Ragam Olah Raga Ringan untuk Ibu Hamil

Memasuki usia kehamilan 6 bulan, saya sudah merasa bobot badan semakin naik, memang sampai hari ini belum timbang badan sih, cuma dengan sendirinya sudah berasa berat.

Mau diet ya ngga mungkinlah, kasian dedek kalau harus terkena imbas dari kelakuan emaknya (nunjuk idung sendiri) yang pengen kurus sementara dedek berontak terus minta makan.

Nah kalau sudah begini, terfikir oleh saya untuk melakukan olah raga ringan. Biar tetep sehat meski badan makin ndut.

Setelah searching kesana-sini tentang olah raga apa yang cocok buat bumil, saya menemukan berbagai artikel menarik dan kemudian saya rangkum sendiri tentang olah raga atau latihan apa yang cocok buat ibu-ibu yang sedang mengandung seperti saya:

1. Jalan santai selama lebih kurang 20 menit setiap hari ternyata sangat efektif untuk melancarkan peredaran darah. Tidak perlu terburu-buru apalagi sampai berlari-lari, kita hanya perlu berjalan sambil mengatur pernafasan. Nikmati setiap ayunan langkah kaki sambil menghirup udara segar di sekitar rumah. Tak perlu menempuh jarak yang jauh, kita bisa melakukannya di sekitar pekarangan rumah.

2. Lakukan senam ringan. Nah setelah berjalan santai, cobalah melakukan gerakan senam ringan seperti gerakan tangan ke atas, ke depan, ke belakang dengan hitungan 8 kali setiap sesi. Ada juga kelas senam untuk ibu hamil. Tapi jika terlalu repot, cukuplah di lakukan sendiri di rumah.

3. Yoga. Olah raga yang satu ini lebih kepada olah nafas. Apalagi untuk ibu yang sedang mengandung. Yoga bisa di lakukan di rumah dengan panduan buku tentang yoga, kita bisa meniru gerakan yang sesuai untuk kita dan bayi.

4. Berenang. Nah kalau yang satu ini jujur saya sendiri belum pernah coba. Artinya selama mengandung belum pernah berenang. Yang ada paling berenang di kasur. Tapi buat Anda yang ingin mencoba, ini baik untuk mempelancar persalinan, sebab dengan berenang maka seluruh otot akan bereaksi seiring dengan pernafasan. Jika ingin mencoba, Anda bisa memilih gaya bebas sebab gerakan ini lebih santai dan tidak terburu-buru.

Buat ibu-ibu selamat mencoba ya.. semoga kandungan Anda sehat dan memperoleh kelancaran pada saat persalinan nantinya.

Tag : kesehatan
5 Komentar untuk "Ragam Olah Raga Ringan untuk Ibu Hamil"

berenang? wah kalo ngebayanginnya serem juga ya, tapi selamat mencoba deh...

Semoga Ibu dan dedeknya selalu diberi kesehatan hingga saat persalinannya nanti berjalan lancar...

anak-anak suka berenang mbak, eh tapi lagi ga hamil hehehe.
kalau berenang dikasur paling enak malem-malem ya :)
duh ini komen ngaco deh

wah.. wina ge mo punya dd ya?? slamat ya,. slamat (dhe ktinggalan brita kayaknya e.. hehehe)

trims bwt info sarannya ne, x2 aja klo hamil, bs ikuti tu saran :D

waahhhhhh udah mau punya dede?!?!?!?!

jiaaahhhhhh......eh udah ketahuan lum cewe ato cowo?!?!?!

selamat ya Win, jd udh enam bulan toh?
istriku dah masuk bulan 8 nih Win...
makasih ya utk tips diatas.
tar aku sampein ke istriku.

Back To Top