5 Langkah Perawatan Kulit Bayi Saat Liburan

5 langkah perawatan kulit bayi saat liburan - Kulit bayi 3x lebih tipis dan rentan dibandingkan kulit orang dewasa. Oleh karena itu kita perlu merawatnya dengan tepat agar selalu sehat dan terhindar dari iritasi. Apalagi dimusim liburan dimana bayi akan lebih sering terpapar sinar matahari. Bukan hanya kulit bunda yang perlu dirawat, kulit bayi juga loh.

Liburan biasanya akan diisi dengan jalan-jalan misalnya ke pantai, mall, atau keliling kota. Nah biar liburan si bayi tetap aman dan nyaman yuk rawat kulitnya lebih intents.

Berikut ini beberapa tips yang dapat ibu lakukan:

rawat bayi saat liburan

1.    Hindari kontak dengan sabun yang keras dan detergen.
Gunakan hanya produk mandi yang terbukti secara klinis lembut dan aman. Juga cuci pakaian bayi dengan detergen yang lembut dan pastikan membilas dengan benar untuk menghilangkan sisa detergen. Ibu bisa membawa sabun cuci pakaian berukuran kecil agar tidak memakan banyak tempat.

2.    Kurangi kontak langsung dengan bahan yang dapat menyebabkan iritasi.
Urin, feses, air liur, keringat, dan sisa makanan dapat menyebabkan iritasi. Untuk itu jaga kebersihan kulitnya dari sisa makanan, ASI, dan kotoran. Ganti popoknya dengan teratur sedikitnya 4 jam sekali. Gunakan baby cream pada daerah popok untuk menghindari iritasi. Biasanya bayi dengan kulit sensitive butuh perawata ekstra. Nah jangan lupa untuk selalu memberikan baby cream ya.

3.    Jaga kelembaban kulit.
Kulit bayi cenderung mudah menjadi kering dan mudah terjadi iritasi jika terlalu lama terpapr sinar matahari. Ibu sediakan baby lotion untuk menjaga kelebabannya dan mengurangi terjadinya iritasi. Sapukan boby lotion pada bagian tangan, kaki dan bagian lain yang terpapar sinar matahari.

4.    Cegah iritasi akibat bergesekan dengan pakaian/kain.
Gunakan pakaian yang berbahan lembut dan longgar. Keringkan badannya dengan menggunakan handuk yang lembut dan dengan cara ditepuk-tepuk. Pastikan daerah lipatan bersih dan kering. Anda bisa menggunakan bedak sehabis mandi untuk membuatnya tetap segar dan kering.

5.    Hindari terkena sinar matahari secara berlebihan.
Meskipun sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang baik bagi anda. Paparan sinar matahari yang berlebih dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulitnya. Waktu terbaik untuk mendapat sinar matahari pagi adalah jam 7.00 – 8.00 selama 15 – 30 menit.

Dengan 5 langkah perawatan kulit bayi saat liburan diharapkan bayi tetap tenang selama dalam perjalanan maupun ditempat lokasi wisata. Jangan lupa juga untuk menjaga asupan makanannya. Karena sering terjadi bayi mengalami masalah perut akibat banyak makan macam-macam saat liburan. So, jangan jajan sembarangan ya, Bu. Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "5 Langkah Perawatan Kulit Bayi Saat Liburan"
Back To Top