Java language

Sahabat blogger masih ingat gak cerita aku tentang perbedaan yang aku alami antara suku Jawa dan Medan. Kalau ada yang belum tau bisa klik disini. Sekarang aku mau melanjutkan kisahku ini, bagaimana usahaku agar bisa diterima di lingkungan yang sebagian besar berasal dari suku Jawa.

Usaha pertama adalah bertanya
bermodalkan prinsip malu bertanya gak ngomong-ngomong akhirnya akupun memulai pelajaran yang aku reka sendiri. Setiap hari mendengarkan teman-temanku berbicara dalam bahasanya dan kalau ada perkataan yang aku nggak ngerti aku akan meminta temanku mengulang sekali lagi dan nanyain kalo dalam bahasa Indonesia apasih artinya???..

menulis jadi usaha yang kedua
karena perkataan dalam bahasa jawa agak susah terutama untuk lidahku yang terbiasa menganut faham nasionalis menyebabkan aku harus menuliskan perkataan yang aku agak susah diucapkan.Dari sini aku tahu bahwa sebenernya bahasa jawa itu ada tingkatannya

tingkatan pertama namanya bahasa jawa ngoko yaitu bahasa jawa yang biasa digunakan pada umumnya.
yang kedua bahasa jawa kromo atau biasa disebut bahasa jawa halus.
Bahasa kromo ini masih di bagi dua lagi, yaitu kromo halus dan kromo inggil yang kalo kata temenku kromo inggil ini umumnya digunakan di keraton seperti keraton Solo dan Yogyakarta.

Ada beberapa perkataan yang artinya sama tapi pengucapanya beda seperti
Aku itu bahasa jawa ngoko
kulo dalam bahasa kromo
dalem dalam bahasa kromo inggilnya

sebenernya masih banyak lagi perkataan yang sudah ku fahami tapi gak mau aku tulis semua yah ntar kepanjangan nih postingan. Akhirnya seiring waktu berjalan makin banyak perkataan yang aku mengerti artinya dan ini memudahkanku untuk berbicara dengan teman-teman disini.


***

"Diajeng...." satu sms aku terima

"Dalem" balasku via sms

"eits, bisa bahasa kromo juga yah?"
"saweg menopo" sms kuterima dari orang yang sama

"ningali tv" balasku lagi, masih via sms

"dalem ngantos kimpen diajeng ndalu kepengker"

Nah lo, artinya apa nih???

Note: pengen ngepost di temenin stasiun balapannya Didi kempot, tapi berhubung gak ada ya sudahlah, di temenin ama Because you loved me nya Celline Dion aja deh.
Tag : curahan hati
Back To Top