3 Waktu yang Tepat Untuk Menghafal Al-Qur'an Bagi Anak-Anak

Dwina.net - Menghafal qur'an untuk anak-anak hendaknya dimulai dari mengenalkannya sejak dini. Dalam diri anak-anak ada rasa penasaran dan rasa ingin tahu yang besar. Rasa penasaran inilah yang akan menjadi pembuka agar anak mau mengenal, membaca kemudian menghafal qur'an. 

Seperti yang kita ketahui bahwa fadillah menghafal qur'an sangat besar pahalanya. Orang tua yang anaknya penghafal qur'an kelak akan diberikan mahkota oleh anak di akhirat nanti. Itulah hadiah terbesar bagi orang tua dari seorang anak yang tahfiz qur'an.

Saat ini banyak sekolah atau lembaga pendidikan berbasis islami yang dapat membantu anak untuk menghafal qur'an. Lembaga pendidikan ini banyak berdiri semuanya tidak lepas dari banyaknya orang tua yang ingin anaknya menjadi hafiz dan hafizah. 

Namun untuk menjadi penghafal qur'an tidak bisa dengan cara yang instan. Butuh kesabaran, disiplin, konsistensi, do'a dan amalan sholeh baik itu orang tua dan anak tentunya.

Kesabaran serta konsistensi merupakan perilaku yang nampak sedangkan do'a adalah permohonan kepada Allah agar memudahkan anak untuk menghafal. Ada waktu-waktu yang tepat agar anak lebih mudah menghafal qur'an. Kapan sajakah waktu yang tepat itu? Berikut 3 waktu yang tepat untuk menghafal qur'an bagi Anak.

tips menghafal qur'an bagi anak-anak
islampedia.co
Setelah salat subuh
Rasullulah pernah bersabda yang artinya "Diberkahi bagi umatku yang pada pagi harinya" (HR Ibnu Hibban). 

Menurut pakar kesehatan otak manusia ini akan mengalami pembaharuan sel setiap harinya. Saat bangun tidur tidak hanya tubuh yang terasa segar tapi juga otak. Salah satu fungsi otak sebagai penyimpan memori jadi semakin banyak otak digunakan maka ia akan semakin optimal. 

Menghafal qur'an akan menambah daya kerja otak. Apalagi jika yang kita hafal adalah ayat-ayat Allah, otak tentu akan menyimpan hafalan ini dengan lebih baik.

Selepas waktu ashar
Waktu yang tepat untuk menghafal qur'an berikutnya adalah pada waktu ba'da ashar sebab pada waktu ini otak anak sudah di recharge kembali. Apalagi jika orang tua masih menerapkan pola tidur siang bagi anak. Ketika tidur siang anak akan istirahat tidak hanya badan tapi juga otaknya. Maka selepas ashar adalah waktu yang baik untuk menghafal qur'an.

Satu jam sebelum waktu tidur
Usahakan bagi setiap anak memiliki waktu tidur yang tidak terlalu malam. Waktu yang baik untuk segera tidur adalah selepas salat isya. Ambil waktu satu jam sebelum tidur untuk anak kembali mengulang hafalan yang sudah di mulai sejak pagi dan selepas ashar tadi. 

Pada otak anak akan terjadi  masa tenang jadi waktu jelang tidur usahakan untuk tidak memarahi anak. Namun sebaliknya, gunakan waktu ini untuk mengulangi hafalannya. Sebab ketika tidur ia akan masuk ke alam bawah sadar dan hafalan ini akan ikut ke dalamnya. 

Bayangkan jika waktu menjelang tidur diisi dengan emosi marah tentu tidur anak akan gelisah. Jadi para ibu dan ayah, lebih baik isi jiwa dan otak anak dengan hafalan qur'an agar tidurnya juga lebih tenang.

Demikian 3 waktu yang tepat untuk menghafal qur'an bagi anak. Jika anak sudah mulai beranjak dewasa atau baligh waktu menghafal bisa ditambah yaitu ketika puasa wajib dan sunnah serta pada sepertiga malam. 
Karena sesuai dengan firman Allah dalam surah Muzammil ayat 6 yang artinya: 

"Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat dan bacaan di waktu itu lebih berkesan"

Semoga bermanfaat.
Back To Top