah maryam. 

Dalam surah maryam di kisahkan bagaimana Maryam merasa kondisi tubuhnya yang tidak nyaman. Kisah ini ada dalam ayat 22 - 25 yang artinya: 

"Maka dia (Maryam) mengandung lalu ia mengasingkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh" (Surah Maryam ayat 22)

"Kemudian rasa sakit akan melahirkan memaksanya bersandar pada pangkal pohon kurma. Dia (Maryam) berkata "Wahai betapa (baiknya) aku mati sebelum ini. Dan aku menjadi seorang yang tidak diperhatikan dan dilupakan" (Surah Maryam ayat 23)

"Maka ia (Jibril) berseru kepadanya dari tempat yang rendah "Janganlah engkau bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu". (Surah Maryam ayat 24)

"Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu kearahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu" (Surah Maryam ayat 25)

Dari ayat ini dapatlah ibu memetik hikmah tentang bagaimana susahnya Maryam ketika mengandung. Beliau sendirian, di hina dan tidak diterima oleh masyarakat di kampungnya sehingga memaksanya untuk mengasingkan diri karena malu. Dan bagaimana Maryam menghadapi persalinan sendirian tanpa ada orang yang membantu. Maryam kesakitan dan kelaparan namun pertolongan Alloh senantiasa datang kepada hambanya yang sedang kesulitan.

Kisah Maryam hendaknya menjadi iktibar bagi para ibu tentang rasa syukur kepada Alloh karena di masa kehamilannya ada suami serta keluarga yang mendampingi. Karena itu menjaga kesehatan hati dengan senantiasa bersyukur adalah pengobat. 

pixabay

Selain itu dalam surah Maryam juga di ada do'a agar memperoleh anak yang senantiasa berbakti kepada orang tua. Seperti dalam surah Maryam ayat ke 14:


وَبَرًّا بِوَالِدَيْهِ وَلَمْ يَكُنْ جَبَّارًا عَصِيًّا

“Dan seorang yang berbakti kepada kedua orang tuanya, dan bukanlah ia orang yang sombong lagi durhaka” (QS. Maryam: 14).

Ayat ini bisa menjadi do'a agar kelak anak yang dilahirkan adalah insan terbaik dan senantiasa membahagiakan kedua orang tua.

Jadi para ibu selama masa kehamilan banyak-banyaklah berzikir dan membaca surah-surah yang dapat menjadi pengobat untuk menjaga kesehatan hati agar senantiasa dekat dengan Alloh. Demikian Keistimewaan Surah Maryam untuk Kesehatan Ibu Hamil semoga menambah pengetahuan dan rasa syukur kita kepada Alloh.
Back To Top