Nasi Goreng Pattaya a.k.a Omurice

Sewaktu saya tinggal di Penang saya sering pesen nasi goreng Pattaya. Nasi goreng Pattaya ini berasal dari Thailand yang sudah diadaptasi oleh orang Melayu Malaysia. Bentuknya seperti nasi goreng biasa tapi yang bikin istimewa nasi gorengnya dibungkus telur dadar.

Beberapa tahun tinggal dinegeri sendiri bikin saya rindu makanan ini, lah pas saya nonton drama korea Roof Top Prince kok ndilalah ada nasi goreng yang mirip dengan nasi goreng Pattayanya Thailand. Namanya Omurice. Omurice sendiri di terdiri dari nasi yang digoreng dengan campuran daging, sayur dan bumbu. Lalu di gulung pake telur dadar. Bentuknya lebih imut dari pada nasi goreng Pattaya yang biasanya di sajikan lebar, selebar piring sajinya.

Well, sebagai emak-emak irit nan hemat tentu dong hobi eksperimen di dapur sendiri. Ya jelaslah masak didapur tetangga bisa kena gampar ekye bo :D. So setelah beberapa kali nyoba bentuknya belum maksimal sih tapi tetep aja kekeuh pengen saya share di sini. Jadi yah.. anggaplah ini Nasi goreng Pattaya or Omurice nya ala emak Azam. Cus ya kita intip resepnya.

Bahan nasi goreng:
Nasi putih secukupnya. Maksudnya sebanyak mana orang dirumah segitulah buat nasinya :D
1 tangkai daun bawang
2 tangkai daun seledri
1 buah wortel ukuran sedang
Bawang bombay secukupnya dicincang
Bakso pentol secukupnya
Daging ayam dipotong kecil
1 butir telur dadar kocok lepas
Garam secukupnya
Penyedap bila suka

Bumbu nasi goreng:
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt merica
1 ruas ujung jari kunyit

Pembungkus nasi goreng:'
3 butir telur  dadar beri garam dan air sedikit.

Cara memasak nasi goreng:
Tumis bumbu hingga harum lalu masukkan telur yang sudah dikocok lepas, masukkan semua bahan nasi goreng. Aduk rata, beri garam dan bumbu penyedap. Setelah masak, matikan api. Dadar telur diatas teflon sebesar loyang teflon, gunakan teflon sedang agar mudah menyusunnya. Masukkan nasi goreng ditengah telur lalu bungkus. Usahakan agar telur tidak pecah. Sajikan hangat.

nasi goreng ala Wina. www.dwina.net
*Walopun penampakannya sederhana tapi percayalah rasanya luar biasa

0 Komentar untuk "Nasi Goreng Pattaya a.k.a Omurice"
Back To Top