4 Hal yang Diambil Allah Ketika Sakit, No 4 Paling Kamu Suka

4 hal yang diambil Allah ketika sakit - Sakit, siapa yang ingin sakit? jawabannya tentu tidak ada. Semua manusia bahkan mahluk lain semua ingin sehat. Karena ketika sakit segala kenikmatan akan dicabut. Tubuh yang bugar akan lesu. Mata yang ceria akan sayu, lidah yang tadinya mengecap aneka rasa jadi tidak berasa dan yang paling ditakutkan oleh kebanyakan orang ketika sakit adalah mati. Padahal manusia hidup tujuan akhirnya adalah mati. Siap tidak siap, mau tidak mau kematian akan menjemput bagaimanapun caranya.

Itu sebabnya kenapa Allah tidak main-main dalam soal sakit. Dalam sakit sebenarnya banyak itibar atau pengajaran yang bisa diambil. Manusia tidak akan bisa belajar tentang kehidupan dengan baik jika tidak di uji dengan berbagai hal. Dan sakit adalah salah satu ujian yang jika bisa dilewati dengan sabar maka imbalannya adalah surga.

Bukti dari perhatian Allah pada hambanya salah satunya dibuktikan lewat sakit. Maka jangan mengeluh terlalu banyak ketika tubuh atau jiwa merasa sakit. Sejatinya itu adalah bentuk perhatianNya. Ada empat hal yang diambil Allah ketika sakit. Apa sajakah itu?

4 hal yang diambil Allah ketika sakit

Selera makan akan hilang ketika sakit

Ketika sakit selera makan akan hilang. Ini bukan tanpa sebab secara medis lidah akan mengalami penurunan produksi air liur, papil lidah yang menyebabkan indra pengecap ini kehilangan fungsinya. Disamping itu konsumsi obat juga menjadi penyebab kenapa lidah pahit. Rasa pahit ini otomatis akan menurunkan selera makan. Karena sebagai indra pengecap lidahlah yang pertama kali memberi rangsangan ke otak mengenai rasa dari makan tersebut.

Tubuh akan menjadi lemah ketika sakit

Kesehatan yang selama ini melekat dan tubuh seolah kehilangan kekuatannya. Jangankan untuk berjalan berdiri saja rasanya sulit. Ketika sakit Allah memang memerintahkan malaikat untuk mengambil kekuatan tubuh kita. Mengapa? ini bukti bahwa tiada daya upaya dalam diri kecuali karena ridhoNya. Maka tidak layak rasanya sebagai manusia menyombongkan diri terhadap tubuh yang sehat dan wajah yang cantik, karena ketika sakit semua  itu akan diambil.

Cahaya wajah akan hilang dan berubah lesu

Allah memerintahkan malaikat untuk menarik cahaya dari wajah orang yang sedang sakit. Coba bandingkan wajah Anda ketika sehat dan saat sedang sakit tentu ada perubahannya bukan? Ketika sehat wajah akan berseri dan senyum senantiasa terpancar. Cahaya mata juga akan lebih banyak berbicara. Namun semua berubah ketika sakit.

Dosa

Benarkah dosa akan ditarik Allah ketika sakit? perhatikan hadist Rasulullah berikut "Sakit panas dalam sehari semalam dapat menghilangkan dosa selama setahun"

"Tiada seorang mu'min yang ditimpa oleh lelah atau penyakit atau risau fikiran atau sedih hati, sampaipun jika terkena duri, melainkan semua penderitaan itu akan dijadikan penebus dosanya oleh Allah" (HR. Bukhari - Muslim)

Jadi intinya bersabarlah ketika ditimpa musibah baik itu sakit atau musibah lainnya. Karena semua yang terjadi di atas bumi ini tidak ada yang luput dari pandangan Allah.

Dan ketika seseorang itu sembuh hanya ada satu hal yang tidak dikembalikan Allah, apakah itu? Simak dalam postingan selanjutnya ya

0 Komentar untuk "4 Hal yang Diambil Allah Ketika Sakit, No 4 Paling Kamu Suka"
Back To Top