Penatapen, Persinggahan Nan Eksotis di Berastagi

Dwina.net - Banyak wisatawan yang ingin ke Berastagi lewat Penatapan. Kenapa sih? mulanya saya penasaran karena berkali-kali berkunjung ke wilayah Berastagi dan sekitarnya tapi ngga singgah ke Penatapan. Cuma denger dari teman atau keluarga tentang penatapan. Dalam image saya Penatapan ya seperti tempat wisata umumnya. Bisa gelar tiker, ada sungai atau mungkin kebun strowberry. Eh rupanya salah, Penatapan ini seperti persinggahan yang letaknya persis di pinggir jalan. 

berastagi
kabutnya ngga pernah berhenti. dingin

Lokasi persisnya sih ada di Jalan Jamin Ginting KM 55, Doulu, Berastagi, Martelu, Sibolangit, Martelu, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Jadi orang lebih kenal tempat ini dengan sebutan Penatapen Doulu. Lokasinya seperti rest area gitulah sebelum kita naik terus ke Berastagi boleh donk singgah di sini dulu. 

Apalagi buat kami yang berada di tengah kota Medan butuh waktu tempuh sekitar 4 jam ke Berastagi. Kalo jalan lancar ya, kalo pas weekend, apalagi liburan udahlah ya, makin panjang antrian wisatan yang mau ke Berastagi. So, Penatapen menurut saya reperti rest area yang lokasinya strategis banget.

Apa sih yang bisa kalian nikmati di Penatapen Doulu?
Yang pasti pemandangan pegunungan sekitar dengan udara yang sejuk banget. Penatapen memang dibangun di tepian tebing yang mengarah ke pegunungan Berastagi. Ada air terjun Sikulikap. Air terjun ini seperti air terjun tersembunyi karena letaknya agak jauh ke dalam tapi jika dari Penatapen kalian cuma perlu jalan kaki sekitar 15-20 menitan gitu. Air terjun ini ngga kalah indah dari air terjun Sipiso-piso yang sudah lebih dulu terkenal.

kabutnya lagi turun :)

Selain air terjun Sinulingkap ada juga juga pemandangan indah pegunungan dengan kabut yang ngga pernah berhenti turun. Penatapan sendiri letaknya di atas jalan berbukit jadi kalau di jam-jam tertentu kabut bahkan turun hingga ke jalan. Yang artinya jarak pandang akan berkurang sebab kabut menyelimutinya. Brrrr dingin banget.

Makanan favorit di Penatapen
Yang namanya rest area tentu ngga jauh-jauh dari makan ya. Nah, penatapen juga gitu, kawan. Menu makanan ringan seperti mie, nasi goreng, miso jadi menu favorite di sini. Selain itu jangan lupa minuman panasnya. Karena lokasi wisata ini dinginnya ampun-ampunan jadi air panas juga cepet banget dinginnya. Selain itu ada juga jagung bakar. Eh, jagung bakar ini banyak juga sih dijual di sepanjang jalan menuju berastagi. Tapi kalian tetap bisa menikmatinya sambil duduk santai di Penatapen.

berastagi
rumah singgah untuk yang bawa bayi

Buat yang ngga terlalu suka dingin ada juga disediakan bangunan berbentuk rumah di pintu masuk Penatapen. Ini sih buat yang bawa bayi atau anak-anak ya. Di dalamnya juga ada kedai makan jadi bisa istirahat sambil menikmati menu makanan yang disajikan.

Banyak ulasan dari netizen tentang penapatan loh. Mungkin bisa jadi referensi buat kalian yang mau ke Berastagi dan istirahat sebentar di sini. Berikut kata netizen by google local guide.


Buat kalian yang nge trip ke Berastagi jangan lupa ke Penatapen ya. Kalau mau lebih mengeksplore kalian bisa turun untuk ke air terjun Sinulingkap. Selamat berlibur.....
Tag : traveling
Back To Top