Tips Mudah Mengolah Telur agar Tetap Sehat Dikonsumsi

Telur adalah salah satu menu yang sering dijumpai dalam berbagai jenis makanan. Ada banyak kandungan gizi dalam telur yang baik untuk dikonsumsi. Salah satu manfaat telur adalah protein yang berguna bagi tubuh. 

Selain Protein ternyata telur dengan dua bagian putih dan kuning ini memiliki kandungan yang berbeda. Kuning telur mengandung mineral dan zat besi sedangkan putih telur 0 kolesterol. Ini membuat telur menjadi begitu digemari sebagai salah satu menu makanan.

Kandungan gizi dalam telur menjadi tidak bermanfaat jika diolah dengan salah. Berikut cara mengolah telur agar tetap sehat dan aman.

vemale.com
1. Cara mengolah telur rebus
Telur rebus dapat langsung dimakan atau divariasikan dengan cabai atau masakan lain. Sebelum menggoreng telur yang sudah direbus. Kerat telur secara vertikal supaya tidak meletus dan pecah sewaktu digoreng.

2. Panaskan minyak sebelum menggoreng telur
Minyak yang belum terlalu panas akan menyerap pada telur. Hasilnya telur akan berminyak dan kandungan 0 kolesterol pada telur akan terpengaruh.  Panaskan minyak lalu masukkan telur sebentar saja. Minyak yang panas akan membuat kulit telur langsung kecoklatan namun tidak terlalu berminyak.

3. Pastikan telur rebus tidak dalam kondisi robek bagian putihnya, kenapa?
Telur rebus yang terlanjur robek akan menghasilkan kuah masakan yang kotor, terutama jika ingin mencampur telur rebus dalam sup atau masakan berkuah. Tips mudah agar telur tidak robek ketika dikupas: 
  • Rebus telur dengan air yang menutupi hingga permukaan telur.
  • Setelah mendidih masukkan telur dalam air dingin.
  • Kupas telur setelah kondisinya benar2 dingin.
  • Pilih telur dengan kondisi baik, tidak retak dan tidak bergoncang.
4. Jangan mendadar telur dengan minyak banyak
Gunakan hanya satu sendok teh minyak untuk mendadar telur. Aduk bagian tengah telur begitu bagian bawahnya sudah berkulit. Biarkan telur yang masih mencair masuk ketengah. Hasilnya telur akan menjadi lebih tebal dan tidak kering.

5. Tambahkan air dalam adonan dadar telur
Caranya: kocok telur seperti biasa masukkan garam dan gula. Lalu tambahkan 2 sendok teh air kedalam adonan lalu dadar seperti cara di atas. Guna air adalah agar telur tidak keras ketika sudah dingin.

6. Telur ceplok dengan banyak dan sedikit minyak goreng
Sebenarnya membuat telur ceplok agak susah-susah gampang. Telur yang diceplok dalam minyak banyak akan menghasilkan telur yang kering, keriting dan berlubang-lubang. Sementara telur ceplok dengan minyak sedikit akan menghasilkan telur yang halur, lebar dan pipih. Lebih baik gunakan margarin agar hasil telur ceplok semakin mulus.

7. Jika Ingin mencampur santan ke dalam telur lakukan cara berikut:
  • Kocok telur hingga benar-benar tercampur dengan baik
  • Masukkan santan atau cairan lain sedikit demi sedikit.
  • Sambil memasukkan santar kocok terus adonan telur agar tidak menggumpal .
  • Adonan yang tidak tercampur rata akan menghasilkan masakan yang berair.
  • Resep ini berguna jika ingin membuat gadon dan lain-lain yang memerlukan bahan cair selain telur.

1 Komentar untuk "Tips Mudah Mengolah Telur agar Tetap Sehat Dikonsumsi"

paling sering banget makan telur di rumah

Back To Top