Java language

Sahabat blogger masih ingat gak cerita aku tentang perbedaan yang aku alami antara suku Jawa dan Medan. Kalau ada yang belum tau bisa klik disini. Sekarang aku mau melanjutkan kisahku ini, bagaimana usahaku agar bisa diterima di lingkungan yang sebagian besar berasal dari suku Jawa.

Usaha pertama adalah bertanya
bermodalkan prinsip malu bertanya gak ngomong-ngomong akhirnya akupun memulai pelajaran yang aku reka sendiri. Setiap hari mendengarkan teman-temanku berbicara dalam bahasanya dan kalau ada perkataan yang aku nggak ngerti aku akan meminta temanku mengulang sekali lagi dan nanyain kalo dalam bahasa Indonesia apasih artinya???..

menulis jadi usaha yang kedua
karena perkataan dalam bahasa jawa agak susah terutama untuk lidahku yang terbiasa menganut faham nasionalis menyebabkan aku harus menuliskan perkataan yang aku agak susah diucapkan.Dari sini aku tahu bahwa sebenernya bahasa jawa itu ada tingkatannya

tingkatan pertama namanya bahasa jawa ngoko yaitu bahasa jawa yang biasa digunakan pada umumnya.
yang kedua bahasa jawa kromo atau biasa disebut bahasa jawa halus.
Bahasa kromo ini masih di bagi dua lagi, yaitu kromo halus dan kromo inggil yang kalo kata temenku kromo inggil ini umumnya digunakan di keraton seperti keraton Solo dan Yogyakarta.

Ada beberapa perkataan yang artinya sama tapi pengucapanya beda seperti
Aku itu bahasa jawa ngoko
kulo dalam bahasa kromo
dalem dalam bahasa kromo inggilnya

sebenernya masih banyak lagi perkataan yang sudah ku fahami tapi gak mau aku tulis semua yah ntar kepanjangan nih postingan. Akhirnya seiring waktu berjalan makin banyak perkataan yang aku mengerti artinya dan ini memudahkanku untuk berbicara dengan teman-teman disini.


***

"Diajeng...." satu sms aku terima

"Dalem" balasku via sms

"eits, bisa bahasa kromo juga yah?"
"saweg menopo" sms kuterima dari orang yang sama

"ningali tv" balasku lagi, masih via sms

"dalem ngantos kimpen diajeng ndalu kepengker"

Nah lo, artinya apa nih???

Note: pengen ngepost di temenin stasiun balapannya Didi kempot, tapi berhubung gak ada ya sudahlah, di temenin ama Because you loved me nya Celline Dion aja deh.
Tag : curahan hati
49 Komentar untuk "Java language"

Artinya : saya sampai mimpiin kamu tadi malam...
Ciee...!! Asyik juga belajar bahasa jawanya hehehe

*kucek-kucek mata* beneran nih aku yg pertama ? Gak biasanya.... Surprise !

Wuihh... saiki piye mbak boso jowone... wis mangtebs yoo...?? ckckk...

Kalo boleh saya nambahin... bahasa jawa halus tu kok banyak yang sama ya kosa kata nya ma bahasa sunda halus... kayak ningali tv itu lho... orang suda kalo bilang lihat tv juga ningali tv mbak... :)

wahhh bisa sekalian kursus nii... tp ko'... hihihih.. begtu sms-annya terus.. malah mandeg?!?!?! kqkqkqkqkqkqkq... gag jd dee kursus nya :p

"dalem ngantos kimpen diajeng ndalu kepengker"
artinya:
saya kemaren malem sampe bermimpi.

eniwei, mimpi apaan yach..??

Hebat mbak!! Belajar bahasa daerah termasuk melestarikan salah satu budaya kita.

weahh aq orang jawa ajjah gag bisa bahasa jawa =D Hehe.,

hmm kulo ngertos diajeng ngendikan kados ngriku, nanging menopo mboten luwih becik malik nek njenengen taken langsung, nek saged mekaten kan diajeng saged ngertos luwih cepet, nggeh nopo mboten?

Hwekekek..
aku orang jawa, ortu jawa, nenek kakek jawa, tapi ra ngerti bahasa jawa.

Kan jawa medan. Hagshags..
Btw2, critanya sama mbak kayak aku tinggal di banjarmasin kemaren. Orang ng0m0ng aku beng0ng2 aja. Kalo kemana2 harus bawa temen biar ada yg alih bahasa. Jiahagshags..

Hehehe..semangat ya Dwina buat blajar boso jowo
LANJUTKAN !
Mo privata ama aku tah? (tapi kalo kromo inggil ya masih plitat plitut :p)

Siip, ayo Dwina terus semangat ya belajar bahasa Jawanya. Siapa tau, jodohnya nanti wong Jowo, hehehe. Menyublim....., maknanya adalah mengendap dan mengental di jiwa, begitulah menuuurut saya.

Aku mau juga dong belajar bahasa jawa.

assalamulaikum,
kabar baik mbak,
menarik sekali motivasinya.sy terus terang belum bisa seperti itu, meski itu sy akui memang perlu spy kita bisa bergaul dgn siapapun.
teruskan.....yaP!
wassalam

Salam kenal mbak..semoga pertemuan ini menjalin silaturrahmi ya...

bahasa daerah adalah salah satu kekayaan bangsa Indonesia. Sayangnya Aq g'k Sangat lancar bahasa daerahku sendiri....hehehehehe Kasian yaaa..???

oh my god..gw pusing ..pusing bacanya...

tolong ya dwina cantik...translate ke bahasa padang....hehheheh heheheh

hm......sumpah saya gak ngarti.....coba saya translete pake google ke bhs bali..googlenya ngambek!!!!!

eh yg sampai mimpiin wina sapa tuh????

Begitu ya ?.
Jadi Aku , kulo dan dalem itu sama rupanya.
nice sharing

Nuwun diajeng...
mbok menawi kepareng, ampun diumumaken masalah sms meniko, mangke malah wonten sing klaran ati.

duh wong ayu, mung sliramu jian tansah nglelewo, rino kalawan wengi.

rasane wong lagi gandrung, tansah eling siro wong manis.

batinku ra kuwowo, nandyang loro wuyung.

enggalo paring usodo, mring wakmami, kang lagio hanyidamsari.

ugo nandang asmoro...


PS : menawi ningali tipi amPun dalu-dalu, mangke marai ngantuk enjinge.

salam sayang katur saking kawulo Wong Yogja..

begitulah mbak bahasa jawa, beragam bentuknya....
jadi ingat guru bahasa jawaku dulu, katanya bahasa yg menghormati manusia itu bahasa jawa loh.... jadi ada tingkatannya, bahasa jawa itu bisa menghormati orang tua, orang sepuh, anak muda..... tp ya kadang membingungkan loh.... aq ajah yg asli orang jawa malah ribet harus ngomong kromo inggil, hehehehe

wah, asik juga nih kalo bisa bahasa jawa ya.

Klo aku mah cm ngerti dikit2 aja,, klo ada orang yg ngmong pke bahasa sunda ato jawa,, aku bisa ngerti,, tp kl disuruh ngomong ga bisa,, hehe...

Soalnya aku dl pernah tinggal lumayan lama di jawa sih...

aku orang jawa
jadi aku nggak suka pake bahasa lain kecuali javanese dan indonesia
ehehehehe

Wuaaaah.. mbak dwina lagi sinau boso jowo.
Sopo gurune, ooo... wong Jogja kuwi to

Mbak... blogmu abot bangeeeet... keno opo?

heheheeh.....artinya setuju ama mbak reni..

Kagak ngerti bhs jawa padahal org jawa.,
titip salam aja ma diajeng. hihihi

kulo nuwun, kulo wong JOWO

waduh yg percakapan terakhir via SMS itu sayah bener2 tak paham. lah koq membahas tentang bahasa jawa, sayah ini lho bahasa manusai baru sajah bisa. :P

wah saya juga ngerti bahasa Jawa, tapi Jawa Barat hehehehhe

Pingin belajar euy ... :P

cupu cuma ngerti ngalor ngidull ~
Hehheee..EHheeee.....

kimpen itu apaaaaaaaaaaaa?

sugeng sonten diajeng Wina, kulo kinten engkang dibahas meniko basa java Script utawi basa program komputer, boten ngertoso basa jawa asli... we..he..he....

selamat belajar bahasa jawa semoga cepat fasih.

yo..yo....
manteb kok boso jowon'e....he..he...

Celine dionne dirungokno enthuk-enthuk wae be tambah nresep.
:D

papaku sampai minta dibelikan kamus jawa lho krn mo belajar bahasa jawa tapi bukan jawa halus.

wong njowo ki... melu nyangkut nang kene... ha..ha..ha...

hehehe.. semangat ya blajar bhs jawanya! :P

artinya apa ya..nggak tau tuh...! kalo difikir fikir belajar bahasa jawa itu susah susah gampang ! thanks ya

Nek inyong ra baen2 gole ngomong, pokoke nek rika kpengin blajar basa ngapak, aring aku baeh, tek jamin sdina rong dina meng ngarep, cuezt pluenggg..

waduh mbak aku ga tau e,,,
tar aku kursus dulu ya,,,

Neng... kulo sampun dugi teng omahmu. :) griyane kulo sampun di buko, dede kalih buto ijo tapi, kalih kulo hohohoho....

Ngarti kagak yah ni anak...?? kabur ah, buat postingan selanjutnya ajah :D

ngahahaha diajeng saya laper, gitu yah artinya:p

kemana aja nih... kok ditinggalin

Knapa blognya ndak di update Mbak?

Wew, itu udah lumayan canggih, mba...

Back To Top