Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Cara mudah menjaga kesehatan mata - Mata adalah salah satu organ penting bagi tubuh kita. Tanpa mata kita tidak bisa melihat indahnya dunia dan melihat orang di sekitar kita. Mata merupakan anugrah dari Tuhan untuk itu jaga dan rawatlah sebelum terlambat.

Untuk merawat mata sangatlah mudah tanpa menggunakan biaya yang mahal. Cara yang paling sederhana adalah dengan tidak memaksanya sehingga kelelahan. Dalam mata terdapat banyak jaringan dan sel yang saling berkait untuk menghasilkan organ yang sempurna.  Konsultasi dokter spesialis mata juga diperlukan untuk memastikan kesehatan mata Anda. 

Seiring bertambahnya usia kinerja mata menjadi berkurang. Untuk mencegahnya maka rawatlah sejak dini. Beberapa penyakit mata yang sering menyerang seperti rabun jauh, rabun dekat, silindris, katarak, buta warna dan kebutaan. Penyakit di atas bisa disebabkan oleh kecelakaan, keturunan dan kurangnya asupan vitamin serta rendahnya perawatan mata. Apalagi dizaman modern ini dimana radiasi gadget mudah sekali terpapar.

cara menjaga mata

Hal yang harus di perhatikan agar mata anda tetap sehat yaitu tidak merokok dan berhenti merokok. Rokok dapat menyebabkan penyakit katarak dan kerusakan fungsi saraf pada saat usia senja. Konsultasi dokter secara berkala dapat dilakukan jika mata anda mengalami indikasi gatal pada kelopak,  pembengkakan, penglihatan menjadi kabur dan sulit membedakan warna maka segeralah periksakan mata anda. 

Penggunaan kacamata ultra violet  bukan sekedar bergaya. Kaca mata hitam sangat berguna bagi kesehatan mata. Ianya berfungsi mencegah terjadinya brown cataracts akibat dari sering keluar saat matahari sedang memancarkan sinarnya.

Hindari kebiasaan-kebiasaan yang dianggap layak bagi kita seperti membaca dengan pencahayaan yang kurang, membaca saat tidur dan mengucek mata. Sering mengucek mata akan membuatnya semakin terasa gatal dan berakibat pendarahan. Jika terjadi iritasi pada mata segeralah teteskan obat mata agar tidak semakin parah. Selain itu pola makan tidak seimbang dan asupan vitamin A yang kurang juga menjadi penyebab lain dari lemahnya jaringan mata.  

Untuk melengkapi asupan gizi kesehatan mata maka biasakan mengkonsumsi buah dan sayuran. Contohnya tomat, aprikot, pepaya, mangga dan melon. Anda juga bisa melengkapi dengan sayuran berserat tinggi seperti wortel, ubi jalar, labu, bayam dan sawi. Kemudian agar asupan lebih seimbang lengkapi dengan protein hewani seperti hati sapi, ayam, ikan makarel, ikan tuna dan ikan salmon. 

Menjaga kesehatan mata sejak dini harus ditanamkan agar tidak terjadi kelainan yang berakibat fatal. Penyakit mata yang saat ini semakin menggurita  diakibatkan oleh gadget yaitu mata minus. Bukan hanya orang dewasa yang terkena tapi juga anak-anak. Jika sedang bermain gadget atau berada di depat laptop/komputer usahakan mengalihkan pandangan sedikitnya 30 menit sekali. Arahkan pandangan pada tumbuhan hijau agar tidak terjadi kelelahan yang fatal. Semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata"
Back To Top